Top 12 Pantai Cantik di Bali, Surganya Menikmati Sunset - Manusia Lembah

Top 12 Pantai Cantik di Bali, Surganya Menikmati Sunset

Bali masih menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan di seluruh penjuru dunia. Selain adat budayanya yang kental, salah satu hal menarik di Bali adalah panorama alamnya, terutama daerah pesisir. Pulau Dewata ini memiliki banyak pantai cantik yang bisa dikunjungi sepanjang hari. 

Pantai menjadi daya tarik utama di Pulau Bali. Banyak yang mengatakan kalau liburan ke Bali tidak akan terasa di Bali jika belum mengunjungi pantai-pantai populer, salah satunya adalah Pantai Kuta. Tidak hanya berjemur dan berselancar saja, tapi menikmati sunset adalah momen spesial yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

Pulau Bali memiliki banyak pantai untuk menikmati sunset.  Berikut beberapa pantai terbaik yang direkomendasikan untuk menikmati sore :

1. Pantai Kuta

pantai kuta
Lokasi : Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Di area barat daya Pulau Bali, Pantai Kuta seolah menjadi perintis wisata pantai lain di sekitarnya. Meski begitu, Pantai Kuta masih menarik banyak wisatawan karena tempat ini begitu asyik dan menyenangkan. Pasir putih, berselancar, beberapa tempat menarik dan pemandangan sunset masih menjadi daya tarik di pantai ini. 

Banyak hotel, villa, dan bungalow di dekat Pantai Kuta, sehingga mudah untuk hangout beberapa jam di pesisir pantainya. Berbagai aktivitas dan interaksi pada penjaja makanan, wisatawan dan peselancar di sekitar pantai akan menambah suasana istimewa yang membuat Pantai Kuta masih menjadi primadona di Pulau Bali. 

2. Tanah Lot

tanah lot

Lokasi : Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan.

Keunikah Tanah Lot adalah adanya pura yang berdiri menjorok ke laut, di atas batu besar. Pura Tanah Lot memiliki atap berjenjang dan arsitektur yang indah. Ini adalah salah satu pura paling penting di Bali. Tanah Lot yang menghadap ke barat menjadikannya sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat sunsetdi Bali. 

Posisinya yang berdiri di tengah laut memancarkan daya tarik yang kuat kepada wisatawan yang datang, membuatnya jadi tempat paling populer untuk menyaksikan sunset di Bali. Seiring matahari yang mulai terbenam, siluet pura tampak megah dalam rona keemasan. Hm... siapa yang tidak terpana?.

3. Jimbaran Bay

pantai legian

Lokasi : Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung.

Jimbaran adalah lokasi favorit turis yang ingin menikmati suasana pantai dengan restoran untuk kesenangan malam yang sempurna. Pantai Jimbaran sangat terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset dinner di pasir putih, yang juga disukai untuk pasangan.

Tempat bersantai ini wajib dikunjungi, karena tidak hanya menyaksikan sunset yang indah tetapi wisatawan juga akan dimanjakan dengan sajian seafood panggang yang lezat dan berbagai minuman yang menyegarkan. 

4. Pantai Seminyak

pantai seminyak

Lokasi : Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung.

Area seminyak adalah rumah bagi banyak resort mewah, restorak kelas atas, bar dan kafe-kafe mungil di tepi pantai. Tempat ini juga termasuk salah satu pantai populer untuk menikmati sunset di Bali. Suasana semarak dan menyenangkan disini menjadi ciri khas yang banyak disukai wisatawan.

Bersantai di salah satu dari banyak kursi bean bag di pasir putihnya, menikmati sajian yang tersedia sambil melihat aktivitas orang-orang yang menunggang kuda dengan latar belakang matahari terbenam yang luar biasa, akan menjadikan liburanmu lebih berkesan.

5. Pantai Tegal Wangi

pantai tegal wangi

Lokasi : Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung.

Pantai yang dikenal dengan Bukit Peninsula ini adalah di wilayah selatan Bali, sekitar 45 menit dari Kuta atau Seminyak. Pantai tersembunyi di Bali ini memiliki tebing-tebing rimbun menjulang tinggi yang berhadapan dengan Samudra Hindia. Untuk ke pantainya, hanya perlu menuruni tangga berbatu menuju pantai. 

