8 Hal Menarik yang Wajib Dilakukan di Karimun Jawa

Pulau Karimun Jawa. Siapa yang tidak mengenal Karimun Jawa?. Karimun Jawa dikenal sebagai kepulauan yang memiliki taman bawah laut mempesona. Dengan luas perairan sekitar 110.000 Ha, Karimun Jawa dikembangkan menjadi wisata taman laut yang telah mengundang wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Sebagai salah satu Kepulauan di Laut Jawa, Karimun Jawa menyajikan wisata pantai yang indah serta perbukitan yang menarik. Berwisata dan berpetualang, welcome to Karimun Jawa! 
Karimun Jawa
Karimun Jawa masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Sebagai destinasi wisata di Indonesia yang cukup terkenal, akses untuk ke Karimun Jawa terbilang mudah, yaitu bisa via udara - tujuan Bhandara Dewadari dan akses via laut dari Pelabuhan Semarang, Pelabuhan Jepara dan Pelabuhan Kendal.

Sebagai Taman Nasional sejak tahun 2001, Kepulauan Karimun Jawa merupakan rumah bagi terumbu karang, biota laut, hutan mangrove dan fauna langka yang lain. Tumbuhan yang menjadi cirikhas Kepulauan Karimun Jawa adalah pohon Dewadaru (Crystocalyx macrophyla). Kepulauan Karimun Jawa mulai dibuka menjadi tempat wisata sekitar tahun 2009-2010 dan kini menjadi destinasi wisata yang cukup diminati wisatawan dalam dan luar negeri.

Diantara 27 pulau yang tersebar di Kepulauan Karimun Jawa, ada 5 pulau yang berpenghuni. Karimun Jawa merupakan pulau terbesar dan berpenghuni diantara 27 pulau di Kepulauan Karimun Jawa. Dikelilingi oleh banyak pulau, membuat ombak di kepulauan ini sangat tenang, sehingga menjadi jalan yang baik untuk mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya. Namun, Karimun Jawa bukan hanya tentang dunia bawah laut saja, karena banyak destinasi keren dan hal menarik yang bisa dinikmati di Kepulauan Karimun Jawa.

Berikut hal-hal menarik yang bisa dinikmati di Pulau Karimun Jawa :

1. Berkelana di Dunia Bawah Laut

Bawah laut pasti menjadi tujuan utama bagi siapapun yang berwisata ke Karimun Jawa, karena kepulauan ini memang memberikan dunia bawah laut sebagai sajian utama. Dengan perairan yang tenang, menikmati taman bawah laut menawan Kepulauan Karimun jawa akan sangat menyenangkan. Free dive or snorkeling? do it !.
Karimun Jawa Underwater

Ada banyak spot snorkeling di Kepulauan Karimun Jawa yang bisa dicoba, bahkan hampir di semua area pulau-pulau di sekitarnya cocok untuk snorkeling. Spot snorkeling di Kepulauan Karimun Jawa yang terkenal yaitu spot Pulau Menjangan Kecil , spot Pulau Cilik, spot nemo Tanjung Gelam, spot Pulau Tengah, spot Pulau Cemara dan spot Kemloko Pantai Anora.


Perairan yang bening akan membuat betah siapapun yang sedang menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Karimun Jawa. Berbagai terumbu karang indah beserta biota laut lucu berpadu menghasilkan pemandangan laut yang berwarna. Hard coral, sea anemon, clown fish, lobster dan penghuni laut lainnya siap menyapa siapapun yang datang.

2. Menikmati Sajian Ikan Bakar di Tepi Pantai

Beristirahat sejenak di pinggir pantai setelah lelah bermain dengan biota taman bawah laut tentu sangat disarankan. Kepulauan Karimun Jawa sebagian besar memiliki pulau-pulau tidak berpenghuni yang cocok untuk bercengkerama ataupun beristirahat. Pantai di Kepulauan Karimun Jawa dikenal memiliki pasir putih yang bersih, laut tenang berwarna biru bening, serta suasana yang sejuk. Tempat favorit untuk bakar ikan ada di Pulau Cilik, yang nyaris tak memiliki ombak hingga dibuat sebuah ayunan menjorok ke laut.
Panorama Pesisir Pulau Cilik
Ada banyak jenis ikan yang bisa dinikmati di Karimun jawa seperti ikan kerapu, kakatua, badong, kembung, tongkol, kakap putih, kakap merah, ekor kuning dan sebagainya. Menikmati sajian ikan bakar khas Karimun Jawa, dengan panorama pantai tenang yang menawan?. Hm.... siapa yang tidak mau?.

3. Menguji Adrenalin di Tempat Penangkaran Hiu

Sedikit mencoba adrenalin, sangat menarik bermain dengan biota laut dari dekat di Penangkaran Hiu. Penangkaran Hiu di Karimun Jawa ini berada di Pulau Menjangan Besar. Hiu di tempat penangkaran ini tidak berbahaya. Asalkan mengikuti instruksi dari petugas ketika masuk ke kolam, pasti akan masuk dan keluar dengan selamat.
Penangkaran Hiu Karimun Jawa
Merasakan berada di tengah kumpulan hiu-hiu lapar pasti menjadi cerita yang sangat menarik dan cukup membutuhkan adrenalin. Selain hiu, ada area penangkaran lain yaitu bintang laut dan ikan buntal. Ada banyak jenis bintang laut yang bisa disaksikan, dipegang dan juga diajak selfie. Namun jangan lupa menyapa si ikan buntal dengan wajah murung khasnya itu.

