Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl via Tamiajeng - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pendakian Gunung Penanggungan 1.653 mdpl via Tamiajeng

Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng. Gunung Penanggungan merupakan gunung api istirahat yang ada di Jawa Timur. Puncaknya disebut Puncak Pawitra yang berarti kabut, karena puncaknya sering berkabut. 

Bentuk Gunung Penanggungan dari kejauhan tampak seperti Gunung Semeru, tak heran banyak yang mengatakan bahwa Gunung Penanggungan adalah miniatur Gunung Semeru. Gunung yang mempunyai jejak sejarah ini selain untuk kegiatan pendakian, adalah gunung favorit untuk sekedar ngadem.


Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng
Gunung Penanggungan berada di dua kabupaten yaitu Pasuruan dan Mojokerto. Dengan ketinggian 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung idaman para pendaki, khususnya daerah Surabaya yang tidak mempunyai waktu banyak untuk mengunjungi alam pegunungan.



Ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk mendaki Gunung Penanggungan : 


Transportasi ke Basecamp Tamiajeng



Desa Tamiajeng berada di ketinggian 680 mdpl dan menjadi jalur yang digemari karena di sepanjang jalan menuju Pos Perijinan banyak berjajar warung - warung dengan halaman lebar yang biasa digunakan untuk nongkrong.

Ada beberapa alternatif cara ke basecamp Tretes, yaitu :
  1. Dari Surabaya : Menuju titik awal di Terminal Bungurasih untuk naik bus tujuan Terminal Pandaan atau jurusan Malang. Dari Terminal Pandaan bisa naik L300 jurusan Terminal Pandaan - Trawas dan turun di Pasar Kesiman. Dilanjutkan dengan ojek motor ke pos awal pendakian Tamiajeng.
  2. Dari Malang : Dari Terminal Arjosari naik bus ke Terminal Pandaan, kemudian sama seperti cara diatas.
  3. Jika naik kendaraan pribadi, dari Pandaan bisa langsung ke arah Tretes. Jika ada percabangan (ke kiri ke Pacet), maka ambil lurus dengan jalan yang lebih kecil. Lanjutkan sampai Terminal Trawas, lurus sampai pasar dan sampai di pertigaan BRI belok kanan. Tembus jalan raya lebih besar belok kanan dan lurus hingga pos pendakian. 

Info dan Tips : 
  • Tarif bus dari Bungurasih ke Pandaan mulai Rp.30.000+.
  • Mobil L300 bisa ditemui di Terminal Pandaan mulai jam 06.00 - 16.00 dengan tarif Rp.10.000 - Rp. 15.000/orang.
  • Tarif ojek motor dari Pasar Kesiman ke pos awal pendakian ±Rp.5.000.
  • Jika datang malam, bisa naik L300 dan turun di Pertigaan Prigen (± Rp.7.000/orang). Kemudian lanjut ojek motor ke pos pendakian Tamiajeng dengan tarif Rp.20.000 - Rp.25.000.
  • Lokasi pos pendakian letaknya dekat dengan Universitas Ubaya kampus 3.



Ketika malam minggu di sekitar lokasi ini memang selalu ramai, didukung adanya beberapa warung luas yang buka 24 jam dan juga adanya fasilitas lain seperti lokasi parkir dan kamar mandi. 


Peta Gunung Penanggungan via Tamiajeng

Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng

Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng adalah jalur resmi yang paling populer karena waktu pendakian yang singkat. Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Jolotundo merupakan jalur resmi yang lebih panjang namun terdapat banyak situs sejarah di sepanjang pendakian yang sangat menarik.


Pos Pendakian - Pos 2


Di jalur pendakian Gunung Penanggungan ada 4 pos yang harus dilalui sebelum sampai di puncak bayangan. Jarak antar tiap pos tidak terlalu jauh dengan trek yang menanjak konstan. Selepas loket pendakian, jalur berbatu akan menuntun hingga Pos 1.


Jalur pendakian yang landai dan teduh akan mengantar hingga ke pos 2. Adanya penjual minum dan makanan kecil di pos 2, bisa dimanfaatkan untuk mengisi logistik atau beristirahat sejenak.


Pos 2 - Pos 4

Setelah dari pos 2, trek tanah padat mulai menanjak. Dari sini pendakian mulai terasa melelahkan, ditambah minimnya bonus di jalur pendakian. Tanjakan ke Pos 3 masih terbilang ramah dan stabil. Jarak pos 2 dan Pos 3 terbilang dekat tapi terasa lama karena full tracking.

Pos 3 berupa shelter kecil di tepi jalur pendakian. Untuk lanjut ke Pos 4, maka tenaga yang ekstra kembali dibutuhkan, karena jalurnya akan semakin menanjak daripada sebelumnya. Tapi jangan terlalu bersemangat karena di jalur ini rawan terpeleset, apalagi saat musim hujan. Tetaplah sabar hingga Pos 4.


