12 Jalur Pendakian Gunung Slamet, Pilih Jalur Favorit ke Atap Jawa Tengah - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

12 Jalur Pendakian Gunung Slamet, Pilih Jalur Favorit ke Atap Jawa Tengah

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, sekaligus gunung tertinggi kedua di Jawa setelah Gunung Semeru. Berada 3.428 mdpl, Gunung Slamet sangat populer sebagai sasaran pendakian, meski medan yang ditawarkan cukup sulit.

Pendakian Gunung Slamet memang dikenal sulit, karena tidak ada sumber air di sepanjang pendakiannya - kecuali musim hujan. Meski terbilang sulit, jangan ditanya lagi untuk pemandangan luar biasa yang disajikan. 

Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang. Menjadi gunung favorit bagi para pendaki, ada beberapa  jalur pendakian Gunung Slamet yang bisa dipilih dan dicoba. 

Jalur pendakian Slamet ada berapa?, pastinya tidak hanya satu guys!. Selama ini jalur pendakian yang paling populer adalah via Bambangan, karena merupakan salah satu trek terpendek dan terbilang ramah bagi pemula. Tentu ramahnya Slamet beda dengan gunung lain lho ya.

Setidaknya masih ada 10 jalur pendakian Gunung Slamet, termasuk jalur lama dan jalur baru. Semua jalur pendakian ini tersebar di lima kabupaten, dan untuk jalur utara atau wilayah Pemalang, rata-rata jalur percabangan dan akan bertemu di satu titik jalur untuk ke Puncak Gunung Slamet. Penasaran? check it out!.

Jalur Pendakian Gunung Slamet

1. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

pendakian gunung slamet via bambangan

Bukan rahasia lagi bahwa jalur Bambangan adalah jalur pendakian yang paling populer, paling diminati dan sangat direkomendasikan. Saking populernya, jalur Bambangan selalu ramai di akhir pekan maupun hari libur. 

Disebut sebagai jalur terpendek diantara jalur yang lain, membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk sampai ke puncak Gunung Slamet. Pendakian Jalur Bambangan memiliki 9 pos dengan sumber air musiman di Pos 5. Jika tidak musim hujan, jangan berharap pada sumber air ini. 

Basecamp Bambangan juga sudah terorganisir dengan baik. Ada beberapa warung di sekitar untuk kelengkapan logistik. Jika butuh guide  atau porter juga bisa dicari. Jika ingin mendaki Gunung Slamet dengan mudah dan aman, jalur Bambangan bisa menjadi alternatif  utama. 

Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
Sumber Mata Air : Pos 5 Musiman
Camp Ideal : Pos 5 , Pos 7
Lokasi Basecamp Bambangan : Jalan raya kutabawa, Jl. Raya Gunjung, Bambangan, Kutabawa, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Bambangan : 0857-1472-8505

2. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang

Gunung Malang adalah jalur baru Gunung Slamet yang sudah resmi hasil kerjasama PA Gunung Malang dengan Perhutani. Jalur ini berada di selatan jalur Bambangan, hanya beda desa. Jalur ini mengambil konsep konservasi, bersih dari sampah anorganik dan pembatasan jumlah pengunjung perhari.

Tidak ada shelter di tiap pos, tetapi petunjuk jalur pendakian sudah lengkap. Trek pendakian yang awalnya ringan mulai menghabiskan tenaga saat ke Pos 3, tetapi rute berat ada di jalur menuju Pos 5, yang merupakan puncak Gunung Malang. Setelah puncak, rute menurun. 

Ada 7 pos di jalur pendakian mulai dari basecamp hingga puncak yang ditempuh dengan waktu sekitar 8-9 jam. 

Durasi Pendakian Normal : 2 hari
Sumber Mata Air : Antara Pos 3 - Pos 4
Camp Ideal : Pos 6
Lokasi Basecamp Gunung Malang : Clekatakan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Gunung Malang : 088 983 610 264


3. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Dipajaya

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Dipajaya

Pendakian via Dipajaya mulai meningkat sejak 2018. Ada yang menyebut bahwa jalur ini lebih cepat dibanding jalur Bambangan dan bisa memangkas waktu sekitar 2 jam pendakian. Tak menyuguhkan panorama pegunungan, tetapi juga tampak bentang pantai utara Jawa. 

Meski lebih cepat, pastinya medan pendakian akan sangat menguras tenaga, karena dari basecamp hingga Pos 2 akan melewati tanjakan terjal yang didominasi ladang sayuran dan hutan pinus. Mendekati pos 3, jalur pendakian akan bertemu dengan jalur Bambangan, dan jalurnya sama hingga puncak. 


Durasi Pendakian Normal : 2 hari
Sumber Mata Air : Pos 5 Musiman
Camp Ideal : Pos 5 , Pos 7
Lokasi Basecamp Bambangan : Clekatakan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)

4. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Jurang Mangu

Salah satu jalur pendakian sisi utara ini dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Jalur ini memiliki pemandangan yang indah dengan hutan yang masih alami, pinus, hutan lumut dan beberapa hewan liar yang masih hidup bebas. Untuk memulai pendakian, harus meminta izin kepada juru kunci Gunung Slamet lebih dulu. 

