Wisata Sendang Asmoro, Wisata Keluarga Populer di Tuban - Manusia Lembah

Wisata Sendang Asmoro, Wisata Keluarga Populer di Tuban

Tuban merupakan salah satu kota populer di Jawa Timur yang terkenal dengan julukan Bumi Wali. Kota Tuak ini memiliki sejarah yang kaya dan menjadi tujuan ziarah Wali. Tak hanya terkenal dengan wisata ziarahnya saja, karena Tuban juga memiliki banyak wisata menarik untuk keluarga, salah satunya adalah wisata Sendang Asmoro.

Berada di pesisir pantai utara, beragam wisata pantai di Tuban selalu menjadi tujuan wisatawan yang datang. Wisata pantai, sejarah dan ziarah memang menjadi daya tarik utama destinasi wisata di Tuban. Sendang Asmoro bukanlah wisata baru di Tuban, karena sudah dibuka di penghujung tahun 2017, tetapi pesonanya masih mampu menarik wisatawan hingga sekarang.

 

Rute


Wisata Sendang Asmoro terletak di Desa ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Berada lumayan jauh dari pusat kota, tidak menghalangi wisatawan untuk datang, karena tempat wisata ini selalu ramai. Untuk ke lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua empat, karena akses jalan sudah sangat baik.

 

Rute ke Sendang Asmoro bisa melalui jalur pertigaan Dusun Ngembes, Desa Sumberagung Plumbang, atua melalui jalur pertigaan Nggempol, Desa Genaharjo Semanding. Jika dari kota Tuban bisa lewat jalur pertigaan Penambangan Semanding. Dari pusat kota membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Daya Tarik Wisata Sendang Asmoro


Seperti namanya, sendang atau mata air menjadi daya tarik utama wisata Sendang Asmoro Tuban. Kawasan wisata ini sangat sejuk dengan kebersihan mata air yang selalu dijaga kebersihannya. Area yang teduh dengan konsep kekinian yang didesain indah, bakal membuat siapapun betah bersantai berlama-lama disana.


Wisata Tubah ini memadukan konsep unsur gunung (Gamping), air dan hutan. Air sendang yang berwarna hijau berasal dari sumber mata air alami. Di sekitarnya, masih ada kolam renang, taman bunga dan beberapa wahana yang mengasyikkan untuk edukasi anak maupun bersantai bersama keluarga.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan


Menjadi wisata keluarga di Tuban yang sangat populer, banyak aktivitas rekreasi menarik yang bisa dilakukan, mulai bersantai hingga bermain. Wisata ramah anak ini cocok dikunjungi oleh segala kalangan karena menawarkan nuansa yang sejuk dan asri dengan aktivitas yang seru.

Mencoba Wahana Seru



Kawasan wisata Sendang Asmoro cukup luas, terlebih kolam alami kehijauan yang selalu bersih dan menyejukkan. Disana hidup ratusan ikan warna-warni yang semakin memperindah areanya. Menariknya, siapapun bisa memberi makan ikan-ikan tersebut, asalkan tidak ngawur ya!.

Di sisi lainnya, ada sepeda air yang bisa disewa untuk mengitari kawasan kolam yang terbilang luas. Selain itu, ada beberapa wahana permainan lainnya yang perlu dicoba seperti flying fox, ATV melintasi hutan rimba, mini trail, kereta gantung, berkuda dan sebagainya. Ada rumah hobbit dan rumah kelinci juga untuk berfoto dan bermain lho!.

Menikmati Taman Bunga



Kawasan ini tidak dibiarkan asri begitu saja, tetapi ditambahkan polesan cantik dengan tanaman bunga-bunga yang ada sejak di area parkir. Di awal pintu masuk, tanaman-tanaman bunga memang menambah kasrian wisata Sendang Asmoro.

Taman bunga di dalamnya tumbuh subur dan berwarna warni sangat indah. Selain taman bunga, ada juga taman rimba. Biasanya kawasan taman rimba digunakan untuk wahana ATV dan mini trail.