Pantai ini terletak di sebelah resort Ayana yang populer. Berada disini akan memberikan ketenangan dan suasana yang sejuk. Berbaring atau sekedar duduk bersantai di pantai sambil menanti sore adalah aktivitas yang banyak dilakukan turis. Kadang juga ada banyak pasangan yang melakukan foto pre wedding dengan latar belakang sunset

6. Pantai Petitenget

pantai petitenget

Lokasi : Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Pantai di Bali ini memiliki lingkungan yang tenang dan alami, tidak seramai Pantai Kuta dan Seminyak. Ombak yang tinggi daripada pantai-pantai yang lain membuatnya tidak terlalu menarik banyak wisatawan karena tidak terlalu recomended untuk berenang dan lokasinya kurang strategis. 

Namun, wisatawan masih datang ke pantai ini karena panorama sunset yang indah. Di Pantai Petitenget berjajar beberapa bar dan restoran di sepanjang garis pantai. Disinilah biasanya para turis menghabiskan waktu menikmati sunset sambil menikmati makan malam di banyak restoran mewah

7. Echo Canggu

echo canggu

Lokasi : Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung.

Dikenal dengan nama Pantai Baju Mejan, pantai pasir hitam ini menawarakan pemandangan laut luas dengan ombak yang bergulung-gulung. Pantai ini juga menjadi salah satu pantai favorit untuk selancar di Bali. Bahkan, kebersihan pantainya dijaga oleh sekolah selancar dan kafe di Echo Beach CangguJika tidak suka selancar, banyak pilihan kafe yang menyajikan seafood dan minuman ringan yang bisa dinikmati sambil menanti matahari terbenam.

8. Pantai Balangan


Lokasi : Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung.

Lokasi Pantai Balangan terbilang jauh dari keramaian kota. Itulah kenapa banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu senja di area pantai ini. Tidak hanya menyuguhkan pesisir pantai, tetapi ada tebing di atas pantai  yang menawarkan pemandangan istimewa. 

Balangan beach view cukup luas dan menyajikan panorama yang sangat indah, apalagi saat momen matahari terbenam. Melihat hamparan pantai dengan latar belakang matahari menciptakan perpaduan panorama alam yang luar biasa. Tidak sampai disitu, panorama unik lain juga bisa dinikmati dari atas tebing pantai. 

9. Pantai Kelan

pantai kelan

Lokasi : Tuban, Kuta, Kabupaten Badung.

Pantai Kelan terletak di sebelah selatan Bhandara Ngurah Rai Bali. Ini yang membuat siapapun yang berkunjung ke pantai ini bisa sekaligus melihat pendaratan atau lepas landas pesawat. Pantai yang tidak terlalu ramai ini memiliki pemandangan sunset yang fantastis berpadu dengan hilir mudik pesawat di dekatnya. 

10. Pantai Melasti

pantai melasti

Lokasi : Jl. Melasti Ungasan, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung.

Melasti dikenal sebagai salah satu upacara adat di Bali. Namun, ada juga nama Pantai Melasti, salah satu pantai terbaik di kawasan Ungasan. Pantai indah di Bali ini terletak di bawah tebing kapur tinggi, yang kini semakin dikembangkan seiring banyaknya wisatawan yang berkunjung kesana. 

Ada tiga bagian di pantai ini, yaitu tengah, timur dan barat. Di sebelah barat adalah tempat terbaik untuk melihat sunset. Di Pantai ini ada banyak cafe yang menyediakan makanan dan minuman ringan untuk dinikmati di bawah payung pantai dan kursi yang nyaman. 

11. Pantai Pererenan

pantai pererenan

Lokasi : Jl. Pantai Pererenan, Pererenan, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung.

Pantai yang berada di sebelah Echo Beach ini merupakan tempat favorit untuk wisata menunggang kuda dan menikmati sunset. Meski tidak populer, pantai Pererenan ramai dikunjungi turis di kala senja. Ciri khas pantai ini adalah adanya patung gajah di area masuk. Di pantai ini terdapat beberapa cafe yang bisa menjadi tempat pilihan anda untuk menikmati sunset. 

12. Dreamland

dreamland
Pantai satu ini juga terkenal dengan panorama sunset nya yang indah. Selain itu, pantai berpasir putih ini juga populer di kalangan peselancar karena ombaknya yang menantang. Dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi serta batu karang besar di sekitarnya, menjadikan panorama pantai ini tampak menggoda. Disini banyak turis yang berjemur saat cuaca terik dan bersantai saat menjelang sore. 

Itu adalah 12 pantai terbaik untuk menikmati sunset di Bali. Masih ada banyak pantai pilihan lain yang bisa dikunjungi untuk menunggu sore yang dilengkapi dengan cafe, atau justru pertunjukan seperti di Pura Uluwatu. Namun, jika ingin sore yang menyenangkan dan berkesan, beberapa spot sunset view di atas bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat!