Pantai Semilir Tuban, Tempat Wisata Favorit Kota Tuak - Manusia Lembah

Pantai Semilir Tuban, Tempat Wisata Favorit Kota Tuak

Berjuluk Bumi Wali, Tuban memang menyimpan banyak tempat wisata ziarah. Namun, lokasi yang ada di pesisir utara Pulau Jawa juga membuatnya memiliki banyak wisata pantai menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Semilir Tuban. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, meski lokasinya jauh dari pusat kota.

Banyak wisata pantai di Tuban yang dekat pusat kota, seperti pantai Boom, Pantai Cemara, dan masih banyak lagi. Pantai Semilir adalah salah satu pantai yang cukup jauh, tetapi mampu menyihir siapapun yang datang. Sebagai wisata baru, pantai ini memiliki kelebihan yang mampu mengundang banyak orang lho!.

Pantai semilir
Pantai Semilir Tuban
Lokasi Pantai Semilir berada di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Berada di sebelah timur Pelabuhan Semen Indonesia. Wisata baru di Tuban ini telah memiliki gapura ikonik ang dibangun pada tahun 2020. Lokasinya di tepi jalan nasional, membuatnya mudah ditemukan serta dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Pantai Semilir Tuban

Wisata pantai di Tuban ini memang istimewa. Selain lokasinya yang luas, pantai ini sudah dikelola dengan baik oleh Pokdarwis setempat. Bahkan, banyak yang bilang kalau Pantai Semilir berbeda dengan pantai lainnya. 

Pantai semilir
Jembatan Masuk Pantai

Memasuki area pantai memang sudah terasa nyaman. Lokasi parkir dan area pantai yang sangat luas menjadi sajian utama pantai ini. Tiket masuk gratis dan biaya parkir murah membuat siapapun tak segan berwisata di Pantai Semilir. 

Area pasir yang luas dan pesisir yang panjang membuat berwisata ke tempat ini terasa nyaman. Sejauh mata memandang, tidak ada banyak bangunan yang menghalangi keindahan pantai. Satu-satunya bangunan yang tampak di tengah laut mungkin hanya Pelabuhan Semen yang menambah keunikan panorama pantai. 

Pantai semilir
Di Bawah Pohon Cemara...

Deretan warung berjajar cukup jauh dari pantai, tidak membatasi tempat wisata para pengunjung yang datang. Sedangkan di pinggiran pantai, terdapat deretan gazebo untuk beristirahat sambil menikmati panorama pantai dari kejauhan. Benar-benar pantai yang nyaman dan tenang!.

Satu hal yang menarik di Pantai Semilir Tuban adalah pasir putihnya yang luas membentang terasa lembut dan bebas sampah. Adanya hutan cemara rimbun di sepanjang tepi pantai membuat pantai ini malah terkesan sejuk. Jadi ada dua pilihan yaitu ingin berteduh menikmati angin sepoi, atau bermain air di bawah sinar matahari. Pilih mana hayo?.

Aktivitas di Pantai Semilir Tuban

Pantai semilir
Area Barat Pantai Semilir

Banyak hal yang bisa dilakukan. Jika ingin sedikit lelah, bisa menyusuri garis pantai yang panjang dari timur ke barat sambil menunggu matahari terbenam. Semakin ke barat, area pantai semakin sepi pengunjung dan bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyepi atau mungkin ingin olah raga pantai tanpa gangguan?.

Tak hanya pantai, di lokasi ini juga ada kolam kecil untuk bermain perahu bagi anak-anak. Kolam ini tidak begitu dalam dan masih berada dalam pantauan. Jadi anak-anak bisa bermain dengan riang disana jika bosan bermain di pantai. 

Bagi penggemar foto, Pantai Semilir Secorejo juga menyediapan spot selfie yang terus diupgrade agar tidak membosankan seperti ayunan, tempat duduk dan berbagai spot lain yang terus dirombak agar tidak membosankan wisawatan. 

Pantai semilir
Dari dalam Gazebo...

Jangan hanya menikmati Pantai Semilir tanpa mencoba kuliner khas ala pesisir. Kuliner khas Nasi Pindah Godong Jati bisa dicoba sembari menikmati angin semilir di bawah pohon cemara yang teduh. Harga yang ekonomis membuat kuliner satu ini banyak diburu pengunjung lho!.  Hm...begitu nikmatnya

Outbound Asyik di Tepi Pantai

Selain menjadi tempat liburan favorit keluarga, Pantai Semilir Tuban juga cocok digunakan sebagai tempat camping dan outbound. Justru setiap akhir pekan, ada saja yang camping ke pantai ini. Namun, jika ingin camping, harus izin dengan pengelola ya guys!

Untuk kegiatan outbound, bisa memilih provider outbound untuk mengelola acara gathering, outbound sekolah, outbound training, hingga outbound rekreasi. Harga outbound Pantai Semilir juga bervariasi tergantung program dan lama kegiatan. Tarif outbound mulai dari Rp.90.000 - Rp. 550.000.

Pantai semilir
Sunset Pantai Semilir Tuban

Momen sunset juga terbilang indah, yaitu saat matahari terbenam di balik Pelabuhan Semen Indonesia. Itu adalah waktu yang tepat untuk siap-siap pulang sebelum pagar masuk ditutup pengelola. 

Salah satu wisata pantai di Tuban ini memang istimewa. Area yang luas, bersih, nyaman, sejuk dan aman membuatnya jadi favorit banyak wisatawan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jadi kapan kesana?.

Tips Wisata di Pantai Semilir Tuban :

  1. Bawalah pelindung kepala dan sunblock
  2. Jika ingin camping hubungi pengelola lebih dahulu. 
  3. Pakailah sandal anti selip agar perjalanan lebih nyaman. 
  4. Jam tutup pantai terbilang tertib. Kecuali camping, sebaiknya pulang tepat waktu agar pagar tidak ditutup. Jika belum pulang biasanya akan diingatkan pengelola.
  5. Jangan lupa mencoba kuliner khas Tuban ya!
  6. Jangan mengotori area pantai dengan membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Pantai Semilir Tuban :

  • Lokasi : Jl. Nasional 1, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 06.00 - 17.00
  • HTM : -
  • Biaya Parkir : Motor Rp.2.000 ; Mobil Rp.5.000 ; Bus Rp.20.000.
  • Aktivitas : Bersantai, berenang, naik perahu, camping.
  • Fasilitas : Area parkir, warung, toilet, gazebo, ATV.
  • Wisata Sekitar : Pantai Sowan, Pantai Surindah, Pantai Awar-awar.
Baca Juga