Teluk Ijo - Surga Tersembunyi Banyuwangi - Manusia Lembah

Catatan Perjalanan, Informasi Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Teluk Ijo - Surga Tersembunyi Banyuwangi

Teluk Ijo Banyuwangi. Menikmati laut yang biru, bersih, tenang dengan pemandangan perbukitan dan ombak khas pantai selatan yang memukau? Catat Green Bay dalam rencana perjalanan selanjutnya. Teluk Ijo yang istilah lainnya di sebut Green Bay merupakan wisata pantai di sebelah selatan Banyuwangi. Sebagai tempat wisata di Banyuwangi, nama Teluk Ijo sangat populer. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan laut selatan yang berpadu dengan tebing karang dan dikelilingi perbukitan.

teluk ijo banyuwangi
Green Bay
Teluk Ijo terletak di area Taman Nasional Meru Betiri, tepatnya di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Map : Klik Disini). 

Ada beberapa alternatif rute ke Teluk Hijau Banyuwangi, yaitu :

  1. Dari Banyuwangi : Ke arah selatan melewati Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring hingga perempatan Desa Jajag, belok kiri. Kemudian ambil rute tujuan Desa Sukorejo - Desa Kesilir - Polsek Siliragung - Kantor Desa Sumbermulyo - Desa Sumberagung - Desa Kandangan - Terminal/Pasar Sarongan - Dusun Besaran - Dusun Bayuran - Dusun Rajegwesi - Teluk Damai/
  2. Dari Jember : Melalui Kecamatan Pakusari, Mayang dan Silo - Jalur Mrawan (Gumitir) - Kecamatan Kalibaru, Glenmore dan Genteng - Persimpangan Genteng Kulon - Desa Yosomulyo - Persimpangan Desa Jajag - Lanjutkan dengan rute sama via Banyuwangi.
  3. Dari Pantai Rajegwesi : Bisa dilakukan dengan menyewa perahu.


Jalan menuju Teluk Ijo Banyuwangi berupa makadam berbelok-belok, jadi harus  berhati-hati. Setelah mendekati lokasi wisata, jalan sudah beraspal hingga di pos perijinan. Dari pos perijinan, perkebunan karet - yang semua pohonnya cenderung mengarah ke barat/timur, menjadi pemandangan yang unik. 

Setelah parkir motor di area parkir Teluk Damai, dilanjutkan jalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai di gerbang masuk lokasi tempat wisata Teluk Ijo. Petualangan belum berhenti karena tenaga masih diperlukan. 

Untuk ke pantai, harus naik - turun tangga selama kurang lebih 10 menit hingga tampak bebatuan besar di sekeliling pantai yang teduh.

teluk ijo banyuwangi
Tempat Masuk Menuju Lokasi


Pantai ini disebut Teluk Ijo (Green Bay) karena air lautnya cenderung berwarna hijau. Tergolong laut selatan, ombak di Teluk Ijo cukup besar. Dihiasi bebatuan yang ada di batas pantai dan laut, menjadi pemandangan yang indah disaksikan, ketika gelombang ombak menghempas keras karang bebatuan di sekitar pantai. 

Sekedar berjalan-jalan ke atas batu karang maupun di pasir putihnya atau bermain air dan bersantai menikmati laut adalah hal yang cocok dilakukan di area tempat wisata ini.

teluk ijo
Bebatuan di Sekitar Pantai


Ada tebing di sebelah kiri. Jika naik ke atasnya dapat melihat seluruh pantai luas yang membentang dan juga pemandangan istimewa tebing-tebing karang di sebelahnya yang mirip dengan tebing yang ada di Tibet. Mungkin inilah Tibet'nya Banyuwangi.

teluk ijo
Pantai Sisi Kanan Dilihat dari Sisi Tebing
teluk ijo
Tibet'nya Teluk Ijo
Ada warung kecil di dekat parkiran motor, sehingga menikmati lautan dari ketinggian sambil melepas dahaga menikmati es degan sangatlah menarik untuk dilakukan. Jika masih ingin menikmati sisi Teluk Ijo yang lain, bisa turun ke Teluk Damai yang lokasinya bersebelahan. 

Tak jauh dari lokasi parkir juga ada rute menuju Goa Jepang yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kini tinggal pilih, tetap beranjak atau diam dalam hembusan angin teluk?.

Tips wisata di Teluk Hijau Banyuwangi : 

  1. Mencari lokasi wisata Teluk Ijo Banyuwangi cukup membingungkan karena di awal hanya ada penunjuk lokasi ke Pantai Pulau Merah. Jadi jika ingin kesana, ikuti saja petunjuk jalan menuju ke Pulau Merah.
  2. Sampai saat ini belum ada transportasi umum langsung dari Banyuwangi menuju Teluk Hijau. Namun, bisa menyewa Land Rover atau kendaraan jenis Trooper menuju Rajegwesi.
  3. Dari pemukiman penduduk Rajegwesi juga bisa dilanjutkan jalan kaki sekitar 2 kilometer ke Teluk Hijau.
  4. Gunakan alas kaki yang nyaman dan anti selip untuk trekking.
  5. Jangan mengotori area wisata maupun melakukan vandalisme.