Air Terjun Banyumala, Pesona Si Cantik dari Buleleng Bali - Manusia Lembah

Air Terjun Banyumala, Pesona Si Cantik dari Buleleng Bali

Air Terjun Banyumala adalah salah satu tempat wisata di Buleleng yang memiliki keindahan eksotis. Tersembunyi di tengah rimbunnya hutan dan jauh dengan kota, menjadikan tempat ini pas untuk melepas penat. Tak hanya itu, suguhan petualangan alam bebas juga akan dirasakan disana!.

Air terjun di sekitaran Bedugul tidak hanya Air Terjun Banyumala, tetapi tempat ini sangat direkomendasikan karena akses yang mudah dan sudah dikelola dengan baik. Sehingga, keamanan dan kenyamanan sudah terjamin dan siapapun yang mengunjunginya akan puas hingga kabut datang.
 
wisata di buleleng
Air Terjun Banyumala Berada di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Rute dari Denpasar akan melewati Badung, Bedugul dan Danau Buyan. Sudah ada petunjuk arah yang jelas berupa tulisan Banyumala Twin Waterfall. Jika bingung bisa menggunakan GPS.
 

Berpetualang di Lembah Hutan

Memasuki jalan kecil di sisi timur jalan, motor bisa diparkir di gazebo dan melanjutkan jalan kaki ke pos registrasi. Tidak terlalu jauh untuk berjalan sampai pos. Setelah membeli tiket masuk, barulah petualangan ke air terjun dimulai.

air terjun banyumala
Pos Registrasi

Tempat wisata Air Terjun Banyulama dibuka tahun 2015 dan terus dikembangkan untuk kenyamanan wisatawan. Namun disini, harus treking sekitar 2 kilometer di tengah hutan untuk sampai di air terjun. Menyusuri jalan setapak memang melelahkan, tetapi sensasinya benar-benar mengasyikkan.
 
air terjun banyumala
Jalan setapak di tengah hutan

Dikelilingi hutan lebat dan nuansa yang sejuk, membuat setiap perjalanan begitu mengasyikkan. Menuruni jalan setapak akan melewati anak tangga cor-cor'an hingga curahan air yang jatuh alami dari tebing. Kemudian jalanan setapak akan mengantar hingga lokasi air terjun.

Pesona Air Terjun Banyumala

air terjun banyumala bali

Air terjun di Bali ini memiliki suasana yang sangat natural dengan debit air yang tidak terlalu deras. Area di sekitarnya sangat luas dan sudah didesain seperti taman yang dilengkapi gazebo untuk bersantai. Ada dua area yang dipisahkan oleh jembatan melintang di atas sungai.

wisata di buleleng

Pepohonan rindang di sekitar air terjun sangat asri. Tebing hijau yang dihiasi air terjun kembar dengan beberapa aliran sungai kecil di sekitarnya membuat panorama alam ini tampak istimewa. Menariknya lagi, kolam di bawahnya yang berdiameter ± 20 meter bisa digunakan untuk berenang!.

air terjun banyumala bali

Air bening di bawah air terjun aman untuk berendam maupun berenang. Bagian terdalam kolam ±2 meter, sehingga kamu bebas berekspresi di sekitaran kolam maupun mendekati air terjun Banyumala. Merasakan sejuknya air sambil menikmati indahnya alam yang masih terjaga pasti membuat siapapun betah berlama-lama disini!.

Keindahan Air Terjun Banyumala memang mengagumkan. Banyak review positif dari wisatawan mancanegara tentang keindahan tempat wisata ini. Meski naik turun bukit cukup melelahkan, tetapi semua terbayar dengan pemandangan alam dasar lembah yang menakjubkan!.


Tips :

  1. Sebaiknya memakai kendaraan roda dua. Kendaraan bisa sampai tempat parkir, tapi lumayan sempit kalau ada mobil yang berpapasan dua arah.
  2. Motor bisa diparkir di rumah warga, atau dibawa hingga ke pos registrasi jika yakin mampu.
  3. Kalau lelah, dari pos bisa sewa gojek sampai ke tempat parkir kendaraan dengan tarif ±Rp.25.000.
  4. Pakailah alas kaki yang anti selip, karena perjalanan dari loket ke air terjun membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit.
  5. Jangan lupa bawa baju ganti jika ingin basah-basahan.
  6. Air Terjun Banyumala aman untuk berenang sepuasnya.
  7. Bawalah air minum atau makanan ringan karena perjalanan ke air terjun cukup menguras tenaga dan tidak ada warung di area air terjun. Selain itu, perjalanan kembali akan lebih menguras tenaga karena jalurnya naik.
  8. Hindari waktu berkunjung sore hari, karena waktu itu kabut mulai turun dan bisa menutup pemandangan. Namun, waktu sore adalah waktu disana wisatawan cenderung sepi.
  9. Hindari juga datang saat musim libur atau akhir pekan jika ingin suasana yang relatif sepi.
  10. Jangan mengotori area air terjun Banyumala dengan membuang sampah sembarangan dan jangan melakukan vandalisme.

Informasi Air Terjun Banyumala :

  • Lokasi : Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali (Map : Klik Disini).
  • Buka / Tutup : Setiap hari 08.00 - 18.00
  • HTM : Rp. 20.000
  • Aktivitas : Bersantai, berenang.
  • Fasilitas : Area parkir, gojek, gazebo, toilet.
  • Wisata Sekitar : Air Terjun Wanagiri Pucak Manik, Air Terjun Munduk, Danau Beratan.