Top 10 Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan Keluarga! - Manusia Lembah

Top 10 Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan Keluarga!

Bandung menawarkan beragam destinasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Menjadi magnet wisata di Pulau Jawa, kota berjuluk Paris van Java ini menawarkan ragam kuliner, pesona alam dan keseruan wahana rekreasi. Tempat wisata di Bandung beragam, mulai wisata alam yang menawan hingga tempat rekreasi menyenangkan.

Tiap akhir pekan, tidak sedikit wisatawan yang memilih Bandung untuk liburan keluarga. Taman hiburan yang melimpah bisa dipilih sesuai selera. Ingin menikmati suasana alam jauh dari perkotaan?, atau ingin bermain wahana kelas dunia?, semua bisa ditemui di Paris van Java ini.

Yuk simak apa saja destinasi wisata Bandung yang cocok untuk liburan keluarga!

Tempat Wisata di Bandung


1. Dago Dream Park


Dago Dream Park

Lokasi : Mekarwangi, Jl. Dago Giri No.Km. 2.2, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup :
08.00 - 18.00 WIB
Wahana : Gembok Cinta, Coral Land, Love Island, Wahana Adventure, Cruise Partner, Wahana Anak, Extreme Ride, Selfie Extreme, Wahana Family, Dream Battle, dan masih banyak lagi.
HTM : ± Rp. 30.000 - Rp. 35.000


Dago Dream Park merupakan wisata Bandung yang berada di dataran tinggi. Mengusung konsep Jawa, Sunda dan Bali, kawasan ini menawarkan konsep unik dan pemandangan sejuk yang indah. Kawasannya memiliki sekitar 29 permainan dengan luas wilayah ± 13 Ha.

Suasana sejuk dikelilingi hutan pinus akan membuat siapapun betah berlama-lama. Ada banyak spot foto, permainan seru, hingga restoran yang menawarkan beragam menu makanan khas Bandung!. Wahananya juga tidak untuk anak-anak saja lho, karena berbagai permainan untuk dewasa juga banyak tersedia.

2. Dusun Bambu Lembang


Dusun Bambu Lembang

Lokasi : Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : 10.00 – 20.00 WIB
Wahana : We Playground, Boomerang Rainbow Slide, Water Coaster, GoKart, Shooting Target, Airsoft Paintball, perahu dayung, mini zoo, flying fox.
HTM : ± Rp. 30.000 - Rp. 100.000

Tempat wisata di Bandung ini cocok bagi yang suka nuansa pedesaan. Menawarkan konsep ekowisata, disini wisatawan bisa bersantai menikmati alam hingga mencicip aneka kuliner khas disana. Nuansa alam terbukanya menawarkan panorama pegunungan, danau, sungai dan taman yang memadukan unsur budaya Sunda.

Wahana permainan seru yang menyatu dengan alam juga menarik untuk dicoba segala kalangan. Tak hanya wisata seru bersama keluarga, disini juga ada vila di atas rawa yang sangat unik untuk menikmati liburan di Dusun Bambu Lembang. Penataan yang bagus ala kekinian tidak mengurangi keestetikan dan kealamiannya.

3. Kiara Artha Park Bandung


Kiara Artha Park Bandung

Lokasi : Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : 09.00 - 21.00
Wahana : Lollipop Playland, Trem, Kampung Korea, Taman Lampion, Taman Afrika.
HTM : ± Rp. 10.000

Ingin wisata di pusat kota, wisata Bandung ini cocok dikunjungi. Memadsukan konsep wisata, hunian, komersial dan bisnis bertema taman kota, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Kiara Artha Park berkonsep tematik, sehingga sangat digemari anak-anak.

Disini wisatawan bisa jalan-jalan di taman terbuka, olah raga, bersantai hingga menikmati waktu sore. Jika ingin lebih santai, bisa sewa sepeda atau naik kereta mini yang mengelilingi jalur tertentu. Menariknya, malam hari ada pertunjukan air mancur menari yang tak bolek dilewatkan.

4. Lembang Wonderland


Lembang Wonderland

Lokasi : Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : Senin - Jumat 10.00 - 19.00 ; Sabtu - Minggu 09.00 - 20.00
Wahana : Snow Village, Sweet Field, Magical Forest, Takeshi Castle, Taman Ice Cream, Switch Game, Negeri Dongeng, Cookies And Candy.
HTM : ± Rp. 35.000

Lembang Wonderland merupakan tempat wisata di Bandung yang seru untuk anak-anak karena menawarkan banyak wahana menarik. Banyaknya area tematik menjadikan kawasannya bak negeri dongeng!. Kereta gantung, wahana air hingga taman permainan pun mengundang untuk dicoba.

Bagi yang suka negeri dongeng seperti di film fantasy, semua bisa dilihat disini. Es krim raksasa, negeri salju, hingga jembatan permen didesain seperti nyata. Jadi jangan lupa membawa kamera terbaik untuk menyempurnakan spot berfoto yang super ciamik!.

5. Lembang Park & Zoo


Lembang Park & Zoo

Lokasi : Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : Senin, Selasa, Kamis, Jumat 09.00 - 17.00 ; Sabtu - Minggu 08.00 - 18.00 ; Rabu 10.00 - 18.00
Wahana : Kano, berkuda, playground outdoor, kereta mini,
HTM : ± Rp. 80.000

Konsep kebun binatang ini sangat unik karena dipadukan dengan taman hijau. Sehingga, tidak hanya bisa melihat hewan-hewan, tetapi wisatawan juga bisa bermain maupun bersantai. Tempat bermain untuk anak-anak juga ada untuk melengkapi waktu berlibur.

