Pantai Kedung Tumpang, Angels Bilabong JaTim yang Pernah Viral - Manusia Lembah

Pantai Kedung Tumpang, Angels Bilabong JaTim yang Pernah Viral

Tidak hanya Blitar, Tulungagung juga memiliki banyak wisata pantai cantik di daerah selatan. Meski dulu belum terlalu banyak dikenal, adanya Jalur Lintas Selatan (JLS) telah membuka banyak pantai cantik yang lama tersembunyi. Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu wisatanya yang pernah populer karena pesonanya mirip Angel Bilabong di Nusa Penida Bali.

Sekitar tahun 2016 dan tahun - tahun selanjutnya, salah satu wisata Tulungagung ini menjadi tujuan banyak wisatawan. Meski jalannya terbilang sangat menyusahkan dan untuk kesana perjuangan, wisata ini tidak pernah sepi. Panorama yang unik dan indah membuatnya menarik perhatian banyak orang, terutama setelah akses kesana sudah sangat baik.

wisata tulungagung

Lokasi & Rute


Pantai Kedung Tumpang berada di Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Untuk kesana dari kota Blitar bisa mengikuti arah ke Pantai Pasur. Rutenya yaitu Blitar - Kademangan - Bakung - Bululawang.

Setelah sampai di Simpang Pasur Bululawang, belok kanan ke arah JLS Blitar - Tulungagung dan ikuti jalan hingga ada perempatan, dimana ke kiri adalah arah ke Kedung Tumpang. Perjalanan akan melewati Pantai Molang, Pantai Pacar, Pantai Lumbung dan Pantai Kelinci sebelum tiba di tujuan.

Sedangkan dari Tulungagung bisa melalui JLS Pantai Sine atau dari Pucanglaban yang terhubung dengan perempatan ke Kedung Tumpang. Sebelum mencapai JLS akses jalan memang berliku, tetapi sudah lebar dan mulus setelah sampai JLS.

Daya Tarik Pantai Kedung Tumpang


wisata tulungagung

Meski disebut pantai, daya tarik wisata Tulungagung ini justru pada pemandangan karangnya yang unik. Bahkan disini tidak ada pasir putih lembut layaknya pantai-pantai lain. Meski dipenuhi hamparan karang, kecantikannya mampu mengundang siapapun yang datang!.

Di satu titik tepian karang, ada cekungan lebar layaknya kolam alami. Kolam alami ini berasal dari air laut yang terperangkap, sehingga menciptakan kolam bening layaknya Angels Bilabong Nusa Penida Bali. Sehingga tidak sedikit yang menikmati pemandangannya dari ketinggian maupun di tepian karangnya.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

 

1. Menikmati View


wisata tulungagung

Lokasi parkir Pantai Kedung Tumpang ada di atas bukit, sehingga di sekitar kawasannya sudah dibangun taman lengkap dengan fasilitas penunjang. Di sekitarnya ada warung, balkon kayu dan beberapa tempat istirahat jika ingin menikmati pemandangan dari ketinggian. Di sebalah barat tampak garis Pantai Glogok dan seterunya, sedangkan bagian selatan tersaji laut selatan yang luas mebentang.

Panorama ini bisa dinikmati dari balkon-balkon kayu di atas tempat parkir. Selain itu agak turun ke bawah juga ada balkon kayu serta gazebo menghadap pantai sebelah barat. Jika ingin panorama yang unik, maka bisa turun ke bawah sampai Kedung Tumpang.

2. Trackking


pantai kedung tumpang tulungagung

Dulunya, akses ke Pantai Kedung Tumpang sangat susah, sehingga untuk turun benar-benar butuh perjuangan. Kini, dari area parkir hingga bawah sudah dibangun tangga cor, sehingga lebih murah diakses. Meski begitu, perjalanan turun ke bawah cukup jauh, sehingga jangan lupa membawa logistik khususnya air.

Meski teduh, perjalanan ke bawah merupakan tantangan seru yang lumayan membuat dengkul lelah. Bahkan di beberapa titiknya yang curam, ada tali tambang agar lebih memudahkan. Tidak ada pemandangan laut yang bisa dilihat di sepanjang jalan, kecuali mendekati area hamparan karang.

3. Bersantai dan Berfoto


Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Sampainya di bawah, tampak hamparan karang cukup luas di tepi laut. Di area terbuka ini terdapat bongkahan karang besar di tepianya. Jangan berharap ada pasir putih di Pantai Kedung Tumpang, karena kawasannya hanya ada paduan karang dan lautan yang estetik!.

Kolam-kolam kecil di hamparan karang menjadi daya tarik utamanya. Air bening yang tampak kehijauan sangat cantik menghiasi beberapa cekungan yang ada. Namun kalau ombak besar menerjang, seketika kolam alai tersebut bagaikan tersiram banjir bandang.

Oleh sebab itu sangat tidak direkomendasikan untuk berenang di kolam-kolam Pantai Kedung Tumpang tersebut, karena datangnya ombak besar Samudera Hindia tidak bisa diprediksi. Di sekitar karang juga ada area teduh utuk beristirahat sembari menikmati keindahan Angels Bilabong'nya Tulungagung setelah buih ombah selesai menerjang kolamnya.

Kedung Tumpang

Fasilitas Pantai Kedung Tumpang


Fasilitas di Pantai Kedung Tumpang semakin baik setelah adanya Jalur Lintas Selatan. Beberapa fasilitasnya antara lain area parkir luas, warung, kamar mandi + toilet, gazebo, mushola dan balkon kayu. Ke depannya, kawasan wisata ini akan terus dikembangkan agar lebih nyaman dan aman.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional


Harga tiket masuk Pantai Kedung Tumpang dibanderol Rp. 5.000 termasuk parkir. Wisata Tulungagung ini buka 24 jam, tetapi jika ingin melihat panoramanya, datanglah selain malam, kecuali ingin camping. Harga tiket masuk dan jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu.


Tips :

 
  1. Datanglah saat cuaca baik.
  2. Waktu terbaik berkunjung adalah pagi dan sore hari.
  3. Jika ingin menghindari keramaian hindari berkunjung di akhir pekan dan hari libur nasional.
  4. Gunakan alas kaki anti slip atau gunakan sepatu untuk trekking.
  5. Bawalah pelindung kepala seperti topi dan payung. Bawalah sunblock jika perlu.
  6. Berhati-hatilah saat turun dan bawalah air minum yang cukup. Tangga cukup curam dan melelahkan pastikan kondisi fit.
  7. Tidak disarankan berenang di kolam alami yang ada disana, karena rawan ombak besar. Jika ingin tetap berenang, pastikan air laut tidak sedang pasang dan cek kondisi ombak.
  8. Jangan mengotori kawasan wisata Pantai Kedung Tumpang dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung :

 
  • Lokasi : Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • HTM : Rp. 5.000
  • Jam Buka : 24 jam
  • Aktivitas : Bersantai, berfoto.
  • Fasilitas Umum : Area parkir luas, warung, kamar mandi + toilet, gazebo, mushola dan balkon kayu.
  • Wisata Terdekat : Pantai Sine, Pantai Dlodo, Pantai Kelinci, Pantai Lumbung, Pantai Pacar, Pantai Molang, Pantai Pasur.