Pantai Balangan Bali, Sunyi Meski Tak Tersembunyi - Manusia Lembah

Pantai Balangan Bali, Sunyi Meski Tak Tersembunyi

Selama ini, Bali memang menjadi surganya wisata pantai yang banyak menarik minat wisatawan mancanegara dan domestik. Pulau Dewata memang menyimpan banyak wisata pantai populer, dan salah satu yang wajib dikunjungi adalah Pantai Balangan. 

Mungkin nama Pantai Balangan masih terdengar asing. Berbeda dengan pantai di Bali yang sebelumnya sudah mendunia, seperti Pantai Kuta, Pantai Legian, dan beberapa deretan pantai selatan di sekitarnya. Meski belum terlalu terkenal, Pantai Balangan ini malah menyuguhkan pemandangan yang aduhai lho!

pantai balangan
Pantai Balangan berada di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Dari Bhandara Ngurah Rai membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke lokasi. Lokasi Pantai Balangan terbilang jauh dari keramaian kota. Itulah kenapa banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu senja di area pantai ini.

Pantai Balangan yang awalnya tersembunyi mulai dikenal publik. Jalan ke arah pantai juga sudah berupa aspal mulus, hanya saja jalannya sempit. Mendekati area pantai juga sudah banyak vila dan penginapan yang tersedia. Maka tak diragukan lagi bahwa pantai di Bali ini sangat wajib dikunjungi. 

Bukan Bali jika tidak memiliki keunikan pada tempat wisatanya. Pantai Balangan juga tak kalah unik dari pantai di Bali lainnya. Tidak hanya menyuguhkan pesisir pantai yang indah, bahkan ada tebing juga yang menawarkan pemandangan istimewa yang sangat mengesankan. 

Pantai Balangan

Pantai Balangan memang masih sepi, sehingga pantai ini kadang menjadi jujugan para turis yang ingin berselancar tanpa gangguan banyak orang layaknya Pantai Kuta. Pantai ini memiliki panjang garis pantai sekitar satu kilometer yang diapit oleh dua bukit karang, membuatnya seperti pantai pribadi. 

pantai balangan bali

Untuk ke pantai, bisa memilih dua opsi jalan, yaitu langsung ke pantai di dekat tebing pantai balangan, atau lewat Balangan cliff sunset point. Pastinya, dari lokasi parkir ke pantai harus berjalan kaki dan menuruni tangga hingga sampai bibir pantai. 

Seperti tetangganya, Pantai Dreamland, Pantai Balangan memiliki pasir putih yang bersih dengan udara panas khas pantainya. Di pantai ini ternyata juga sudah dikelola cukup baik dengan adanya tenda-tenda dan bangku untuk berjemur maupun berteduh yang sudah tertata rapi. Berjalan santai di sekitar pantai, atau bersantai untuk menghilangkan rasa lelah adalah pilihan utama sebelum kegiatan lainnya. 

Biasanya pantai Balangan ini ramai pada siang dan sore hari. Saat siang hari, ada beberapa peselancar yang mencoba ombak pantai selatan Pulau Dewata ini. Jika tidak ingin selancar, bisa bersantai di bawah tenda sambil menikmati kelapa muda. Hm... liburan khas pantai yang istimewa bukan?. Namun tunggu dulu guys, keeksotisan Pantai Balangan bukan hanya sampai disini saja. Saat sore menjelang, itu adalah saat yang tepat untuk naik ke atas tebing. 

Tebing Pantai Balangan

pantai balangan bali

Tak hanya memiliki Balangan cliff sunset point, pantai balangan juga bisa dinikmati dari atas tebing. Untuk ke tebing, harus kembali naik kr tempat parkir (perpotongan arah pantai dan tebing), kemudian dilanjutkan ke arah tebing. Disini, kendaraan bisa dibawa hingga mendekati area Balangan beach view

Balangan beach view cukup luas dan menyajikan panorama yang sangat indah, apalagi saat momen matahari terbenam. Melihat hamparan pantai dengan latar belakang matahari menciptakan perpaduan panorama alam yang luar biasa. Tidak sampai disitu, panorama unik lain juga bisa dinikmati dari atas tebing pantai. 

pantai balangan bali

Di atas tebing pantai ini ada dua bagian, di sebelah kanan dan sebelah kiri. Di sebelah kanan berupa dataran yang menjorok ke laut. Dari atasnya, bisa melihat laut lepas dan birunya laut Kubu Beach. Sedangkan pada area tebing bagian kiri ini lebih menjorok, menyuguhkan pemandangan Tanjung Balangan dan sekelilingnya, bagaikan berada di tengah laut. 


Diantara kedua tebing itu, dibawahnya ada pura. Area tersebut juga salah satu spot menarik di Pantai Balangan. Pantai Balangan ini memiliki area yang luas serta spot foto yang banyak tersebar di sekelilingnya. Banyak aktivitas bisa dilakukan di pantai ini, dan banyak panorama indah yang bisa diabadikan dalam kamera. Memilih bersantai pun, bisa memilih di pantai atau di atasnya. Kamu pilih mana?


Tips wisata di Pantai Balangan Bali :

  1. Belum ada kendaraan umum dengan tujuan Pantai BalanganJadi, sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau sewa motor di bali. 
  2. Waktu terbaik untuk ke tempat ini adalah sesuai tujuan. Jika ingin surfing bisa datang pagi atau sore. Untuk pemandangan terbaik direkomendasikan sore hari. 
  3. Jangan lupa membawa sunblock dan pelindung kepala karena area pantai sangat panas di siang hari. 
  4. Pakailah sandal anti selip agar perjalanan lebih nyaman. 
  5. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Pantai Balangan Bali :

  • Lokasi : Jl. Pantai Balangan No.54, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : -
  • Aktivitas : Bersantai, surfing
  • Fasilitas : Area parkir, warung, toilet, vila.
  • Wisata Sekitar : Pantai Dreamland, New Kura Green Park, Kubu Beach. 
Baca Juga