Air Terjun Lawean Kawisari, Tirai Tersembunyi di Kaki Gunung Kawi - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Air Terjun Lawean Kawisari, Tirai Tersembunyi di Kaki Gunung Kawi

Tempat wisata air terjun di Blitar memang tidak sepopuler dibanding tempat wisata pantainya. Blitar juga terdapat beberapa air terjun tersembunyi yang pesonanya pasti akan mengesankan siapapun yang datang. 

Air Terjun Lawean Kawisari adalah salah air terjun tersembunyi di area Perkebunan Banaran. Air terjun ini bukanlah tempat wisata yang ramai diperbincangkan, sehingga keindahan yang ditawarkan, menjadikan air terjun ini dicari oleh para petualang. 


Air Terjun Lawean Kawisari terletak di kaki Gunung Kawi sisi barat, tepatnya di wilayah Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berada di area hutan rapat yang hanya diakses oleh masyarakat sekitar, Air Terjun Lawean ini menyajikan kesejukan alam khas pegunungan sekaligus pesona yang bikin malang pulang. 


Cara ke Air Terjun Lawean Kawisari

Dari Kota Wlingi ambil arah utara mengikuti petunjuk arah ke Pasar Semen. Sampai pertigaan, ambil arah ke kanan menuju ke Perkebunan Teh Sirah Kencong. Ikuti rute hingga memasuki hutan pinus sampai memasuki pos Perkebunan Banaran. 

Berhentilah di pos untuk perijinan. kemudian, lanjutkan perjalanan mengikuti jalan makadam. Setelah menemukan pertigaan kecil - sebelah kiri menjorok ke bawah, itu adalah jalur ke lokasi Air Terjun Lawean Kawisari.


Di tengah jalur,ada bangunan di kanan jalan sebagai tempat penyimpanan hasil perkebunan dan itu menunjukkan lokasi Air Terjun Lawean Kawisari sudah dekat. Air Terjun Lawean Kawisari ada di sebelah kanan. 

Info & Tips :

  • Untuk mengetahui lokasi air terjun bisa bertanya di pos perijinan atau warga  yang sedang bekerja di sekitar perkebunan. 
  • Gunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan yang cukup sempit, sulit dan berbatu terjal.

Air Terjun Lawean di Perkebunan Kawisari


Setelah mendengar gemericik air, kendaraan bisa diparkir di sisi jalan dekat air terjun yang sudah nampak dari kejauhan. Selanjutnya hanya tinggal berjalan di jalan setapak untuk menuju lokasi Air Terjun Lawean Kawisari yang tidak jauh dari jalan setapak. Kawisari sendiri merupakan perkebunan milik swasta dengan komoditi kopi dan cengkeh yang berada di kaki Gunung Kawi

Nah, sebelum atau sesudah berwisata ke Perkebunan Sirah Kencong, bisa mampir ke air terjun tersembunyi di Blitar ini untuk relax sejenak atau mencari spot foto. Air Terjun Lawean Kawisari merupakan sumber mata air untuk warga dan area perkebunan. Hal ini dapat dilihat dari adanya pipa-pipa air dan bak penampungan air di dekat air terjun. 

Tirai Tersembunyi di Kaki Gunung Kawi

Area air terjun ditutupi oleh rimbunnya pepohonan tinggi yang menjulang. Jadi, jangan heran kalau area air terjun cenderung gelap, meski cuaca sangat cerah. Lokasi yang sunyi, sejuk dan segar membuat area ini serasa milik pribadi. Aliran air dingin khas pegunungan dijamin membuat siapa saja ingin basah-basahan, tetapi perlu dicatat bahwa tidak ada fasilitas apapun di tengah hutan lebat ini, khususnya tempat berganti pakaian.



Air terjun Lawean Kawisari memiliki beberapa aliran air yang melebar, mengalir di bebatuan dan tanaman rambat pada tebingnya, tampak seperti tirai alam yang indah dipandang. Air jernih yang mengalir di sungai berbatu juga menciptakan nuansa kesegaran tersendiri. 

Bersantai sejenak di air terjun ini akan membayar segala kelelahan di sepanjang perjalanan yang sangat menantang. Pesona alam dan keindahannya membuat air terjun ini memang pantas untuk diperjuangkan. Aliran air terjun ini langsung mengalir ke sungai kecil disisinya. Jadi, tidak ada aktivitas 'berenang' yang bisa dilakukan disini. Mungkin aktivitas yang bisa dilakukan hanyalah menikmati keindahan dan bermain air level ringan

Air Terjun Lawean atau Air Terjun Kawisari tidak memiliki area yang luas. Sehingga tidak banyak area yang bisa dijadikan spot untuk mengambil foto. Jadi, jika ingin mengunjunginya, jangan ragu untuk basah-basahan karena dipastikan akan basah, karena seluruh area sempit nya pasti mendapat hadiah percikan kesejukan. 


Cheers...


Tips Mengunjungi Air Terjun Lawean Kawisari :
  1. Gunakan kendaraan roda 2 dan lebih baik tidak membawa beban berat.
  2. Berhati-hatilah menyusuri jalur terjal berbatu di sepanjang perjalanan.
  3. Perhatikan cuaca ketika mengunjungi air terjun karena tidak ada tempat berteduh di sekitar lokasi air terjun.
  4. Berhati-hatilah karena jalan sangat licin dan becek khususnya ketika musim hujan.
  5. Gunakan sandal anti selip.
  6. Tidak disarankan untuk bermain tepat di bawah aliran air terjun karena struktur batuan yang rapuh dan mudah longsor. 
  7. Areanya sempit sehingga tidak cocok untuk camp di area air terjun. 

Informasi Air Terjun Lawean Kawisari : 

  • Lokasi : Semen, Gandusari, Blitar, Jawa Timur  (Map : Klik Disini)
  • Kawasan : Perkebunan Kawisari, Pht.Pijiombo, 
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : -
  • Aktivitas :  Bersantai, bermain air. 
  • Wisata Sekitar : Puncak Kejora, Perkebunan Teh Sirah Kencong.

Baca Juga
>