Pantai Tanjung Gelam - Pesona Senja Ujung Barat Karimun Jawa

Pantai Tanjung Gelam di Karimun Jawa. Pantai Tanjung Gelam merupakan salah satu tempat wisata di Karimun Jawa yang tidak boleh dilewatkan. Pantai ini memiliki berbagai spot menarik dengan segudang keindahan yang sangat menawan. Berada di ujung barat Pulau Karimun Jawa, Pantai Tanjung gelam bisa menjadi tempat yang cocok untuk menikmati senja. Dengan view pasir putih dan air yang sangat jernih, Pantai Tanjung Gelam akan menjadi sajian spesial ketika berada di Pulau Karimun Jawa.
pantai tanjung gelam
Sunset Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam berada di ujung barat pulau utama Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa tengah, Indonesia. Ada dua akses untuk menuju Pantai Tanjung Gelam, yaitu :
  1. Akses laut : Akses memutar bisa dilakukan dengan naik speedboat di dermaga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.
  2. Akses darat : Bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau roda 4 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. 
Dari kejauhan, pasir putih yang panjang sudah tampak dari pantai ini. Jika naik speedboat, perubahan warna air laut dari biru tua ke biru tosca menandai sudah dekat dengan lokasi Pantai Tanjung Gelam. Jangan heran jika warna air laut pesisir pantai Tanjung Gelam hampir serupa dengan warna Kawah Ijen. Air biru tosca akan menghantar hingga di bibir pantai. 
pantai tanjung gelam
Pantai Tanjung Gelam
Jangan bingung jika ada yang mengatakan bahwa ada kelapa miring di pantai Tanjung Gelam. Pohon kelapa miring ini cukup booming, karena bentuk miring yang unik dan seringnya dijadikan spot menarik untuk berfoto. Disamping adanya kelapa miring, hal utama yang paling menarik adalah momen senja dan hal ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.
Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan sembari menanti perfect moment di Tanjung Gelam. Bermain di pantai, bersantai, snorkeling, bakar ikan maupun nongkrong bisa dilakukan. Beberapa pedagang berderet tak jauh dari bibir pantai menawarkan jajanan, makanan dan minuman.
pantai tanjung gelam
Pesisir Pantai Tanjung Gelam
Pantai yang tenang, bening, bersih ditambah panorama laut yang cantik  dan pesisir pantai yang nyaris tanpa gelombang membuat suasana di Pantai Tanjung Gelam terkesan tenang. Tak ada salahnya tiduran di pinggir pantai sambil merasakan hangatnya ombak kecil yang sesekali menghempas. 
Berjalan ke sisi timur Pantai Tanjung Gelam, ada spot yang cukup menarik. Berbeda dengan sisi sebelah barat yang berupa pasir putih, sisi sebelah timur berupa bebatuan yang menghiasi area pesisir pantai. Tak ada salahnya nongkrong di atas bebatuan ini, karena pemandangan sunset tak kalah indahnya. Beberapa speedboat mulai berdatangan ketika senja hampir menjelang, seolah tidak ingin tertinggal menikmati panorama cantik tenggelamnya sang surya.
pantai tanjung gelam
Sisi Timur Pantai Tanjung Gelam
Pantai Tanjung Gelam merupakan tempat terbaik menikmati sunset di Pulau Karimun Jawa. Jika Bukit Cinta menawarkan pesona sunset dari ketinggian, Pantai Tanjung Gelam menawarkan pesona sunset khas ufuk barat yang tentu saja sayang jika dilewatkan begitu saja. Bosan berdiam diri di Pantai Tanjung Gelam?, menyaksikan sunset dari atas kapal dalam perjalanan kembali ke dermaga juga menarik untuk dilakukan. Atau belum bosan berlama-lama di Pantai Tanjung Gelam?, camp akan menjadi alternatif yang sangat tepat. 
pantai tanjung gelam
Bye Tanjung Gelam...
Tips Mengunjungi Pantai Tanjung Gelam Karimun Jawa :
  1. Waktu terbaik di Pantai Tanjung Gelam adalah menjelang senja.
  2. Gunakan sandal yang tepat ketika di pesisir timur karena bebatuannya licin dan cukup tajam.
  3. Pedagang pesisir pantai tutup saat malam hari. Jika berniat camp, bawalah logistik yang cukup. 
  4. Jika ingin menikmati sunset lebih sempurna, naiklah speedboat. Menikmati sunset dalam perjalanan kembali ke dermaga juga indah.
  5. Cuaca bisa menjadi pertimbangan untuk menikmati sunset yang sempurna.
  6. Jagalah kebersihan di area pantai yang masih bersih.  
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Tanjung Gelam - Pesona Senja Ujung Barat Karimun Jawa"

Post a Comment