>

Telaga Pacuh - Setitik Kesegaran di Dalam Hutan Lindung

Wisata Telaga Pacuh Blitar. Berbicara tentang telaga di Blitar, tentu Telaga Rambut Monte menjadi juara karena kepopulerannya. Namun, ada telaga di Blitar yang bisa dimanfaatkan untuk refreshing ketika hari libur. Wisata Alam Paco atau Telaga Pacuh mungkin belum terlalu akrab di telinga wisatawan yang hanya sesekali berkunjung ke Kota Proklamator ini. Bagi masyarakat Blitar, Telaga Pacuh sudah tidak asing lagi karena dulunya, tempat wisata di Blitar ini pernah menjadi alternatif bersantai bersama keluarga. Bagaimana sekarang?, check it out!
Wisata Telaga Pacuh Blitar.
Telaga Pacuh
Wisata Alam Paco terletak di Desa Panataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lokasinya berada di antara kawasan wisata Candi Penataran dan Candi Gambar Wetan, sekaligus berada di sisi jalur akternatif tempat wisata Gunung Kelud Kediri. Rute untuk ke Telaga Pacuh dari kota Blitar, langsung ke arah wisata Candi Penataran. Pertigaan sebelum pintu masuk Kawasan Wisata Penataran, belok ke kanan. Lokasi Wisata Alam Paco ada di kiri jalan. Meski rutenya sangat mudah, jalur yang dilalui tidak begitu mudah karena ada beberapa area jalan yang rusak.

Telaga Pacuh dikembangkan menjadi objek wisata pada tahun 2011. Wisata Alam Paco yang menempati area seluar 5.21 Ha ini dikembangkan oleh PT. Perkebunan Nusantara XII Bantaran Afd Penataran. Di area Wisata Alam Paco terdapat hutan lindung yang membuat hawa sejuk masih sangat terasa. Hingga kini, masih terdapat banyak pohon karet bolu berumur ratusan tahun yang masih berdiri kokoh. Selain itu terdapat Telaga Pacuh, yaitu sumber air yang memiliki luas sekitar 1 Ha yang menjadi ikon wisata sekaligus dimanfaatkan pengunjung untuk memancing.

Fasilitas yang ada di tempat wisata Telaga Pacuh memang belum begitu banyak, tetapi masih ada beberasa fasilitas yang tidak digunakan seperti toilet dan juga perahu bebek yang terbuang percuma. Berada di antara pepohonan raksasa yang rimbun, kadang membuat tempat ini terasa seperti tempat yang angker dan sakral. Di bagian depan area wisata, selain pohon karet bolu raksasa dengan ranting yang dibiarkan liar, terdapat gazebo untuk bersantai dan juga pohon bambu yang memperindang area depan ini.  
Wisata Telaga Pacuh Blitar.
Area Depan
Setelah area pertama, ada tangga yang menghubungkan ke area Telaga Pacuh. Telaga ini sebenarnya digunakan untuk irigasi dan suplay air bersih PDAM. Pada tahun 2010 juga pernah digunakan sebagai tempat pemancingan dan bermain perahu bebek. Di telaga ini terdapat banyak ikan mujaer, tak heran jika di tempat ini pernah menjadi tempat pemancingan.
Wisata Telaga Pacuh Blitar.
Area Telaga
Di sebelah barat telaga, ada taman yang berisi beberapa tanaman hias beralas rumput yang terawat baik. Di area taman ini juga terdapat gasebo untuk bersantai, kolam ikan di tengah taman, rumah kayu dan jembatan bambu di sisi utara. Di bagian utara ada jalan setapak diantara pepohonan rimbun yang menciptakan suasana berjalan di tengah hutan alias jungle track. Jalan setapak ini mengarah ke sadranan Panji Joyo Subroto dimana tempat ini masih digunakan untuk ritual oleh beberapa masyarakat sekitar setiap hari kamis malam.

Telaga tenang di balik pohon karet raksasa ini sangat cocok untuk bersantai dan menyejukkan pikiran. Memiliki konsep back to nature yang kini masih dalam tahap pengembangan fasilitas, tempat wisata di Blitar ini akan menjadi tujuan wisatawan, bukan hanya yang suka hobi memancing saja.

Tips Wisata di Telaga Pacuh :

  1. Lokasi wisata Telaga Pacuh bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda 4.
  2. Bawalah alat pancing sendiri jika ingin memancing.
  3. Sebaiknya tidak berenang di area telaga.
  4. Jangan merusak taman dan tanaman lain di area Wisata Alam Paco.
  5. Jangan mengotori area wisata dan area danau.
  6. Area wisata cukup sepi selain hari libur. Jagalah sikap di area wisata.
  7. Jagalah kebersihan dan jangan melakukan vandalisme.


Related

Danau 3157262110133464769

Post a Comment

emo-but-icon

Wajib Dibaca

Recent

Comments

Artikel Terbaru

About Me

My photo

Traveler | IG : @traveladdict_ce
item