Kesunyian Eksotis Telaga Ngebel Ponorogo

Telaga Ngebel Ponorogo. Bukan hanya reog yang terkenal di Ponorogo. Ponorog menyimpan destinasi wisata alam yang sangat mengagumkan yaitu Telaga Ngebel. Tempat wisata di Ponorogo ini sangat cocok untuk siapapun yang menyukai destinasi alam bebas. Berada di tempat yang jauh dari keramaian dan dikelilingi oleh perbukitan, menjadikan tempat wisata Telaga Ngebel ini salah satu spot wisata populer di Ponorogo. 
Telaga Ngebel Ponorogo
Telaga Ngebel
Telaga Ngebel terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Berada sekitar 30 km dari pusat Kota Ponorogo. Rute untuk ke tempat wisata Telaga Tebel juga mudah dijangkau. Ada dua rute yang bisa dijadilan alternatif :
  1. Kota Ponorogo - Jenangan - Ngebel. 
  2. Madiun - Dolopo - Ngebel
Sudah terpasang papan petunjuk arah di jalan raya,jadi tidak perlu bingung, terlebih masyarakat sekitar juga pasti tahu lokasi tempat wisata Telaga Ngebel. Meski ada petunjuk arah, ada beberapa jalan yang rusak karena dilalui oleh penambang pasir.
  
Telaga Ngebel terbentuk secara alami karena air yang berasal dari sumber air Kanal Santen dan Air Terjun Toyomarto. Telaga ini berada di kaki Gunung Wilis dan memiliki suhu antara 20 - 26 derajat celcius. Dengan luas 5 kilometer yang bisa dikelilingi, terbayang betapa banyaknya spot menarik untuk menjelajah area wisata ini. Tapi pastikan untuk menjelajah tetap menggunakan kendaraan, daripada lelah di tengah jalan.
Telaga Ngebel Ponorogo
View Telaga Ngebel
Telaga Ngebel memiliki air telaga jernih kehijauan yang diakibatkan oleh biota air di bawah telaga. Maka jangan heran jika di area telaga ini terdapat banyak keramba ikan dan juga masyarakat desa yang memancing di pinggiran danau. Telaga Ngebel ini sangat alami dan bersih dari sampah anorganik, sehingga masih menjadi hibitat ideal untuk ikan air tawar berkembang biak. Jadi, selain menikmati kesunyian dan pesona alam Telaga Ngebel, menyalurkan hobi memancing di danau ini juga boleh dicoba. 
Telaga Ngebel Ponorogo
View Telaga Ngebel
Selain bersantai di area tepian danau, bermain wahana air untuk menjelajah Danau Ngebel juga bisa dicoba disini. Ada beberapa permainan yang bisa dicoba di tempat wisata Telaga Ngebel, yaitu :
  1. Kuda Tunggang.
  2. Bendi : Kereta kuda yang bisa diisi 3 orang.
  3. Bus Air : Bisa menampung sekitar 15-20 orang. Desain yang terbuka memang dikhususnya untuk wisatawan yang ingin mengelilingi Telaga Ngebel secara leluasa dan santai, terutama jika ingin mengabadikan momen lewat jepretan kamera.
  4. Speed Boat : Jika ingin mencoba adrenalin, wahana ini bisa jadi pilihan. SPeed Boatbisa diisi 6 orang.
  5. Perahu bebek.
Telaga Ngebel Ponorogo
Wahana Air

Untuk kuda tunggang dan bendi, tidak bsia digunakan untuk mengelilingi telaga karena dikawatirkan bisa mengganggu lalu lintas yang padat, terutama di akhir pekan dan hari libur. Namun tenang, menyusuri jalanan dengan kuda tunggang dan bendi bisa dilakukan tanpa meninggalkan view telaga. Dengan adanya beberapa permainan menarik di darat maupun di air, menjadikan Telaga Ngebel layaknya Telaga Sarangan. Selain penginapan, di sekitar telaga juga terdapat warung makan dengan kuliner khas air tawar yaitu ikan Nila, yang bisa dinikmati sambil memandang pesona Telaga Ngebel yang tenang. 


Nah, selain spot foto di telaga, ada satu icon baru di tempat wisata di Ponorogo ini, yaitu adanya patung naga. Kira-kira ada apa dengan patung naga?. Yah... lagi-lagi layaknya di Telaha Sarangan, Patung Naga berkaitan dengan legenda Telaga Ngebel.

Legenda Telaga Ngebel

Ada legenda yang beredar di masyarakat tentang terbentuknya Telaga Ngebel Ponorogo. Konon, Patih Batara Angin sedang bermeditasi dengan mengubah wujudnya menjadi ular naga bernama Baru Klinting. Tanpa sengaja, ada orang yang membawa ular itu masuk kedalam desa. Sebelum dipotong, ular itu berubah menjadi seorang anak kecil. Anak tersebut membuat sayembara dengan menancapkan batang lidi dan menyuruh warga desa mencabutnya, tetapi tidak ada yang berhasil. Ketika anak kecil tersebut mencabut lidi, muncul sumber air yang menggenang hingga terbentuk menjadi telaga. Akhirnya oleh masyarakat sekitar, telaga tersebut dinamakan Ngebel yang berarti mengeluarkan bau menyengat.

Selain itu, Telaga Ngebel juga berperan dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Konon, seorang pendiri Kabupaten Ponorogo, yaitu Batoro Katong, pernah menyucikan diri di mata air yang ada di dekat Telaga Nggebel sebelum melakukan syiar Islam di Kabupaten Ponorogo. Mata air itu kini dikenal dengan Kucur Batoro.

Selain menyimpan legenda yang menarik, suasana Telaga Ngebel yang sunyi juga bisa menjadi tempat yang sangat menyenangkan dengan ditambahnya beberapa wahana oleh pengelola. Bercengkerama sore di bawah pepohonan besar yang teduh, dengan panorama alam menawan dikelilingi perbukitan, siapa yang tidak tertarik?
Telaga Ngebel Ponorogo
Cheers...

Tips Wisata ke Telaga Ngebel :
  1. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada transportasi umum untuk sampai ke lokasi wisata.
  2. Akses jalan lumayan susah jika ditempuh dari Kota Ponorogo karena ada beberapa bagian yang rusak akibat truk pasir, lebih baik menggunakan kendaraan roda 2. Jika dari Madiun, bisa menggunakan kendaraan roda 4.
  3. Waktu yang tepat untuk wisata adalah pagi dan sore hari.
  4. Untuk mengelilingi telaga, gunakan kendaraan. Wahana seperti bendi dan kuda tunggang tidak bisa digunakan untuk mengelilingi area telaga.
  5. Telaga Ngebel masih alami, jadi jangan mengotori area wisata dan melakukana vandalisme.


EmoticonEmoticon