Pendakian Gunung Rinjani 3.726 mdpl via Sembalun - Senaru - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pendakian Gunung Rinjani 3.726 mdpl via Sembalun - Senaru

Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun-Senaru. Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia dengan tinggi 3.726 mdpl dan masuk dalam jajaran 7 summit Indonesia. Gunung Rinjani termasuk gunung favorit para pendaki gunung Indonesia karena keindahan pemandangannya di sepanjang jalur pendakian. Kaldera yang luas ditambah danau segara anakan yang melingkar kebiruan membuat siapapun tergiur untuk mendaki gunung tertinggi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
Gunung Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung Rinjani erat kaitannya dengan Legenda Dewi Anjani yang dipercaya masyarakat setempat. Cantiknya nama Rinjani sangat sesuai dengan kecantikan alam Taman Nasional Gunung Rinjani, sehingga tak heran jika Gunung Rinjani telah mengundang wisatawan hingga luar negeri.

Dengan waktu normal pendakian sekitar 4-5 hari, ada tiga jalur yang sering dipilih para pendaki untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, yaitu : 
  • Jalur pendakian via Sembalun 
  • Jalur pendakian via Senaru 
  • Jalur pendakian via Torean 
  • Jalur pendakian via Aik Berik
  • Jalur pendakian via Timbanuh

Para pendaki biasanya naik via Sembalun dan turun lewat Senaru begitu pula sebaliknya. Keindahan alam yang ditawarkan di sepanjang Sembalun-Senaru sangat sayang untuk dilewatkan. Pendakian via Torean yang masih tergolong baru pun harus menggunakan jasa guide yang cukup mahal tentunya.


Transportasi ke Basecamp Sembalun :

Berada di wilayah Indonesia tengah, Pendakian Gunung Rinjani terbilang jauh bagi para pendaki di luar pulau. Sehingga transportasi awal biasanya menggunakan pesawat. Jika ingin lebih hemat, backpackeran juga tak masalah.

Ada berbagai alternatif cara ke basecamp Sembalun, yaitu : 
  1. Dari Jakarta : Naik kereta tujuan Stasiun Lempuyangan Yogja, kemudian lanjut kereta ke Stasiun Banyuwangi Baru, lanjut ke Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk Bali. Dari Gilimanuk naik bus ke Pelabuhan Padang Bai dan naik kapal tujuan Pelabuhan Lembar. Dari Lembar naik mini bus ke Mataram. Dari Terminal Mandalika Lombok naik minibus jenis elf yang biasanya transit di Pasar Aikmel. Dari pasar tersebut dilanjutkan pick up ke Sembalun.
  2. Dari Bandara International Lombok : Naik bus Damri sampai pool Mataram. Dilanjutkan dengan engkol atau angkutan umum khas Lombok hingga Desa Aikmel dan mencari transportasi ke Desa Sembalun.

Info & Tips :
  • Tarif Ferry Padang Bai - Lembar ± Rp.50.000 (4 jam) ; mini bus Lembar - Mataram ± Rp.20.000 ;  Mataram  - Sembalun ± Rp. 15.000 (1 jam) ; pick up Aikmel - Sembalun ± Rp.25.000.
  • Tarif Bus Damri - Mataram ± Rp.30.000 ; engkol Mataram - Sembalun ± Rp. 20.000 - Rp.30.000.
  • Jika ingin lebih nyaman bisa charter mobil di Bandara Lombok yang akan mengantar hingga pos pendakian Sembalun dengan tarif  ±Rp.500.000 berkapasitas 7 - 8 orang. Bisa juga sewa mini bus dengan tarif ±Rp.700.000, bisa muat hingga 15 orang. Waktu perjalanan sekitar 3 jam. 
  • Saat perjalanan pulang, dari Senaru tidak ada angkutan umum, jadi harus naik ojek untuk diantar ke lokasi perlintasan engkol atau elf tujuan mataram. Tarif ojek ± Rp.25.000, tarif engkol ±Rp.30.000 (3 jam)
  • Jika ingin menyewa kendaraan untuk ke Mataram, bisa mencari sewa mobil di tourist information atau homestay terdekat.

Peta Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun - Senaru : 

Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun

Sampainya di basecamp bisa beristirahat sejenak atau melengkapi kebutuhan logistik. Di area basecamp ini bisa sekalian mencari guide dan porter jika dibutuhkan. 
Note : Waktu pada gambar hanya estimasi. 

Basecamp - Pos 1

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun awalnya melewati persawahan dan ladang penduduk. Sejauh mata memandang hanya ada padang rumput yang dikelilingi oleh perbukitan. Meadow heat and some cows, enjoy it.


Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
Padang Savana
Hingga sampai di pos 1, jalur hanya berupa padang rumput yang luas dan panas, namun cukup menyejukkan mata. Setelah melewati sebuah jembatan dengan air yang sudah kering dengan petunjuk arah menuju ke pos 1, menunjukkan pos 1 sudah dekat.

Pos 1 - Pos 2

Dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu yang lama dengan trek sedikit menanjak dan sesekali melewati rerimbunan pohon yang bisa digunakan untuk beristirahat dari panas yang menyengat. Ada shelter yang bisa digunakan untuk melepas lelah di tengah padang rumput yang luas.

Pos 2 berada di dekat jembatan dan di pos ini bisa digunakan untuk camp karena lokasinya yang luas, datar dan adanya sumber air. Ada sebuah toilet yang sengaja dibangun di lokasi, itu dibuat karena jalur pendakian Gunung Rinjani dari awal hanya berupa padang savana.

Pos 2 - Plawangan

Jalur pendakian Gunung Rinjani dari pos 2 ke Plawangan lumayan jauh dan sangat menguras tenaga. Trek terus menanjak dengan medan tanah padat bercampur batu besar. Minimnya pepohonan yang menghalangi sengatan matahari akan menambah berat pendakian. Untuk ke Plawangan harus melewati 7 bukit yang teduh namun sangat melelahkan and you need to fill a lot of energy.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
Pemandangan di jalur Pendakian
Ketika sampai di dekat sungai, ada shelter di dekat gua yang cukup luas untuk beristirahat. Kera abu-abu banyak ditemui di sekitar gua untuk mencari makan dari pendaki yang beristirahat di tempat ini. Setelah itu jalur pendakian masih tetap dengan jalur menanjak berupa tanah padat dan berdebu hingga tiba di Plawangan.

Plawangan adalah pos terakhir di Gunung Rinjani sebelum summit and this is awesome spot to enjoying the natural scenery. Segara Anakan sudah tampak disini. 

Jalur pendakian dan tempat camp terbaik adalah berlanjut naik ke jalur arah kiri karena dekat dengan sumber air dan juga dekat dengan jalur menuju Segara Anakan atau jalur menuju pintu Senaru. Disana, puncak Gunung Rinjani tampak menjulang dengan lerengnya yang bergaris indah.


plawangan sembalun gunung rinjani
Plawangan

Plawangan - Puncak Gunung Rinjani

Summit ke puncak Gunung Rinjani baik dilakukan pada dini hari untuk mendapat sunrise. Trek pendakian ke Puncak Rinjani berupa pasir padat berbelok-belok. Jalur tanah padat yang panjang, merupakan batas vegetasi. 

Di area ini angin berhembus kencang bercampur dengan dingin dan rawan dengan badai malam. Bebatuan jarang ditemukan untuk berlindung dari badai malam, namun semakin naik ke atas, bebatuan yang cukup panjang dan lebar bisa untuk berlindung dari badai malam.

jalur pendakian gunung rinjani
Ready ?
trek pendakian gunung rinjani
Trek Berpasir yang Panjang
Selanjutnya trek berupa trek berpasir dengan pasir yang lebih tebal dari sebelumnya. Trek berpasir ini cukup panjang dan menguras tenaga, jadi jangan lupa untuk membawa logistik yang mencukupi. 

Berbeda dengan trek pasir Gunung Semeru yang lurus menanjak, ada dua tikungan yang harus dilalui untuk menuju Puncak Gunung Rinjani. Slow and don't give up. 

Disini pemandangan bebatuan lereng Gunung Rinjani tampak indah. Bunga edelweiss tumbuh di lereng sebelah kiri sementara Segara Anakan tampak di sebelah kanan, diapit lereng Gunung Rinjani yang tampak mempesona. Hingga setelah melewati sebuah batu besar, puncak Gunung Rinjani sudah semakin dekat.

How the beautiful view on the highest mountain of West Nusa Tenggara!.

