Pesona Alam Pantai Pangi Blitar yang Memukau - Manusia Lembah

Pesona Alam Pantai Pangi Blitar yang Memukau

Pantai Pangi Blitar. Blitar Selatan memang menyimpan berbagai pantai yang eksotis. Pantai Pangi merupakan salah satu Tempat Wisata Pantai di Blitar selatan yang sudah dikembangkan untuk pariwisata. 

Pantai ini masih sangat alami karena belum banyaknya pengunjung yang berwisata ke pantai. Pantai kecil dengan suasana tenang dan teduh membuat tempat ini cocok untuk bersantai dan menghabiskan waktu ketika berlibur di Blitar.

pantai pangi
Pantai Pangi
Cara untuk ke Pantai Pangi tinggal mengikuti arah menuju ke Pantai Tambakrejo. Dari kota Blitar membutuhkan waktu sekitar 1- 1,5 jam untuk menuju ke lokasi di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, pintu masuk Pantai Pangi.

Selepas dari lokasi parkir, harus berjalan kaki hingga melewati sungai kecil yang dilalui untuk ke bibir pantai. Selepas melewati sungai dan sedikit naik, bibir pantai sudah terlihat. Hembusan angin pantai mulai terasa, semakin dekat dengan pasir pantai yang kecoklatan.

pantai pangi
Jalan setapak pertama
pantai pangi
Pantai terlihat dari ladang
Sebelum sampai di pantai, ada sebuah bangunan khusus yang digunakan untuk ziarah bagi wisatawan. Di dalam bangunan yang tidak terlalu besar itu ada sebuah petilasan yang dipercaya sebagai tempat petilasan Mbah Pangi, orang yang menemukan pantai Pangi ini. 

Di sekitar Pantai Pangi ada beberapa perahu nelayan yang jarang lagi digunakan dan sengaja diparkir di rimbunan pohon-pohon pinus. Pepohonan yang tak jauh berderet di dekat bibir pantai cocok untuk bersantai sambil menikmati suasana laut Blitar selatan.


Tempat wisata Pantai Pangi tidak terlalu luas karena di sebelah kanan dan kiri dibatasi oleh tebing yang tinggi. di sebelah kiri ada bukit karang yang dilewati air sungai yang mengalir ke laut. Selain bermain-main di laut, berenang di sungai maupun mencoba atraksi melompat dari pohon ke sungai tak kalah mengasyikkan dan perlu dicoba. 

Tergolong pantai selatan, gelombang ombak di Pantai Pangi lumayan besar. Selain itu banyak batuan karang di sekitar pantai bersembunyi di bawah air laut yang sedang pasang, sehingga dihimbau untuk berhati-hati saat berenang. Saat air surut, karang-karangnya akan terlihat indah dengan lumut yang menempel di bebatuan karang.


pantai pangi
Keindahan Karang Pantai


Di sebelah kanan pantai Pangi ada sebuah tempat untuk berbilas setelah bermain-main di laut. Dengan area pantai yang terbatas, siapapun tentu akan puas menikmati pesona keindahan pantai-nya. Suasana yang tidak begitu ramai akan membuat Tempat Wisata Pantai di Blitar ini seolah-olah milik pribadi.

Di sebelah kiri pantai ada beberapa pepohonan kecil yang bisa digunakan untuk berteduh dan untuk para backpacker bisa camping di lokasi karena keadaan area yang mendukung, sunyi dan tenang, cocok untuk sekedar berpetualang di Blitar selatan.

Saat waktu liburan, ada wahana perahu yang bisa dicoba di hilir sungai. Perahu ini akan membawa menelusuri sungai seolah memberikan tontonan alam yang alami jika bosan diam menatap pantai. Siapa yang tidak tertarik naik kapal dan sesekali menikmati hijaunya alam di sekeliling sungai?

pantai pangi
Cheers...


Tips Wisata di Pantai Pangi :
  1. Kondisi jalan mendekati area pantai berupa aspal yang sudah rusak, sehingga cukup sulit untuk dilalui. Namun jika sabar, masih bisa dilalui kendaraan roda 4.
  2. Jika ingin bermalam di pantai, bawalah motor hingga ke area pantai dengan mengikuti jalan menuruni bukit di bagian kanan jalan, atau bisa bertanya ke penduduk sekitar, karena lokasi parkir tutup sekitar jam 17.00.
  3. Sudah tersedia beberapa warung dan kamar mandi umum di area wisata Pantai Pangi yang kebanyakan buka saat hari libur. 
  4. Wahana perahu tidak selalu ada.
  5. Jagalah kebersihan di tempat wisata Pantai Pangi. Jangan buang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme.