Jembatan Biru Sumurup, Sambut Pagi Membelah Rawa Pening - Manusia Lembah

Jembatan Biru Sumurup, Sambut Pagi Membelah Rawa Pening

Jalan - jalan ke Ambarawa, pasti tidak asing dengan nama Rawa Pening. Berada di tempat yang strategis dengan pemandangan yang menyegarkan, Danau Rawa Pening menjadi salah satu objek wisata di Semarang yang cukup digemari masyarakat sekitar maupun wisatawan luar daerah. 

Danau yang berada di cekungan lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran ini selain sebagai PLTA (Pembangkit LIstrik Tenaga Air), juga berfungsi untuk pertanian, perikanan, pengendali banjir dan pariwisata. Nah, potensi wisata Rawa Pening muncul dari jembatan biru Sumurup yang unik. Buat yang ingin wisata murah di Semarang, jembatan biru ini cocok masuk daftar guys!.

wisata di semarang
Danau Rawa Pening berada di wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Jembatan Biru Sumurup ada di pinggir danau Rawa Pening dan hanya berjarak sekitar 500 meter dari jalan penghubung Solo - Semarang, tepatnya di Dusun Sumurup, Desa Ngasinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata di Ambarawa ini kerap disebut Jembatan Biru Tuntang dan Jembatan Biru Sumurup.

Rute alternatif ke Jembatan Biru dari kota Ambarawa ke arah selatan melalui jalan perkampungan yang tembus di bawah jalan lingkar Ambarawa, kemudian ikuti petunjuk arah ke Tuntang hingga di tiba di lokasi Jembatan Biru Sumurup Rawa Pening. Sedangkan rute termudah dari Salatiga ke arah Semarang, sebelum masuk pertigaan Bawen - Ambarawa, pertigaan tol Bawen dan Kopi Banaran, akan melewati jembatan Tuntang, kemudian ada pertigaan kecil ke kiri dan ikuti jalan sekitar 300 meter hingga tiba di lokasi. 

Seluk Beluk Jembatan Biru

wisata di semarang

Jembatan Biru ini awalnya bukanlah tempat wisata atau area selfie bagi siapapun yang datang. Jembatan yang didirikan pada 2011 ini sebenarnya digunakan untuk penanggulangan eceng gondok agar tidak masuk ke sungai dan tidak menumpuk di satu lokasi. Seiring berjalannya waktu, jembatan biru ini mulai dikenal karena banyaknya pengunjung sekitar yang mengabadikan momen indah seindah masa depan

Lokasi jembatan biru yang aduhai ini menjadi terkenal pada tahun 2015 dan puncaknya pada tahun 2016 dijadikan tempat wisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Kini, jembatan biru menjadi destinasi wisata di Semarang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

Jembatan Biru Rawa Pening

wisata di semarang

Sekedar memberi tahu, Danau Rawa Pening ini erat sekali dengan legenda Baro Klinting yang mencabut sebatang lidi dan mengeluarkan air yang kemudian menjadi Danau Rawa Pening. Penorama Rawa Pening tidak hanya bisa dinikmati dari Jembatan Biru Sumurup saja tetapi bisa dari Bukit Cinta, Bukit Brawijaya tempat lain seperti Eling Bening, Kampoeng Kopi Banaran hingga membelahnya dengan kereta api wisata. 

Jembatan Biru Rawa Pening sempat ngehits karena lokasinya yang instagramable, menjadikannya daya tarik wisata di Semarang, khususnya sekitar Rawa Pening. Jembatan Biru ini dibangun untuk menghubungkan antara dua jembatan beton yang posisinya melenceng dari arah yang seharusnya. Bentuknya yang melengkung berwarna biru membuatnya disebut Jembatan Biru, bukan tenda biru
wisata di semarang

Meski namanya bernuansa biru, hanya jembatan melengkung saja yang berwarna biru, sedangkan jembatan beton lebih berwarna-warni layaknya pelangi di bola matamu. Suasana segar dan tenang masih terasa tatkala menyusuri jembatan biru di pagi hari. Nelayan beraktivitas dengan perahunya masing-masing dengan  panorama pegunungan di belakang. Mereka menyapu kabut dan mulai berburu ikan. 

