Pantai Goa Cina – Legenda Unik Pantai Menawan Malang Selatan

Pantai Goa Cina. Jika sudah pernah ke Pantai Bajul Mati atau Sendang Biru, pasti tidak asing dengan nama Pantai Goa Cina. Pantai yang berjarak hanya 15 menit dari Pantai Bajul Mati ini juga memiliki keindahan pantai yang mempesona. Selain batu karang dan pulau kecil di tengahnya, ada sebuah gua yang mengundang tanda tanya karena kisahnya membuat pantai ini dinamakan Pantai Goa Cina.
pantai goa cina
Pantai Goa Cina
Rute ke pantai Goa Cina sangat mudah, terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama pantai ini sebenarnya adalah Pantai Rowo Indah, namun karena  pernah terjadi peristiwa kematian seorang Cina di dalam gua, maka Pantai ini lebih dikenal dengan Goa Cina.

Jalan utama ke Pantai Goa Cina sudah nyaman dengan aspal yang mulus. Ada rambu yang akan memandu menuju lokasitempat wisata.  Saat mendekati lokasi jalan berubah menjadi bebatuan kapur berkelok-kelok sekitar 500 meter, cukup panjang dan agak sulit untuk dilalui karena rusak parah.
Pemandangan Pantai
Pantai Goa Cina cukup luas dan asri. Pepohonan berjajar rapi di pinggir pantai meneduhkan pengunjung dari panas yang menyengat di siang hari. Ada tiga pulau di tengah pantai yaitu pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Arus gelombang di Pantai Goa Cina sangat kuat dan menimbulkan suara gemuruh, oleh karena itu tidak ada perahu nelayan yang bersandar di pantai ini.


Goa China

Seperti namanya, memang ada sebuah Goa di bagian sisi kanan pantai, Goa Cina yang dimaksud berada di dalam batuan karang yang besar. Untuk menuju ke goa  harus naik ke karang yang tidak terlalu tinggi. Di sebelah jalur menuju ke Goa dipasang banner yang menjelaskan legenda Goa China, dimana menyebutkan seorang petapa dari Cina yang bertapa di dalam gua bertahun-tahun dan akhirnya meninggal.
Goa China
Goa hanya berupa rongga yang menjorok sekitar 7-8 meter dengan tinggi 2 meter. Mesti dinamakan Goa, di dalam tidak ada batu stalaktit maupun stalakmit, yaitu batu yang menjorok tajam dari atas gua maupun sisi-sisinya. Goa ini lebih  tepat disebut rongga dalam karang. Dari bibir goa ke arah pantai pengunjung bisa melihat garis pantai dan juga karang yang terlihat dari dalam air laut yang jernih.
pantai goa cina
Pantai Dari Bibir Goa
Di seberang lokasi Goa, ada sebuah pantai lagi yang masih menjadi bagian Pantai Goa Cina. Pantai ini dihiasi karang besar yang masih bagian dari Goa, sedangkan pantai yang bersih tampak di sekelilingnya. Lokasi di pantai ini lebih panas karena pepohonan tidak serindang di Pantai Goa Cina.

Berbagai fasilitas tersedia di pantai Goa China ini seperti warung makan, musholla, kamar mandi dan tempat parkir ditambah tempat yang sejuk akan membuat liburan di Malang terasa menyenangkan.
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Goa Cina – Legenda Unik Pantai Menawan Malang Selatan"

Post a Comment