Pesona Pantai Tamban Malang - Menikmati Sisi Lain Sendang Biru - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pesona Pantai Tamban Malang - Menikmati Sisi Lain Sendang Biru

Pantai Tamban Malang. Malang Selatan terkenal dengan jajaran pantai selatan yang sangat menawan. Beberapa diantaranya sudah sangat terkenal hingga mancanegara dan beberapa yang lain mulai menampakkan diri. 

Pantai Tamban merupakan salah satu dari berbagai Tempat Wisata Pantai di Malang yang cukup populer. Pantai Tamban tidak berbeda jauh dengan Pantai Sendang Biru, karena kedua pantai tersebut bersebelahan dan sama-sama berhadapan dengan Pulau Sempu.

Pantai Tamban Malang
Pantai Tamban
Pantai tamban terletak di Dusun Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Cara menuju ke Pantai Tamban dari Kota Malang bisa melalui jalan menuju Pantai Sendang Biru hingga terdapat sebuah petunjuk ke arah kiri menuju Pantai Tamban. Jika menggunakan kendaraan bermotor membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. 

Jalan menuju ke Pantai Tamban sudah beraspal dan sebagian jalannya mendatar, hanya sesekali menanjak tapi tidak terlalu curam. Walaupun sudah ada petunjuk jalan, rute ke Pantai Tamban cukup membingungkan dan pastikan untuk mengingat arah-arahnya agar tidak bingung ketika pulang.

Pantai Tamban tergolong Wisata Pantai di Malang yang lumayan sepi, tidak seperti Pantai Sendang Biru. Pantainya tenang serta berpasir putih kecoklatan di sepanjang garis pantainya. Dari pantai dapat menyaksikan laut lepas pantai selatan dan juga sebagian dari Pulau Sempu. Di sekitar pantai tersedia lokasi untuk snorkeling dan berenang dengan air yang cukup hangat, tentu saja saat siang hari.

Pantai Tamban Malang
Perahu Nelayan di Perairan Pantai Tamban
Beberapa perahu nelayan mengapung di bibir pantai bisa disewa untuk mengantar berkeliling pantai atau menuju ke Pulau Sempu. Selain itu perahu bisa mengantar berkeliling desa yang asri dengan pemandangan perbukitan dan sungai untuk pergi ke tempat pelelangan ikan, memancing dari tebing maupun berwisata menyusuri Pantai Tamban. 

Di sebelah timur Pantai Tamban ada muara yang cukup besar benama Kedung Ijo dengan air bening dan tampak segar. Untuk mengunjunginya harus berjalan menaiki bukit. Bagi yang suka memancing, bisa memancing dari atas tebing. 

Air yang mengalir dari Kedung menyisiri tebing yang dipenuhi batu raksasa yang sebagian longsor karena abrasi laut. Oleh karena itu banyak batu besar di dasar Kedung yang menjadi keunikan natural tersendiri.

Pantai Tamban Malang
Kedung Ijo
Di sebelah utara kedung ada seperti kolam besar yang bisa untuk berenang karena airnya yang bening dan juga jauh dari tebing longsor. Ikan-ikan air tawar menghiasi kedung yang dan menambah daya tarik bagi siapapun yang mengunjungi Pantai Tamban.

Sejarah Pantai Tamban konon berawal dari kisah tiga kyai. Dalam bahasa jawa Tamban berarti obat (tombo) karena dulu pantai ini pernah menjadi obat bagi tiga kiai yang mengawali tinggal di hutan dekat pantai tahun 1880’an. 

Ketika ditengah proses membabat hutan mereka kehausan sampai sakit dan kesulitan mencari air tawar dan akhirnya meminum air laut di pantai yang tiba-tiba berasa seperti air tawar dan mereka sembuh. Untuk itulah mereka menjuluki air di pantai itu “air tamban”.

Pantai Tamban Malang
Sisi Kiri Pantai Tamban
Lelah berkeliling? Untuk melepas penat ada beberapa warung makan di sekitar wisata pantai yang menyediakan menu ikan bakar. Tersedia juga fasilitas penginapan bagi yang ingin bermalam. Kawasan penginapan yang berada di tengah alam dengan pemandangan yang masih asri membawa daya tarik tersendiri untuk menikmati dan bermalam di Pantai Tamban. 

Suasana di pinggir pantai juga teduh dengan adanya banyak pepohonan rindang. Menikmati siang yang panas dengan berteduh menikmati panorama lautan yang indah. Hm.... siapa yang tidak suka?.

Jangan lupa membawa ikan segar sebagai oleh-oleh saat berada di Pantai Tamban ini. Bila musim ikan, bisa mencicipi atau membeli jenis ikan hiu maupun gurita. Hal tersebut sangat mengasikkan dilakukan ketika berwisata di Malang, khususnya Pantai Tamban.

Tips Wisata ke Pantai Tamban :
  1. Sebaiknya datang di waktu pagi atau sore karena siang hari sangat panas jika cuaca cerah.
  2. Jika ingin ke Pulau Sempu, bisa menyewa perahu nelayan.
  3. Ombak di Pantai Tamban tidak begitu besar karena adanya Pulau Sempu, tetapi sebaikknya tidak berenang terlalu ke tengah.
  4. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
>