Apalagi, banyak restoran dan cafe yang bisa menemani waktu santai. Uniknya, ada Neko Cat Cafe, dimana pengunjung bisa berinteraksi dengan kucing-kucing lucu secara langsung!. Wisata Bandung ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena cocok untuk semua kalangan.

6. Nimo Highland Bandung


Nimo Highland Bandung

Lokasi : Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : 09.00 - 17.00 WIB (weekday) ; 08.00-18.00 (weekend)
Wahana : Nimo Sky Bridge, Cammelian Sky View, paintball, flying fox, ATV.
HTM : ± Rp. 25.000 - Rp. 35.000

Nimo Highland merupakan tempat wisata di Bandung terbaru yang banyak dikunjungi wisatawan. Berada di perkebunan teh, kawasannya menawarkan konsep Santorini Yunani yang estetik. Wisata alam dengan sentuhan modern ini memiliki jembatan kaca estetik yang menjadi daya tarik utama.

Diciptakan untuk bersantai, ada deretan bean bag menghadap perkebunan, dan cafe untuk menyempurnakan waktu santai. Selain itu, ada juga wahana seru seperti berkuda, flying fox dan ATV. Dua lokasi di atas dan bawah bisa dinikmati tergantung selera.

7. Tebing Keraton


Tebing Keraton

Lokasi : Puncak Kordon, RT02/10, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : 08.00 WIB – 16.00 WIB
Wahana : Spot foto.
HTM : ± Rp. 17.000,-

Wisata Bandung ini cukup populer di kalangan kaum muda karena pesona alam menarik yang disajikan. Tempatnya yang instagramable sangat cocok untuk liburan keluarga bagi yang suka wiata alam. Berada di ketinggian, panorama perbukitan dan hutan hijau akan sangat memanjakan mata.

Menariknya, Tebing Keraton hadir dengan spot alam naturl yang tidak dibuat-buat seperti kebanyakan wisata lainnnya. Selain untuk bersantai, ada juga camping ground bagi yang suka menikmati keindahan alam sepanjang hari. Saat pagi, sinar matahari yang berpadu dengan kabut menjadi momen menakjubkan layaknya di atas awan.

8. Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung


Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung

Lokasi : Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : 06.00 - 16.00
Wahana : Paintball, flying fox, ATV, buggy offroad, zip coaster, turun tebing, jembatan gantung dan jembatan tali dua, rumah pohon, jaring pendaratan, mini trampolin, spider web, climbing kid, kuda jungkit dan tower net.
HTM : ± Rp. 20.000 - Rp. 50.000

Terminal Wisata Grafika Cikole adalah destinasi wisata Bandung yang menghadirkan sejumlah aktivitas outdoor modern yang menarik untuk dinikmati. Ada banyak kegiatan menarik mulai dari menjelajahi alam, edukasi hingga menikmati makanan lezat yang tersedia. Berada di ketinggian 1.400 mdpl, kawasannnya sangat sejuk dan segar.

Lokasinya yang luas dan hijau cocok untuk bersantai, aktivitas outbound dan berfoto. Bahkan disini juga ada Bird Park dan wahana Rusa & Domba, dimana wisatawan bisa berinteraksi langsung. Saat malam, petualangan seru di Hutan Mycelia menjadi daya tarik yang wajib dicoba.

9. The Lodge Maribaya


The Lodge Maribaya

Lokasi : Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : 09.00 - 17.00
Wahana : Hot air baloon, gantole, sky wing, zip bike, sky tree, lift kaca.
HTM : ± 09.00 - 17.00

The Logde Maribaya merupakan wisata Bandung yang lagi hits dengan menyuguhkan pemandangan alam cantik dengan wahana menarik. Destinasi di kawasan pegunungan ini merupakan penginapan berkonsep alam yang menawarkan fasilitas lengkap. Sehingga lokasinya bisa untuk rekreasi saja maupun bermalam.

Selain camping, aktivitas seperti trekking mengelilingi hutan pinus, kulieran hingga bermain wahana bisa dicoba. Jangan segan untuk mencoba wahana menaiki balon udara di ketinggin 6 meter. Masih ada pula wahana ekstrim lain yang bisa dicoba!

10. Trans Studio Bandung


Trans Studio Bandung

Lokasi : Jl. Gatot Subroto No.289A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat (Map : Klik Disini)
Buka Tutup : 10.00 - 17.00
Wahana : Dunia lain, racing coaster, giant swing, vertigo, jelajah, super heroes 4D, sky pirates, si bolang adventure, broadcasting center, trans car racing, trans city theater, ocean world science center, dunia anak-anak, dragon riders dan masih banyak lagi.
HTM : ± Rp. 160.000 - Rp. 200.000

Wisata Bandung ini sangat populer karena menawarkan konsep rekreasi keluarga berupa indoor theme park. Di dalamnya ada aneka wahana permainan kelas dunia yang menarik untuk dicoba. Tak hanya wahana permainan, area edukasi pun juga ada, sehingga bisa sekaligus bermain sambil belajar.

Meski Trans Studio Bandung berkonsep di dalam ruangan, nuansa di dalamnya seperti kawasan taman kota malam yang menyenangkan. Berbagai wahana mulai untuk anak-anak hingga dewasa bisa dipilih sesuai selera. Tempat ini akan membuaut siapapun betah berlama-lama.

Itu adalah beberapa tempat wisata di Bandung yang populer untuk liburan keluarga. Jika ingin liburanmu aman dan nyaman, kamu bisa ikut paket wisata bersama keluarga atau solo traveling dengan sewa motor yang tersedia disana. Semoga bermanfaat!