Ingin menyantap ikan?

Jika lelah berjalan dan ingin bersantai sejenak, langsung saja masuk ke warung apung yang menjadi pilihan untuk menyantap ikan segar yang langsung dipancing dari Rawa Pening. Atau kalau mau yang lebih menantang dan penuh perjuangan, ikut sajalah memancing bersama pemancing lokal. Silahkan tentukan tempat yang nyaman sebelum melempar kail. Bisa juga menyewa perahu untuk memancing ke tengah danau. 

Wisata Asyik di Jembatan Biru Sumurup

wisata di semarang

Setelah dikelola dan dikembangkan menjadi tempat wisata, Jembatan Biru Sumurup  menjadi wisata di Semarang yang cukup digandrungi kaum millenial. Bagaimana tidak, segala perlengkapan yang dibutuhkan kaum muda jaman sekarang tersedia di tempat wisata ini, mulai dari tempat selfie yang selalu menjadi tujuan utama, warung apung, perahu dan rel kereta.

Jembatan Biru Sumurup bukan hanya tempat untuk jalan-jalan menikmati panorama danau Rawa Pening yang tenang. Jika suka berswafoto, bisa melakukannya di spot panggung cinta yang terbuat dari anyaman bambu, bisa foto dengan sepeda dengan hiasan kupu-kupu, spot tulisan Jembatan Biru Sumurup dan sebagainya. Tentunya ada tarif jika ingin foto ya. 

Mengenai rel kereta api, meski bisa jadi spot foto, itu bukan hiasan, karena jika beruntung, bisa melihat langsung kereta api uap yang melintas. Jelaslah bahwa itu adalah kereta api wisata yang berangkat dari Museum Kereta Api Ambarawa, melintasi lembah hijau antara Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu hingga Rawa Pening. 

Lelah berjalan?, Sewa perahu!
wisata di semarang

Mengelilingi Danau Rawa Pening, melihat panorama dan menikmati kesunyiannya bisa dilakukan dengan naik perahu guys!. Tarif perahu wisata Rawa Pening dari Jembatan Biru berbeda - beda sesuai tujuan. Untuk yang standar Rp. 75.000, Keliling Rp. 100.000, Kampung Rawa Rp.150.000, Bukit Cinta Rp.200.000 dan transit Rp. 300.000 (2021). Satu perahu maksimal diisi 6 orang. 

Mengelilingi danau di Jawa Tengah ini tentunya mengasyikkan, karena bisa menikmati alam lebih dekat. Pemandangannya begitu menarik dengan jajaran pegunungan seperti Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Kendil, Gunung Andong, Gunung Gajah, Gunung Kelir di selatan, Gunung Sindoro di barat dan Gunung Ungaran di Utara. 

Nantinya, nelayan akan mengantar untuk melihat-lihat pemandangan alam, burung liar, eceng gondok, hingga mengunjungi keramba apung di tengah danau. Kombinasi alam tersebut akan tampak istimewa diabadikan dalam kamera. Tak heransalah satu tempat wisata di Semarang ini menjadi jujugan wisatawan yang ingin menghabiskan waktu senggang dan refreshing. 


Tips Wisata di Jembatan Biru Sumurup :

  1. Sebaiknya datang di waktu pagi atau sore menjelang sunset.
  2. Gunakan sandal yang nyaman. 
  3. Jika ingin perjalanan naik perahu yang lebih lama atau lebih jauh, bicarakan di awal dengan nelayan karena biasanya ada tambahan tarif. 
  4. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme.

Informasi Wisata Jembatan Biru Sumurup :

  • Lokasi : Jl. Dusun Sumurup, Tuntang, Asinan, Bawen, Semarang, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 08.00 - 18.30
  • HTM : -
  • Penginapan : Hotel Griya Katarina, Louis Kienne, The Wujil Resort & Conventions, Kayu Arum Resort.
  • Aktivitas : Bersantai, memancing, naik perahu.
  • Fasilitas : Area parkir, warung, toilet, area memancing, perahu. 
  • Wisata Sekitar : Goa Rong, Saloka Theme Park, Kampoeng Rawa.

Baca Juga