Menikmati Kesunyian Pantai Sanggar Tulungagung - Manusia Lembah

Menikmati Kesunyian Pantai Sanggar Tulungagung

Pantai Sanggar Tulungagung. Tentu sangat menyenangkan berada di pantai sunyi, alami, bersih, dengan panorama alam indah yang memanjakan mata. Ada berbagai tempat wisata pantai di Tulungagung yang sebagian sudah populer sehingga ramai dikunjungi wisatawan.

Ada juga beberapa pantai berlokasi cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan dengan panorama menawan yang sayang untuk dilewatkan. Pantai Sanggar merupakan salah satu pantai selatan yang menjadi buah bibir wisatawan karena pesona alamnya sangat menarik untuk dikunjungi ketika berada di Tulungagung.

Pantai Sanggar Tulungagung
Pantai Sanggar (8°17’50.0″S 111°54’36.4″E) berada di Dusun Ngelo, Desa Jelungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.  Petunjuk yang jelas ke Pantai Sanggar bisa dilihat ketika sudah mendekati daerah lokasi wisata. Jadi, mungkin cukup susah untuk menemukan arah ke lokasi wisata di Tulungagung yang baru dibuka ini. Cara yang mudah gunakan 2 GPS, Global Positioning System (GPS) dan Gunakan Penduduk Sekitar (GPS)

Berikut adalah rute ke Pantai Sanggar Tulungagung :
  1. Dari Terminal Gayatri Tulungagung : Dari terminal ke arah timur sekitar 500 meter. Setelah menemukan perempatan lalu lintas, ambil arah selatan, menuju ke Kecamatan Campurdarat.
  2. Dari arah barat : Dari arah barat seperti Malang, Surabaya, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Kediri maupun Blitar, bisa langsung ke pusat Kota Tulungagung. Kemudian menuju ke Kecamatan Campurdarat.

Sampainya di pertigaan Pasar Campurdarat, belok ke kiri ke arah Pantai Popoh. Sekitar 7 kilometer ada pertigaan SMA Negeri 1 Campurdarat, kemudian ambil arah ke kiri menuju Tanggunggunung. Ikuti jalan yang paling lebar hingga sampai di Pasar Tanggunggunung. Lanjutkan hingga menemukan pertigaan di depan SMP Negeri 1 Tanggunggunung dimana arah Pantai Sanggar ada di arah kanan.

Jalan yang dilalui sudah beraspal baik. Jalan berkelok-kelok naik turun tersaji di setiap perjalanan. Pemandangan perbukitan hijau bisa sedikit mengurangi rasa suntuk akibat perjalanan panjang yang cukup membingungkan. Mendekati lokasi wisata, jalan mulai rusak dan banyak aspal berlubang hingga sampai di kampung terakhir.

Kampung terakhir ditandai dengan gapura dan petunjuk Pantai Sanggar yang dilengkapi dengan gambar-gambar pantai pada banner besar,terpajang kokoh. Teruslah masuk ke gapura hingga menemukan gang menuju Pantai Sanggar Tulungagung di samping mushola.

Setelah membayar restribusi seiklasnya, perjalanan belum berakhir dan petualangan baru saja dimulai. Jalan sempit akan menjadi siksaan wajib yang harus dilalui menyusuri perkebunan penduduk di perbukitan. Jalan cor-cor'an hanya jalur pemanasan sebelum menyusuri jalan tanah bergelombang, naik turun dan berkelok-kelok. Jalan ini sangat sempit, jadi jika kedua motor saling bertemu, wajib mengalah salah satu.

Ada warung di tengah jalur dimana bisa digunakan untuk memarkir motor, tapi harus berjalan sekitar 1 jam untuk ke Pantai Sanggar. Jika cuaca cerah, motor bisa dibawa hingga ke bibir Pantai Sanggar.

Garis Pantai Sanggar
Area tempat wisata Pantai Sanggar lumayan luas dan dibatasi bukit hijau di kanan kirinya. Ayunan ombak khas pantai selatan dan putihnya pasir pantai masih menjadi sajian tetap tempat wisata pantai di Tulungagung ini.

Pemandangan menawan ditambah udara segar akan membuat suasana semakin nyaman untuk bercengkerama. Sejauh mata memandang, garis horison terpampang jelas tanpa terhalang karang. Pemandangan 'ombak menghempas karang' jarang bisa disaksikan.

Di sebelah kanan bukit tebing menjadi pembatas pantai. Batuan karang tampak 'terdampar' di bibir pantai, menghiasi pesisir Pantai Sanggar yang indah. Inilah satu-satunya tempat dimana tarian 'ombak menghempas karang' bisa disaksikan. Tak jauh dari pantai tampak Patuk Gebang yang bisa dikunjungi setelah trekking melewati bukit di sebelah kanan.

Batuan Karang
Selain Patuk Gebang bisa sekalian mengunjungi pantai lainnya seperti Jung Pakis, Kali Pucung dan juga Kedung Aqua. Namun, masih lelah karena perjalanan panjang?, camp di Pantai Sanggar sangat menarik dicoba sebelum melanjutkan petualangan esok hari.

Area Pantai Sanggar sudah bersih dari semak-semak dan di beberapa tempat bisa digunakan untuk camping ceria. Adanya warung makan yang berjajar tak jauh dari bibir pantai tak akan membuat repot jika membutuhkan logistik.

Cheers...

Tips Berwisata ke Pantai Sanggar Tulungagung :
  1. Perhatikan cuaca. Cuaca yang buruk akan mempengaruhi kondisi jalan menuju tempat wisata Pantai Sanggar.
  2. Berhati-hatilah berkendara selepas Desa Jelungharjo sampai ke Pantai Sanggar karena kondisi jalan mulai rusak dan cukup susah.
  3. Gunakan kendaraan roda 2 untuk berwisata ke Pantai Sanggar karena jalurnya memang tidak bisa dilalui kendaraah roda 4.
  4. Jika cuaca hujan, lebih baik memarkir motor dan dilanjutkan dengan jalan kaki sampai di area wisata Pantai Sanggar.
  5. Bawalah pelindung kepala dari sinar matahari karena saat siang hari, cuaca sangat panas ditambah jarangnya pepohonan rindang di sekitar pantai.
  6. Gunakan sepatu atau sandal anti selip untuk trekking.
  7. Jika tidak tau arah trekking menuju ke pantai-pantai yang lain sebaiknya tanya penduduk sekitar sebelum berangkat. Ada beberapa tikungan di bukit, jika salah jalan, bersiaplah untuk lebih lelah lagi.
  8. Dihimbau untuk berhati-hati jika berenang karena ombak pantai selatan yang besar cukup berbahaya.
  9. Kebersihan pantai sudah dijaga oleh penjaga warung-warung setempat, jadi jangan membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan lokasi wisata.
  10. jika tidak ingin dibuat bingung oleh rute jalan, lebih baik berwisata dengan orang yang pernah mengunjungi Pantai Sanggar.