11 Destinasi Wisata Paling Top di Manggarai Barat

Wisata Manggarai Barat. Berbicara tentang Manggarai Barat, Labuan Bajo tentu menjadi fokus utamanya. Kota kecil cantik di ujung pulau Flores tersebut adalah ibu kota Kabupaten Manggarai Barat sekaligus pintu masuk daerah-daerah wisata sekelilingnya yang sudah terkenal hingga mancanegara, seperti Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. Labuan Bajo menawarkan pemandangan senja spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang menghadap ke siluet pelabuhan menciptakan efek yang sayang untuk dilewatkan.

Berada di tempat yang disebut 'Surga yang Jatuh ke Bumi', Manggarai Barat menawarkan banyak wisata yang layak untuk dikunjungi dan adat budaya yang bisa dinikmati. 

Berikut beberapa wisata menarik di Manggarai Barat :

1. Loh Liang Pulau Komodo

Loh Liang Komodo
Loh Liang Pulau Komodo
Loh Liang merupakan pintu masuk dan daerah wisata di Pulau Komodo Flores. Loh Liang atau Pulau Komodo adalah pulau terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo yang menjadi habitat sekitar 4.000 komodo. Disini, wisatawan bisa melakukan pengamatan satwa komodo, rusa, babi hutan, burung dan pendakian Loh Liang - Gunung Ara, penjelajahan Loh Liang - Loh Sebita, menyelam dan snorkling di Pink Beach.

Loh Liang memiliki beberapa jenis walking traail  yang bisa dicoba seperti adventure trek, long trek, medium trek, short trek dan super short trek. Ada beberapa hal yang harus dipatuhi sebelum trekking, salah satunya tidak boleh memberi makan komodo. Lelah selepas trekking?, maka snorkling di Pantai Merah obatnya.

2. Loh Buaya Pulau Rinca

loh buaya pulau rinca
Loh Buaya Pulau Rinca
Loh Buaya merupakan pusat kunjungan wisatawan di Pulau Rinca. Disini bisa menyaksikan hutan bakau, padang savana dan satwa liar seperti komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar dan berbagai jenis burung. Selain itu bisa mengamati satwa liar, penjelajahan Loh Buaya - Wae Waso, Loh Buaya - Golo Kode, pengamatan kalong di Pulau Kalong dan pengamatan batu balok di Kampung Rinca. Disini sudah ada beberapa fasilitas yang tersedia seperti pondok wisata, cafetaria dan shelter.

3. Pulau Padar

Pulau padar
Pulau Padar
Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini relatif dekat ke Pulau Rinca daripada Pulau Komodo yang dipisahkan oleh selat Lintah. Pulau Padar tidak dihuni oleh biawak Komodo. Pulau ini diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang.

Ada beberapa pulau di sekitar Pulau Padar yang mempunyai keindahan panorama masing-masing. Selain bermain atau snorkeling di pink beach, menaiki bukit adalah spot istimewa di Pulau Padar. Di atas bukit disuguhkan panorama perbukitan yang berpadu dengan birunya laut yang sangat cantik.

4. Pulau Kelor

pulau kelor
Pulau Kelor
Pulau Kelor adalah mutiara kecil dari Labuan Bajo.Pulau ini tidak jauh dari Labuan Bajo dan dapat dijangkau menggunakan boat sekitar 30 menit. Pulau bergradasi hijau ini memiliki garis pantai yang landai dengan pasir putih bersih plus bonus cristal water. Pulau ini juga memiliki bukit yang menggoda untuk didaki.

Dari atas bukit, siapapun akan terpana dengan indahnya panorama yang tersaji. Perpaduan pasir putih, birunya laut dibatasi pulau di seberangkan akan sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Meski melelahkan, panorama indah ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

5. Gili Lawa

gili lawa
Gili Lawa
Gili Lawa adalah salah satu pulau di Kepulauan Komodo yang memiliki view luar biasa jika dilihat dari atas bukitnya. Gili Lawa memiliki spot keren dimana ada semacam selat yang diapit oleh dua pulau. Latar belakang tersebut menjadi ikon wisata Gili Lawa yang menjadi formalitas foto bagi wisatawan. Gili Lawa dibagi dua yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Gili Lawa Darat berada di antara Gili Lawa Laut dan Pulau Komodo. 

Gili Lawa didominasi hamparan padang rumput dengan trekking sebagai aktivitas utama yang bisa dilakukan. Selain itu, snorkling masih menjadi obat kesegaran setelah menjelajah pulau cantik ini.