4. Menyusuri Ekosistem Hutan Mangrove

Kepulauan Karimun Jawa tidak hanya menyajikan wisata bahari. Karimun Jawa memiliki hutan mangrove yang ada di area Pulau Karimun Jawa dan Pulau Kemujan. Selain menelusuri jembatan kayu di tengah hutan mangrove, bisa sekaligus mempelajari fauna dan satwa yang ada di area Hutan mangrove. 
Hutan Mangrove
Lelah berjalan-jalan, naiklah ke gardu pandang yang akan menunjukkan hamparan luas hutan magrove beserta Kepulauan Karimun Jawa. Di atas gardu pandang juga tempat yang cocok untuk menyaksikan sunset. Hm.... jangan lupa untuk turun.

5. Berziarah Serta Mengenal Sejarah Sunan Nyamplungan

Wisata sejarah juga tersaji di Pulau Karimun Jawa yaitu Makam Sunan Nyamplungan (Syeh Amir Hasan) yang berada di bawah Gunung Karimun. Sunan Nyamplungan merupakan putra dari Sunan Muria dan menjadi sosok penting bagi masyarakat Karimun Jawa karena berkontribusi dalam penyebaran agama islam di Pulau Karimun Jawa.
Makam Sunan Nyamplungan
Sunan Nyamplungan merupakan orang yang pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Karimun Jawa. Tongkat yang digunakan Sunan Nyamplungan terbuat dari pohon Dewadaru yang tumbuh disana. Di makam ini terdapat batu berbentu peluru yang menurut orang sekitar akan berbunyi jika Pulau Karimun Jawa dalam bahaya. Selain berziarah, mengenal sejarah Karimun Jawa bisa dilakukan disini.

6. Menyaksikan Senandung Senja di Bukit Cinta

Bukit Cinta Karimun Jawa ini benar-benar akan membuat siapapun jatuh cinta dan enggan pulang. Bukit Cinta merupakan area di bukit Pulau Karimun Jawa yang menyajikan pemandanagn perairan Pulau Karimun Jawa. Bukan Karimun Jawa namanya jika tidak menyajikan panorama sunset yang mempesona. Bukit Cinta adalah salah satu lokasi menarik anti-mainstream yang sangat cocok untuk menikmati senandung senja Karimun Jawa. Ada banyak lokasi yang bisa dipilih untuk duduk tenang menikmati senja.  Then, lets enjoy the sunset.
I love "Love Hill"

7. Menikmati Panorama Sunset di Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam Karimun Jawa dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset. Hal ini karena lokasi Pantai Tanjung Gelam tepat di ujung barat pulau Karimun Jawa. Warna laut di Pantai Tanjung Gelam cenderung tosca dan sangat jernih. Di Pantai Tanjung Gelam dikenal juga pohon kelapa miring yang biasanya menjadi spot foto menarik wisatawan. Bebatuan karang di pesisir pantainya tertata indah dengan bentuk dan komposisi yang tepat, sehingga menambah keindahan di Pantai Tanjung Gelam. Menyaksikan perahu lalu lalang di atas laut tosca dengan sinar jingga tentunya very so sweet.
Sunset Tanjung Gelam

8. Wisata Malam di Alun-alun Karimun Jawa

Bersosialita dengan masyarakat di Pulau Karimun Jawa tentu sangat menyenangkan. Alun-Alun Karimun Jawa sangat ramai di malam hari. Tak jauh dari pelabuhan, alun-alun ini dipenuhi penjual makanan khas Karimun Jawa seperti ikan bakar, makanan ringan, cinderamata, kaos sablon dan sebagainya. Berinteraksi dengan masyarakat sekitar, mengenal kehidupan masyarakat di Karimun Jawa, bercengkerama, nongkrong dengan sajian jagung bakar sambil menikmati semilir angin malam pelabuhan, tentu akan menjadi momen spesial bagi siapapun yang datang.
Alun-alun Karimun Jawa
Wisata bahari, sejarah, tracking, kuliner Pada umumnya, taman bawah laut adalah tujuan utama wisatawan yang datang ke Kepulauan Karimun Jawa. Namun selain wisata bahari, wisata alam yang lain perlu dicoba untuk menyempurnakan wisata ke Kepulauan Karimun Jawa.

Tips wisata ke Karimun Jawa :
  1. Ketahui jadwal kapal laut lebih dahulu sebelum berangkat.
  2. Lengkapi kebutuhan perjalanan seperti alat snorkeling/diving dan sunblock.
  3. Belilah ikan lebih dulu di pelabuhan atau pasar ikan jika ingin menikmati ikan bakar di pulau. Biasanya di pulau-pulau tidak menyediakan ikan bakar, kecuali bakar sendiri.
  4. Konfirmasilah dengan pawang atau guide jika ingin berfoto dengan hiu. Jangan masukkan tangan ke dalam air karena hiu bisa menganggapnya sebagai umpan. 
  5. Jagalah sikap di tempat ziarah Makam Sunan Nyamplungan.
  6. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Tanjung Gelam adalah menjelang senja.
  7. Pedagang pesisir pantai tutup saat malam hari. Jika berniat campbawalah logistik yang cukup. 
  8. Kembalilah ke pelabuhan sebelum malam.
  9. Bersosialisasilah dengan masyarakat sekitar yang ramah untuk mengetahui seluk beluk dan sejarah Pulau Karimun Jawa. 
  10. Jagalah kebersihan area Taman Nasional Karimun Jawa dan jangan melakukan vandalisme.
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "8 Hal Menarik yang Wajib Dilakukan di Karimun Jawa"

Post a Comment