Berenang



Meski ada kolam alami, disini juga tersedia kolam renang untuk menyegarkan diri. Kolam renang ini telahnya di tengah area wisata dan menjadi pemandangan pertama yang tampak dari pintu masuk. Dikelilingi kawasan rindang dan indah di samping taman bunga, aktivitas berenang'pun jadi semakin berbeda dan mengasyikkan.

Kegiatan Outbound Wisata Sendang Asmoro



Tidak hanya tempat rekreasi keluarga saja, wisata Sendang Asmoro juga menawarkan area berkemah di kawasan asrinya. Ada program outbound yang bisa dipilih, seperti program outbound rekreasional untuk refreshinng, outbound edukasi untuk pelajar tingkat SMP-SMA dan outbound kids untuk anak PAUD, TK dan SD.

Kegiatan Outbound Rekreasional biasanya dilakukan 1-2 kali setahun dan dilakukan oleh perusahaan atau instansi selama 1-2 hari. Outbound Edukasi memiliki paket fun entrepreneurship, dimana para pelajar akan diedukasi mengenai wirausaha di era digital.

Outbound Kids lebih ke fun game, edukasi goa, edukasi reptil, edukasi pembibitan, pertanian dan edukasi peternakan & pemilahan sampah. Selain itu, ada juga seminar parenting yang memiliki manfaat penting untuk orang tua dalam memahami peran dalam mendukung perkembangan anak.

Fasilitas Wisata Sendang Asmoro



Tak hanya untuk rekreasi keluarga saja, wisata Sendang Asmoro juga kerap menjadi tempat kegiatan berbagai acara komunitas, sekolah dan perusahaan. Kegiatan yang dilakukan biasanya seperti edukasi, reuni, gathering, sarasehan dan pertemuan dinas. Sehingga, beberapa fasilitasnya terbilang lengkap untuk menunjang kegiatan tersebut.

Fasilitas di Sendang Asmoro antara lain area parkir, area outbound, area camping, panggung musik, kolam renang, kamar mandi, toilet, wahana permainan, cafe, gazebo, rumah baca, taman rimba, taman bunga, dan mushola.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional


Harga tiket masuk wisata Sendang Asmoro dibandrol sekitar Rp. 7.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk dewasa. TIket belum termasuk parkir dan tarif naik wahana. Untuk wahana sepeda air dan kereta gantung Rp. 15.000, pakan ikan Rp. 5.000. Sedangkan jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai jam 08.00 - 17.00 WIB.

 

Tips :

  1. Jika ingin suasana agak sepi agar lebih leluasa, hindari datang saat akhir pekan maupun musim liburan.
  2. Gunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman karena ada banyak kegiatan outdoor yang bisa dicoba.
  3. Bawalah baju ganti jika ingin berenang.
  4. Jangan merusak fasilitas di area wisata.
  5. Jangan menganggu atau menyakiti hewan yang ada disana.
  6. Jika akan mengadakan kegiatan, hubungi pengelola jauh sebelum acara dilakukan.
  7. Jika berencana sewa motor, maka cari rental sewa motor Tuban yang terpercaya dan pilih sesuai budget.
  8. Jika kamu berencana menginap di area wisata bersama keluarga, cari penginapan di Tuban atau penginapan di sekitar kawasan wisata Sendang Asmoro, sesuaikan dengan budget.
  9. Untuk liburan yang lebih praktis dan menyenangkan bisa ikut paket wisata Tuban dengan beragam destinasi.
  10. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan vandaslisme.
 

Informasi Wisata Sendang Asmoro Tuban :

  • Lokasi : Krajan, Ngino, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Map : Klik Disini).
  • Buka / Tutup : 08.00 - 17.00
  • HTM : Rp. 7.000 - Rp. 12.000
  • Aktivitas : Berenang, bersantai, bermain, swafoto, edukasi, camping, outbond & family gathering.
  • Fasilitas : Area parkir, spot foto, area outbound, area camping, panggung musik, kolam renang, kamar mandi, toilet, wahana permainan, cafe, gazebo, rumah baca, taman rimba, taman bunga, mushola.
  • Wisata Terdekat : Bukit Teletubbies Tuban,