Sampainya di puncak Gunung Rinjani, tampak jalur berpasir hingga plawangan, deretan pegunungan Taman Nasional Gunung Rinjani, segara anakan dengan air kebiruan yang indah dan Segara Muncar. Segara Muncar merupakan kaldera yang menjadi salah satu Misteri Gunung Rinjani


Baca : Legenda Dewi Anjani dan 10 Misteri Gunung Rinjani

Dari kejauhan tampak juga Gunung Agung, gunung tertinggi yang paling disucikan di Pulau Bali yang tampak kecil di antara lautan awan.

puncak gunung rinjani
Puncak Gunung Rinjani 3726 mdpl

Plawangan - Segara Anakan

Tidak dibutuhkan waktu lama untuk kembali ke Plawangan. Trek berpasir memudahkan untuk turun lebih cepat, walaupun sangat berdebu. Untuk turun via Senaru, perjalanan akan dilanjutkan turun ke Segara Anakan Gunung Rinjani. 

Ada jalan turun kekiri di Plawangan yang akan mengantar ke Segara Anakan. Jalur turun ini cukup curam, berupa bebatuan besar menuruni bukit dengan pepohonan lebat. Setelah sampai di bawah bukit, jalur akan semakin rapat landai, menandakan hampir tiba di Segara Anakan.


segara anakan gunung rinjani
Danau Segara Anakan
Quiet, silent, clear and fresh can be felt here. Danau segara anakan di Gunung Rinjani dengan ketinggian 2.010 mdpl menjadi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda karena pemandangan indah danau cocok untuk bersantai dan melepas lelah. Segara Anak merupakan salah satu Danau Terindah di Indonesia

Di Danau Segara Anak, bisa memancing, berenang, memasak dan mencari air. Ada sumber mata air di sekitar danau segara anakan dan ada juga sumber air panas yang biasanya digunakan pendaki untuk membersihkan diri atau berenang. So which do you like?, warm water or cold water?.

Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
Cheers... "Power Rangers Team"

Segara Anakan - Pos 2 Senaru


Perjalanan turun Gunung Rinjani melewati jalur Senaru memang harus turun ke Danau Segara Anakan, lalu kembali naik melewati bukit yang membatasi danau. Selepas dari area Danau Segara Anak, panorama alam Rinjani yang indah masih menjadi sajian, membuat rasa malas belum terlalu terasa. 

Di sepanjang jalur, Segara Anak masih tampak jelas dengan latar puncak Rinjani, membentuk bentangan alam yang indah. Ada kalanya ketika baru memulai perjalanan turun, rasanya menjadi malas pulang. 



Selepas dihibur dengan panorama indah sebagai lambaian selamat tinggal, sampailah pada awal penderitaan. Jalur pendakian kembali menaiki bukit dalam hutan rimbun. 

Perjalanan melipir tebing adalah trek yang paling melelahkan karena harus kembali naik lagi untuk turun via Senaru. Medannya berupa batu-batu besar dengan pagar besi panjang sebagai pembatas.



Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
Bukit Penyesalan
Ketika sampai di atas, maka akan tampak bukit lagi yang harus didaki dengan trek yang sama, lumayan menguras tenaga. Pemandangan di sekitar perjalanan akan membayar semua kelelahan hingga sampai ke puncak bukit terakhir. 

Sampai di puncak bukit terakhir akan tampak bukit teletubbies, di lokasi yang dipenuhi bebatuan dan rumput ini bisa juga mendirikan tenda di beberapa titik datar. Untuk perjalanan turun, harus berjalan ke kanan, melipir dinding bukit sebelum turun menuju ke sebuah shelter.

Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
Perjalanan Turun yang Naik
Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
Puncak Bukit terakhir sebelum Perjalanan Turun
Perjalanan turun cukup curam, untuk menuju ke pos 2 Senaru, jalur dikelilingi oleh pepohonan besar dan harus melewati akar-akar pohon yang mencuat keluar dari dalam tanah dan membentang di sepanjang jalur. Selain shelter di pos 2, bisa juga mendirikan tenda karena lokasinya yang teduh dan luas.