6. Pink Beach

pink beach
Pink Beach
Sesuai namanya, pantai ini memang berwarna merah muda. Pink Beach terletak di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pantai ini  adalah satu dari 7 pantai berpasir merah muda di seluruh dunia. Selain kondisi pantainya yang unik dan indah, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan yang menarik untuk diselami, sehingga aktivita diving dan snorkeling tidak boleh dilewatkan begitu saja.

7. Gua Batu Cermin

gua batu cermin
Gua Batu Cermin
Batu Cermin sebenarnya adalah sebuah terowongan atau gua di bukit batu dimana ketika sinar matahari masuk melalui lubang, kemudian memantul ke dinding, seolah-olah merefleksikan cahaya ke area lain seperti cermin. Gua ini terletak di sebelah timur pelabuhan Labuan Bajo sekitar 4 kilometer dari pusat kota. Gua ini memiliki hutan, dimana bisa ditemukan babi hutan dan kera ekor panjang. 

8. Air Terjun Cunca Rami

air terjun cunca rami
Air Terjun Cunca Rami
Air Terjun Cunca Rami berada di kawasan tengah hutan tropis Mbeliling yang berada di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Air Terjun Cunca Rami berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl dan mempunyai debit air yang cukup besar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Ada kolam alami yang menampung aliran air terjun yang bisa dijadikan tempat untuk berenang oleh siapapun yang berkunjung.

Airnya yang jernih, bersih dan pemandangan sekitar yang banyak ditumbuhi peohonan hijau menjadikan tempat ini mempunyai pesona alam tersendiri.

9. Air Terjun Cunca Wulang

air terjun cunca wulang
Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang ada di kawasan hutan Mbeiling. Di kawasan ini sebenarnya masiha da dua air terjun yang tentunya memiliki keindahan dan pesona masing-masing. Dari Labuan Bajo, lokasi air terjun berjarak sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan dengan kendaraan.

Air Terjun Cunca Wulang terletak di ketinggian 200 mdol, sehingga air yang dialirkan begitu dingin dan sejuk.  Di sungai aliran air terjun ini, bukan hanya bsia bermain-main air tetapi juga berenang, karena sungai ini tidak terlalu dalam. 

Selain berenang, berkeliling dengan memanjat bebatuan juga bisa dicoba, karena bebatuan disini tidak terlalu tajam, tetapi tetap harus hati-hati. Jika punya nyali yang cukup besar, terjun dari atas kesungai bisa menjadi tantangan yang menarik. Namun, harus bertanya kepada pemandu apakah kondisi sungai aman untuk meloncat dari ketinggian karena pada saat kemarau, intensitas air cenderung berkurang.

10. Danau Sano Nggoang

danau sano nggoang
Danau Sano Nggoang
Danau Sano Nggoang adalah danau vulkanik yang terletak di sebelah tenggara kawasan Hutan Mbeliling. Danau ini berjarak sekitar 63 kilometer atau 3 jam perjalanan berkendara dari Labuan Bajo. Pintu masuk ke danau ini ada di Dusun Nunang. Sudah terdapat homestay sederhana di Nunang yang letaknya berkedatan dengan danau.

Danau yang berada pada ketinggian 750 mdpl dengan kedalaman sekitar 600 meter ini menjadi daya tarik karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi. Bau belerang yang menyengat akan tercium saat berada di kawasan danau ini. Oleh karena itu, aktivitas mandi untuk kesehatan kulit menjadi tujuan utama datang ke danau ini selain untui refreshing, berkeliling danau, menunggang kuda, dan lain sebagainya.

11. Istana Ular

istana ular
Istana Ular
Istana Ular terletak di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat. Disini banyak dijumpai berbagai macam ular, mulai dari pyton ukuran besar hingga ular hijau. Untuk masuk ke lokasi gua ular ini, disarankan menggunakan jasa pawang dari desa setempat sekaligus melakukan ritual kecil sesuai tradisi warga setempat. Biasanya satu ekor ayam kecil dijadikan korban untuk ritual adat.

Itu adalah beberapa wisata menarik dan unik di Manggarai Barat yang tentunya memiliki pesona alami yang luar biasa. Karena kondisi alam yang masih natural, tidak diperkenankan mengotori maupun melakukan vandalisme di wisata alam Manggarai Barat, Flores. Pulau yang dijuluki 'Surga yang Jatuh ke Bumi' ini masih memiliki Manggarai Timur yang tentu juga memiliki pesona alam luar biasa. But now, think about west Manggarai first!.


EmoticonEmoticon