Blog Tentang Catatan Perjalanan, Pendakian Gunung dan Tempat-Tempat Indah di Indonesia

Panorama Cantik Air Terjun Kaliwungu Blitar yang Tersembunyi

Air Terjun Kaliwungu Blitar. Air terjun di Blitar memang tidak sedikit, tetapi hanya beberapa yang sudah dibuka menjadi tempat wisata. Sisanya?, tentu tersembunyi di balik pekatnya hutan. Air terjun tersembunyi di Blitar'pun terbilang cukup banyak. Sebut saja Air Terjun Coban Wilis, Air Terjun Lawean Kawesari dan sebagainya. Nah, Ada salah satu air terjun yang belum banyak dikenal, apalagi terkenal bernama Air Terjun Kaliwungu. Mendengar namanya yang cantik, air terjun di Blitar ini memang terbilang indah dan pasti bisa membuat siapapun jatuh cinta.
Air Terjun Kaliwungu Blitar
Air Terjun Kaliwungu
Air Terjun Kaliwungu berada di Mojorejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Rute dari Blitar, langsung saja menuju ke perempatan Binangun (pasar Binangun), lanjutkan ketimur sekitar 1 kilometer hingga menemukan pertigaan. Dari pertigaan ambil ke arah kanan dan ikuti jalan cor-coran hingga terlihat Masjid Kaliwungu di kanan jalan. Sebelum masjid, ada pertigaan kecil dengan jalan bebatuan. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ujung. Jika bingung, silahkan GPS (Gunakan Orang Sekitar) atau menggunakan GPS yang sesungguhnya.

Jalan bebatuan cukup licin dan sempit, memasuki area perkebunan warga sekitar. Di ujung jalan sempit yang berubah menjadi jalan setapak, ada sebuah gubuk di kiri jalan dengan area cukup lebar untuk parkir motor. Letak gubuk ada sebelum aliran sungai kecil di depan. Meski jalan setapak, jalan ini masih digunakan hilir mudik motor warga sekitar yang berkebun.

Dari gubuk kecil, petualangan dimulai. Memang tidak ada petunjuk apapun untuk menuju ke air terjun yang lokasinya menjorok ke bawah tak jauh dari gubuk, mengikuti aliran sungai. Di sebelah gubuk, ada jalan setapak ke atas, masuk ke arah perkebunan. Ikuti jalur setapak and use your instincst.

Jalan setapak membawa masuk ke dalam hutan yang mulai menjorok kebawah, mengikuti arah Air Terjun Kaliwungu. Ada beberapa percabangan yang tentu membuat bingung. Jadi, sebelum ke air terjun, sediakan paket komplit berupa insting tajam atau pengetahuan navigasi. Hehehe...

Ikuti arah jalan yang mendekati suara air terjun. Mendekati air terjun, jalan setapak akan mulai menurun hingga tampak air terjun utama yang mengalir gagah. Memang sulit untuk menemukan tempat yang tepat untuk menikmati pesona air terjun Kaliwungu. Tetapi ketika ke alam bebas, segalanya bisa menjadi nyaman di akhir rintangan.
Air Terjun Kaliwungu Blitar
Im Coming Bibeh...
Air Terjun Kaliwungu dikenal juga dengan Jurug Kaliwungu atau Air Terjun Mojorejo. Meski namanya tak dikenal banyak orang, masyarakat di sekitar paling mengenal nama Jurug Kaliwungu. Air Terjun Kaliwungu memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang lumayan besar, terlebih ketika musim hujan.

Air terjun di Blitar ini dikelilingi dinding padat layaknya tebing tinggi dengan vegetasi yang masih terbilang alami. Beberapa aliran sungai kecil juga mengalir bebas membasahi dinding tebingnya, membuatnya semakin tampak menyegarkan. Meski dikelilingi hutan, area di Air Terjun Kaliwungu adalah area terbuka, sehingga lokasinya tidak begitu gelap. Mau berjemur setelah basah-basahan juga bisa. Khusus cuaca cerah...
Air Terjun Kaliwungu Blitar
Area Air Terjun Kaliwungu
Aliran air terjun Kaliwungu membentuk sebuah kedung yang cukup lebar sebelum kembali membentuk aliran sungai. Dibawahnya, batuan - batuan besar menghiasi air terjun dan membentang mengelilingi kedung. Di  tengah suasana hutan yang masih alami dan sepi, bersantai sejenak dan menikmati kesegaran  air terjun adalah hal yang sangat mengasyikkan. 

Untuk ke air terjun utama, hanya perlu berjalan pada batuan bibir kedung ke arah air terjun utama. Jalur yang dilalui terbilang sulit. Mulai dari memanjat batuan, menembus kawanan semak yang tumbuh segar, hingga muncratan air terjun dari sisi tebing layaknya hujan di siang bolong. Belum lagi bebatuan yang licin, tajam dan beberapa tantangan alam yang lain. This is adventure!

Air Terjun Kaliwungu Blitar
Jalan Pintas
Air Terjun Kaliwungu Blitar
Ngadem...
Perpaduan tumbuhan di sekeliling yang lebat menghijau, bebatuan dan derasnya aliran air yang jatuh bebas dari atas menjadikan panorama Air Terjun Kaliwungu sangat mempesona dan indah. Suasana sunyi dan keadaan yang masih asri menjadi nilai plus bagi air terjun di Blitar ini, membayar kelelahan dari banyak tantangan yang cukup menarik. Lelah?, bercengkerama di atas bebatuan sambil mendengar suara alam'pun gratis untuk diilakukan.
Air Terjun Kaliwungu Blitar
Cheers...

Tips ke Air Terjun Kaliwungu Blitar :
  1. Tidak ada petunjuk arah, jadi jangan ragu bertanya ke warga sekitar atau gunakan GPS.
  2. Gunakan sandal atau sepatu trekking untuk perjalanan ke air terjun. Bawalah kayu agar trekking lebih mudah.
  3. Jalan setapak ke air terjun banyak percabangan hingga nyaris tak terlihat. Ikuti jalan ke arah suara air terjun.
  4. Jika ingin ke air terjun utama, wajib berhati-hati karena medan terbilang sulit dan melelahkan.
  5. Berhati-hatilan karena bebatuan cukup licin, apalagi kedalaman sungai masih dipertanyakan. Awas lo ya!
  6. Air terjun berada di dinding tanah padat. Waspadalah jika berada di bawah tebing karena ketika musim hujan rawan longsor. 
  7. Air Terjun Kaliwungu masih sangat alami, jadi jagalah kebersihan dengan tidak mengotori area dan tidak melakukan vandalisme. 


0 Comments