Baca Juga :



Pos 4 - Puncak Bayangan

Selepas pos 4 jalur akan semakin menanjak berbelok-belok. Trek dari pos 4 menuju puncak bayangan ini sangat berdebu di musim kemarau dan licin di musim hujan.



Dibutuhkan waktu 2 jam trekking normal dari basecamp sampai di puncak bayangan jika tidak terlalu banyak berhenti atau istirahat. Puluhan tenda akan nampak memenuhi puncak bayangan karena tempat ini adalah tempat yang cocok untuk camp, dimana pemandangan sunrise akan tampak indah.

Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng
Pagi Hari di depan Gunung Arjuna-Welirang
Walaupun Gunung Penanggungan tidak terlalu tinggi dan dingin, lebih baik siapkan perlengkapan yang bisa membuat tidur nyaman, seperti jaket, celana polar atau jas hujan untuk pengganti matras agar tidak kedinginan di dalam tenda.

Pos Bayangan - Puncak Penanggungan

Kemiringan lereng penanggungan sekitar 45 derajat, dengan medan pasir dan bebatuan yang akan menuntun sampai puncak. Meski tidak tinggi namun lereng gunung yang curam cukup bisa membuat beberapa pendaki ngesot ketika menuruni puncaknya.

Hanya ada rerumputan di sekitar jalur pendakian ke puncak. Jika cuaca cerah, sedialah penutup kepala untuk melindungi dari panas.


Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng
Sunrise di Lereng Penanggungan

Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng
Medan yang Harus Dilalui
Pendakian ke puncak Gunung Penanggungan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam jika tidak terlalu banyak berhenti atau beristirahat maupun berfoto ria. Dari puncak tampak deretan Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Kawi, Gunung Butak dan juga Gunung Semeru

Di puncak ada kawah mati yang ditumbuhi rumput ilalang menyerupai lapangan sehingga di lapangan bisa mendirikan tenda di tempat itu jika ingin turun melewati jalur lain.


Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng
Pemandangan dari Puncak

Tips Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng :


  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  2. Kondisikan bekal air karena tidak ada sumber air di sepanjang jalur pendakian. Namun, dengan waktu pendakian yang singkat dan trek yang tidak begitu berat seperti gunung yang lain, tidak perlu membawa banyak bekal air. Cukup dikondisikan untuk memasak dan kebutuhan pribadi saja.
  3. Jika ingin tektok, pendakian bisa dimulai dini hari untuk mengejar sunrise.
  4. Tempat camp bisa di puncak bayangan, puncak dan lapangan di dekat puncak. Camp di puncak atau lapangan disarankan untuk yang ingin lintas jalur.
  5. Puncak bayangan merupakan area terbuka luas yang rawan badai. Pertimbangkan kondisi cuaca sebelum melakukan pendakian.
  6. Biasanya sebelum siang kabut akan turun menutupi Puncak Pawitra. Untuk menuruni puncak Gunung Penanggungan hingga ke pos bayangan perlu berhati-hati karena jalur yang terjal dan curam bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak lihai hati-hati. Batu yang dipijak kadang tidak lekat dengan tanah dan bisa membahayakan pendaki yang lain.
  7. Jika cuaca buruk, sebaiknya tidak melanjutkan pendakian ke puncak.
  8. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme.

Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng
Cheers... KOMPAAS di Puncak Bayangan

Video Pendakian serta Keindahan Gunung Penanggungan klik disini.


Itinerary pendakian gunung Penanggungan via Tamiajeng:
Pos Perijinan - Pos 1 : 15 menit
Pos 1 - Pos 2 : 15 menit
Pos 2 - Pos 3 : 30 menit
Pos 3 - Pos 4 : 30 menit
Pos 4 - Pos bayangan :30 menit
Pos bayangan - Puncak Pawitra : 50 menit


Informasi Gunung Penanggungan via Tamiajeng :

  • Tinggi : 1.653 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano
  • Wilayah : Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto.
  • Pengelolaan : Taman Hutan Raya Raden Soerjo
  • Letusan Terakhir : ±200 M
  • Puncak : Puncak Penanggungan / Pawitra
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Pos Bayangan, Lapangan (bawah puncak)
  • Durasi Pendakian Normal : 1 - 2 hari.
  • View Gunung :  Gunung ArjunoGunung WelirangGunung KawiGunung ButakGunung Semeru
  • Wisata Sekitar : Petirtaan Jolotundo, Vanda Waterworld.
  • Lokasi Basecamp Tamiajeng : Jl. Tamiajeng, Tamiajeng, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Tamiajeng : 0812-3215-2477
  • Simaksi : Rp.10.000/orang

>