Hutan Pinus Asri, Salah Satu Oase Hijau di Yogyakarta - Manusia Lembah

Hutan Pinus Asri, Salah Satu Oase Hijau di Yogyakarta

Hutan Pinus Asri merupakan salah satu dari beberapa hutan pinus Jogja yang bisa dikunjungi saat jalan-jalan ke Bantul. Tempat wisata ini menawarkan keindahan dan ketenangan dengan pepohonan pinus yang tinggi dan rindang. Tak hanya menawarkan asrinya hutan, disini juga tersedia beberapa spot foto menarik bertema alam yang wajib diabadikan.

Area terbuka ini cukup luas, sehingga cocok untuk piknik keluarga atau berkemah. Tempat wisata Jogja yang kini sudah dikembangkan menjadi lebih tertata menawarkan beragam aktivitas menarik untuk dilakukan. Selain berjalan santai, bisa menyusuri hutan di jembatan, memberi makan burung dan sebagainya.

Wisata Jogja

Rute


Hutan Pinus Asri berada di Desa Karangasem Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi saja. Dari kota Yogyakarta langsung ke arah Jalan Imogiri Timur (Makam Raja Imogiri), lalu ikuti arah ke Kebun Buah Mangunan.

Lokasinya memang tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, Pinus Sari dan Lintang Sewu. Apalagi, di sekitarnya juga terjejer beberapa wisata hutan pinus, jadi tidak sulit mencari lokasinya. Lebih mudahnya, bisa menggunakan GPS untuk memudahkan rute perjalanan.

Daya Tarik Hutan Pinus Asri


Wisata Jogja

DIbanding hutan pinus Jogja lainnya, mungkin Hutan Pinus Asri cenderung lebih sepi, menjadikannya serasa milik pribadi. Suasananya sangat asri dan damai, cocok untuk refreshing bagi yang tidak suka keramaian. Meski ada beberapa hal yang perlu dibenahi, tempat wisata di Jogja ini masih layak dikunjungi bagi yang ingin menyepi sejenak dengan cara yang indah.

Kesejukan dan kesegara alamnya menjai daya tarik wisatawan. Ada berbagai wahana berswafoto yang bisa dicoba, serta area bumi perkemahan bagi yang ingin pengalaman di alam bebas. Tersedia juga aneka kuliner di sekitarnya yang bisa dinikmati!.
 

Aktivitas Menarik yang Bisa dilakukan


Hutan Pinus Jogja

Wisata Jogja ini mungkin tidak sepopuler Hutan Pinus Mangunan maupun Hutan Pinus Pengger, tetapi masih layak dikunjungi bagi yang tidak suka kebisingan. Selain menyajikan hutan pinus, disini juga ada taman bunga yang membuat kawasannya terasa lebih hidup dan ceria.

Wisata Jogja 

Berjalan-jalan di jalan setapak di tengah Hutan Pinus Asri cukup menyenangkan karena suasanya sepi dan tenang. Di beberapa titik ada saung dan kursi-kursi kayu untuk beristirahat. Ada pula jembatan kayu untuk menikmatu hutan pinus dengan cara berbeda.

Hutan Pinus Jogja 

Di sekitarnya ada beberapa spot berfoto yang lumayan bagus bagi yang suka selfie seperti ayunan, taman, puncak Pinus Asri dan sebaagainya. Disin bisa berjalan-jalan santai, menikmati suasanya yang segar. Bahkan, bisa juga memberi makan burung yang ada disana!.

Lokasinya ada di tepi jurang, sehingga di sisi belakangnya bisa melihat pemandangan hijaunya hutan dan perbukitan yang indah. Jika ingin menikmti udara yang segar, bisa datang pagi untuk jalan-jalan santai maupun bersepeda.

Hutan Pinus Jogja 

Selain sebagai sarana rekreasi, lokasi Hutan Pinus Asri juga kerap dijadikan tempat diadakannya berbagai acara seperti gathering, live music, outbound dan sebagainya. Area yang luas,a danya pendopo dengan tema ala Jawa membuatnya pas untuk memfasilitasi kegiatan - kegiatan tersebut.

Fasilitas Hutan Pinus Asri


Hutan Pinus Jogja

Wisata Jogja ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap meski ada beberapa yang perlu perbaikan. Sudah ada tempat parkir luas, warung, beberapa tempat duduk, saung, spot foto, gardu pandang, mushola, bumi perkemahan dan toilet. Menariknya, ada fasilitas sewa jeep untuk sekalian mengunjungo destinasi lain di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional


Wisata Jogja

Harga tiket masuk Hutan Pinus Asri sangat ekonomis yaitu sekitar Rp. 5.000 saja belum termasuk parkir, cocok bagi yang mencari wisata murah di Jogja. Wisata ini dibuka pada jam 06.00 - 17.00. Namun, terkadang sepagi itu operasionalnya belum sepenuhnya berjalan ya!.

 

Tips :

  1. Datanglah saat cuaca bagus untuk mendapatkan pengalaman yang sempurna. Sebaiknya tidak datang di musim penghujan.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk beraktivitas di Hutan Pinus Asri.
  3. Jangan merusak maupun memetik tanaman yang ada disana.
  4. Ikuti jalur yang telah ditentukan dan hindari menjelajah terlalu jauh.
  5. Jika berencana untuk sewa motor Jogja, maka cari penyewaan yang terpercaya dan pilih sesuai budget.
  6. Jika berencana menginap di area wisata bersama keluarga, cari penginapan Jogja atau villa di Bantul dengan pilihan review yang bagus dan sesuaikan dengan budget.
  7. Untuk liburan yang lebih praktis, bisa menggunakan jasa paket wisata Jogja. 
  8. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah di tempatnya dan vandalisme.
 

Informasi Wisata Hutan Pinus Asri Jogja :

  • Lokasi : Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Map : Klik Disini).
  • HTM : ± Rp. 5.000
  • Jam Buka : Setiap hari 06.00 - 17.00
  • Fasilitas : Area parkir, toilet, spot foto, saung, pendopo, mushola, bumi perkemahan, gardu pandang.
  • Aktivitas : Bersantai, olah raga (jogging, bersepeda), acara komunitas, outbound.
  • Wisata Terdekat : hutan Pinus Mangunan, Puncan Songgo Langit, Bukit Lintang Sewu, Pintu Langit Dahromo, Puncak Becici.