Pos 2 Senaru - Basecamp

Perjalanan turun ke basecamp Gunung Rinjani via Senaru jalur sudah landai dan menurun. Dari pos 2 hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di pintu masuk jalur pendakian Senaru. Di pintu Senaru ada warung dan gubuk yang cukup luas untuk melepas lelah dan mengisi perut sebelum atau sesudah pendakian.

jalur pendakian gunung rinjani via senaru
Pintu Senaru


Tips Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun - Senaru :

  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. 
  2. Untuk ke rinjani wajib melakukan registrasi secara online melalui website maupun aplikasi eRinjani.
  3. Batasan kuota pendaki gunung Rinjani : Sembalun (150 orang), Timbanuh (100 orang), Senaru (150 orang), Aikberik (100 orang). Perhari hanya 500 orang yang diijinkan mendaki Gunung Rinjani. 
  4. Guide dan porter bisa dicari di area basecamp, tetapi sebaiknya booking dari jauh hari sebelum pendakian. 
  5. Ada toko di sekitar basecamp untuk melengkapi kebutuhan logistik. 
  6. Sebaiknya memulai pendakian pagi hari karena saat cuaca cerah, jalur pendakian awal yang berupa padang perbukitan sangat panas. 
  7. Taati tiga rambu di jalur pendakian, yaitu : Merah (rawan dan tidak boleh lama-lama di jalur), Kuning (boleh bertahan sesaat sambil berfoto tapi tidak boleh terlalu lama) dan Biru (aman dan bisa digunakan berkemah).
  8. Lokasi camp yang strategis ada di Pos 2, Plawangan dan Segara Anakan yang terdapat sumber air. 
  9. Gunakan perlengkapan safety saat summit. Lengkapi dengan trekking pole dan gaiters untuk memudahkan pendakian di trek berpasir. 
  10. Waspadai badai di area lereng Gunung Rinjani. Jika badai, hentikan pendakian atau berlindung sementara di balik bebatuan lebar di sepanjang lereng. 
  11. Berhati-hatilah saat naik, berada di puncak maupun saat turun. Hindari melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan kecelakaan. 
  12. Jalur turun dari Plawangan ke Segara Anakan cukup curam, harus berhati-hati. 
  13. Jangan mengotori area Segara Anakan dan mencemari sumber air di sana karena memiliki fungsi vital bagi pendaki maupun masyarakat sekitar (sasak). 
  14. Perjalanan turun dari Segara Anakan ke Senaru sebaiknya dimulai pagi hari karena trek sangat panjang. Persiapkan fisik dengan baik karena ini akan menjadi perjalanan turun yang naik dan akan menghabiskan banyak tenaga. 
  15. Bawa sampah turun. Jangan mengotori area Gunung Rinjani maupun melakukan vandalisme. 

Itinerary pendakian Gunung Rinjani via Sembalun - Senaru :
Basecamp Sembalun - Pos 2 : 4,5 jam
Pos 2 - Plawangan : 8 jam
Plawangan - Puncak : 6 jam
Puncak - Plawangan : 2,5 jam
Plawangan - Segara Anakan : 4 jam
Segara Anakan - Pos 2 Senaru : 14 jam
Pos 2 Senaru - Basecamp Senaru : 1 jam

Untuk melihat vidio pendakian Gunung Rinjani klik di bawah ini :
Rinjani-1 : Basecamp - Pos 2
Rinjani-2 : Pos 2 - Plawangan
Rinjani-3 : Summit Attack
Rinjani-4 : Plawangan - Pintu Senaru
Rinjani-5 : Senaru - Perjalanan pulang jalur darat



Informasi Gunung Rinjani via Sembalun :

  • Tinggi : 3.726 mdpl
  • Tipe : Gunung berapi maar (aktif)
  • Wilayah : Lombok, Nusa Tenggara Barat.
  • Kawasan : Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Letusan Terakhir : November 2015 (Gunung Barujari Segara Anak)
  • Puncak : Puncak Rinjani, Puncak Orplas, Puncak Tusuk Gigi.
  • Kawah : Kawah Gunung Barujari, Kaldera Segara Muncar.
  • Sumber Mata Air : Pos 2, Plawangan Sembalun, Segara Anak, Plawangan Senaru.
  • Camp Ideal : Pos 2, Plawangan Sembalun, Area Danau Segara Anak.
  • Durasi Pendakian Normal : 4 - 5 hari.
  • View Gunung : Gunung Agung.
  • Wisata Sekitar : Taman Wisata Pusuk Sembalun, Bukit Kondo N Savana Propok.
  • Lokasi Basecamp Garung : Jl. Raya Sembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Lombok Timur, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Garung : @gunungrinjani_nationalpark / 081 128 3939
  • Simaksi : Rp. 5.000/orang/hari (biasa) ; Rp. 7.500/orang/hari (hari libur). Untuk wisatawan asing Rp. 150.000/orang/hari (biasa) ; Rp.250.000/hari/orang (hari libur)