Durasi Pendakian Normal : 2 hari
Sumber Mata Air : -
Lokasi Basecamp Jurang Mangu : Desa Jurangmangu Rt07 Rw02, Dukuhwetan, Jurangmangu, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Jurang Mangu : 0852-9368-3797

5. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Penakir

Penakir adalah sebuah desa di Kecamatan Pulosari. Jalur ini memang masih kurang populer, karena sulitnya akses transportasi umum ke basecamp. Jalur pendakian ini juga masih dikelola warga setempat. Di Desa Penakir ada dua jalur pendakian, yaitu barat dan timur - dipisahkan oleh sungai. Jalur barat lebih berat dan sisi timur lebih direkomendasikan. 

Dari basecamp hingga ke puncak Gunung Slamet akan melewati 7 pos pendakian dengan trek yang masih rapat. Jadi, sebaiknya membawa alat tebas untuk membabar belukar untuk memperlancar pendakian. 

Di sepanjang pendakian Gunung Slamet via Penakir, memang menyusuri punggungan sempit. Itulah kenapa hampir setiap pos ada di antara jurang, dan punggungan ini akan berakhir di batas vegetasi. Pendakian sampai ke puncak memang sulit dan membutuhkan banyak tenaga. Puncak di jalur Penakir bersebelahan dengan jalur sebelah, Bambangan. 

Durasi Pendakian Normal : 2 hari
Sumber Mata Air : Pos 1 (musiman)
Camp Ideal : Antara Pos 6 - Pos 7
Lokasi Basecamp Penakir: Sarangan, Penakir, Pulosari, Sarangan, Penakir, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Penakir : 0823-2611-2007

6. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Cemara Sakti

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Cemara Sakti

Jalur ini lagi-lagi berada di Kabupaten Pemalang. Meski baru diresmikan pada 2016, jalur ini sudah ada sejak tahun 2011. Kala itu jalur sudah tembus hingga Pos 5 Bambangan. Kini, sudah tembus di Pos 6 Bambangan. Jalur pendakian ini masih alami dan belum terlalu populer. 

Jalur ini memiliki waktu tempuh sekitar 9 - 10 jam dengan tanjakan yang terbilang ramah. Namun, ada juga tanjakan fenomenal bernama tanjakan polisi tidur disini. Di Pos 6, jalur sama dengan jalur Bambangan. 

Durasi Pendakian Normal : 2 hari
Sumber Mata Air : -
Camp Ideal : Pos 4,5,6
Lokasi Basecamp Penakir: Jl. Cemara Indah II, Sawah Dan Hutan, Batursari, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Penakir : 0813-8265-3342

7. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Baturaden

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Baturaden

Dibanding Bambangan, pendakian via Baturaden terbilang sepi, meski wisatanya cukup ramai. Baturaden merupakan wana wisata di kaki Gunung Slamet yang menawarkan pesona alam khas pegunungan. Untuk memulai pendakian bisa diawali dari gerbang wisata Palawi Baturaden. 

Pendakian via Baturaden bukan jalur resmi, tetapi pada Agustus 2019 sudah ada wacana tentang peresmian jalur Baturaden oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur.

Pendakian Gunung Slamet via Baturaden terbilang ekstrim. Meski tidak seterjal jalur Bambangan, vegetasi yang rapat akan menjadi tantangan tersendiri. Jalur pendakian ini memiliki 5 pos dengan durasi pendakian sekitar 10 jam. Hal yang menarik, ada sumber air di jalur ini. 

Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
Sumber Mata Air : Pos 2 , Pos 4
Camp Ideal : Pos 4
Lokasi Palawi Baturaden : Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)

8. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Guci

Layaknya Baturaden, Guci juga terkenal sebagai tempat wisata. tempat wisata yang populer adalah pemandian air panas. Di jalur ini ada tiga basecamp yang bisa dipilih untuk awal start berbeda, yaitu basecamp Permadi, basecamp Kompak dan basecamp Gupala. Terserah mau start dari mana.

Tak hanya Bambangan, pendakian via Guci juga membludak di akhir pekan atau hari libur. Jalur Guci ini memang sudah ada sejak dulu dan sekarang, jalur pendakiannya sudah diperbaharui. Tak heran kalau jalur ini semakin ramai 

Jalur pendakian dari wisata Guci memang panjang dan landai. Untuk ke puncak, ada 5 pos yang harus dilalui dengan medan campur aduk, mulai trek batu, kawasan hutan pinus, hutan lebat, semak belukar dan trek berpasir. Tenang, ada sumber air di jalur ini. 

Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
Sumber Mata Air : Pos 4
Lokasi Basecamp Guci : Pekandangan, Rembul, Kec. Bojong, Tegal, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Guci (kompak) : 0821-3533-7175


9. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Sawangan

Jalur pendaki ini mulai dikenal sekitar tahun 2017. Seperti yang sudah ditulis diatas,arah ke basecamp Sawangan sama dengan ke Kaliwadas. Dari Kaliwadas masih naik mengikuti aspal sekitar 400 meter hingga sampai basecamp.

Awal pendakiannya akan melewati ladang penduduk dan hutan pinus, sebelum masuk ke trek terjal yang menantang. Di sepanjang jalur akan ditemui tanaman liar berduri seperti jelatang. Orang lokal menyebutnya badotan. 

Jalur pendakian yang terbilang terjal ini akan memaksa siapapun untuk mempersiapkan webbing untuk memudahkan pendakian. Di jalur ini memang sering dijumpai turunan, karena jalur melewati sisi lembah Gunung Slamet. 

Ada enam pos yang harus dilalui sebelum sampai ke puncak. Ujung pendakian ini adalah Puncak Sawangan dan tetap bisa dilanjutkan ke titik tertinggi, Puncak Surono. Waktu pendakian dari basecamp ke puncak sekitar 10 jam. 


Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
Sumber Mata Air : Antara Pos 3-4
Camp Ideal : Pos 6 (camp area)
Lokasi Basecamp Sawangan : Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Sawangan : 0877-8176-8558

10. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Dukuh Liwung

Dukuh Liwung merupakan jalur pendakian yang tidak resmi dan masih minim informasi. Jalur pendakian ini memiliki pos tidak sebanyak pos di jalur Bambangan. Jarak antar pos juga tidak terlalu jauh. Bahkan trek pendakian kadang melewati turunan. 

Pada Pos 2, ada 3 jalur pendakian yang dipertemukan, yaitu jalur Jurangmangu, Dukuh Liwung dan Gambuhan. Ada 7 pos di jalur pendakian ini sebelum sampai Plawangan dan Puncak Gunung Slamet.

Durasi Pendakian Normal : 2 hari
Sumber Mata Air : -
Lokasi Sakub Kaligua :  Liwung, Kedawung, Kec. Bojong, Tegal, Jawa Tengah(Map : Klik Disini)

11. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kaliwadas

Jalur pendakian Kaliwadas sama rutenya dengan jalur via Sawangan. Bedanya, Sawangan ada sekitar 400 meter setelah basecamp Kaliwadas. Kaliwadas berada di kaki Gunung Slamet bagian barat daya. Jalur ini memang tidak seramai jalur via Bambangan, tetapi cukup diminati karena tidak terlalu ekstrim.

Dibanding jalur yang lain, jalur Kaliwadas disebut sebagai jalur yang landai, meski faktanya tetap akan bikin ngos-ngosan. Di jalur ini akan melewati Ranu Tuk Suci dan Sumur Pengantin - tempat ziarah, tetapi sumur tersebut sudah ditutup.  Pendakian via jalur ini membutuhkan waktu sekitar 9 - 10 jam. 

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kaliwadas
Ranu Tuk Suci
Di jalur Kaliwadas, akan melewati perbukitan Gunung Malang, yang kini menjadi jalur baru pendakian Gunung Slamet. Sampai di Pos Igir Tjowek, akan bertemu percabangan jalur via Baturaden. Ada sekitar 11 pos di jalur pendakian ini yang harus dilalui sebelum sampai puncak. 

Durasi Pendakian Normal : 2 hari
Sumber Mata Air : Pos 1, Sumur Pengantin. 
Camp Ideal : Plawangan
Lokasi Basecamp Kaliwadas : Kaliwadas, Desa Dawuhan, Kec. Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)

12. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kaligua

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kaligua

Jalur pendakian ini memang jarang dipilih karena sepi dan kurang populer. Kaligua justru dikenal dengan tempat wisata Gardu Pandang Sakub Kaligua. Awal pendakian akan melewati kebun teh, dimana puncak tertingginya adalah Sakub Kaligua. 

Pendakian via Kaligua akan melewati beberapa tempat, seperti Gringging Gundel atau pintu hutan, Taman Wlingi, Taman Suket, Taman Dringo Pasar Setan, Sumur Penganten, Alas Dawa, Alas Rubuh, Igir Malang dan Plawangan. Di Plawangan ada jalur pertemuan dengan jalur Baturaden. Untuk sampai ke puncak, membutuhkan waktu sekitar 10-11 jam.

Durasi Pendakian Normal : 2 hari 
Sumber Mata Air : Sumur penganten
Camp Ideal : Plawangan
Lokasi Sakub Kaligua :  Jl. Kaligua, Dusun 4 Karangnangka, Depok, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)

Itu adalah 12 Jalur Pendakian Gunung Slamet yang bisa dipilih untuk melakukan pendakian. Beberapa jalur diatas memang ada yang resmi dan tidak resmi. Sebaiknya pendakian tetap menggunakan jalur resmi. Jika ingin mencoba jalur tidak resmi, bisa menggunakan jasa guide masyarakat setempat. 
Baca Juga
>