Teluk Hijau Banyuwangi - Pesona Cantik Taman Nasional Meru Betiri - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Teluk Hijau Banyuwangi - Pesona Cantik Taman Nasional Meru Betiri

Teluk Ijo Banyuwangi. Menikmati laut yang biru, bersih, tenang dengan pemandangan perbukitan, sekaligus ingin merasakan petualangan tanpa batas?. Catat Green Bay dalam rencana perjalanan selanjutnya. Teluk Ijo (Green Bay) merupakan wisata pantai di selatan Banyuwangi. Menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi, Teluk Ijo sangat populer. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan laut selatan yang berpadu dengan tebing karang dikelilingi perbukitan.


Teluk Hijau Banyuwangi
Teluk Ijo terletak di area Taman Nasional Meru Betiri, tepatnya di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tidak hanya menyajikan panorama wisata pantai yang masih alami, berwisata ke Teluk Ijo juga tidak mudah karena siapapun akan disibukkan berpetualang hingga sampai ke tujuan.

Berjalan menembus hutan, masuk turun bukit, hingga menikmati lautan di atas perahu. Siapa yang tidak tertarik berlibur ke Teluk Ijo Banyuwangi ini ?


Rute ke Teluk Hijau

Ada beberapa alternatif rute ke Teluk Hijau Banyuwangi, yaitu : 

  • Dari Banyuwangi : Ke arah selatan melewati Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring hingga perempatan Desa Jajag, belok kiri. Kemudian ambil rute tujuan Desa Sukorejo - Desa Kesilir - Polsek Siliragung - Kantor Desa Sumbermulyo - Desa Sumberagung - Desa Kandangan - Terminal/Pasar Sarongan - Dusun Besaran - Dusun Bayuran - Dusun Rajegwesi - Teluk Damai.
  • Dari Jember : Melalui Kecamatan Pakusari, Mayang dan Silo - Jalur Mrawan (Gumitir) - Kecamatan Kalibaru, Glenmore dan Genteng - Persimpangan Genteng Kulon - Desa Yosomulyo - Persimpangan Desa Jajag - Lanjutkan dengan rute sama via Banyuwangi.
  • Dari Pantai Rajegwesi : Bisa dilakukan dengan sewa perahu atau trekking sekitar 2 kilometer. Bisa juga menyewa jasa ojek motor untuk mengantar ke puncak bukit. Sampai di puncak bukit, wajib tracking menyusuri jalan setapak yang sudah dicor beton sekitar 1 kilometer.

Transportasi

teluk ijo banyuwangi

Wisata Teluk Hijau Banyuwangi bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Untuk kendaraan pribadi bisa dititipkan di rumah penduduk sekitar atau langsung ke tempat parkir Teluk Hijau. 

Jika naik kendaraan umum, dari Terminal Jajag lanjutkan dengan bus kecil ke Pesanggaran, kemudian naik angkot jurusan Sarongan dan lanjut ke Pantai Rajegwesi menggunakan ojek. Angkot ke Sarongan hanya ada pada jam-jam tertentu, usahakan pagi hari. 

Jalan menuju Teluk Ijo Banyuwangi berupa makadam berbelok-belok, jadi harus berhati-hati. Setelah mendekati lokasi wisata, jalan sudah beraspal hingga di pos perijinan. Dari pos perijinan, perkebunan karet - yang semua pohonnya cenderung mengarah ke barat/timur, menjadi pemandangan yang unik. 

Setelah parkir motor di area parkir Teluk Damai, dilanjutkan jalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai di gerbang masuk lokasi tempat wisata Teluk Ijo. Petualangan belum berhenti karena tenaga masih diperlukan. 

Untuk ke pantai, harus naik - turun tangga selama kurang lebih 10 menit hingga tampak bebatuan besar di sekeliling pantai yang teduh.

Pesona Teluk Hijau Banyuwangi 

Teluk Hijau Banyuwangi

Pantai ini disebut Teluk Ijo (Green Bay) karena air lautnya cenderung berwarna hijau. Hal ini disebabkan alga yang tumbuh di dasarnya. Selain itu, perbukitan hijau semakin menambah nuansa hijau di pantai ini. 


Tergolong laut selatan yang identik dengan ombak besar, Teluk Ijo justru memiliki ombak yang tak terlalu besar. Meski begitu tetap dihimbau tidak berenang karena kedalaman airnya. Terlebih Teluk Hijau Banyuwangi ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.


Dihiasi bebatuan yang ada di batas pantai dan laut, menjadi pemandangan yang indah disaksikan, ketika gelombang ombak menghempas keras karang bebatuan di sekitar pantai. 

Sekedar berjalan-jalan ke atas batu karang maupun di pasir putihnya atau bermain air, snorkeling, bersantai menikmati laut hingga berburu foto-foto indah adalah hal yang cocok dilakukan di area tempat wisata ini.


Spot Teluk Hijau

Sebagai pantai alami menjorok ke laut, Teluk Hijau Banyuwangi ini memiliki banyak spot indah yang cocok untuk tempat berburu foto pemandangan alam. Diselimuti pasir lembut dan dibatasi bukit karang hijau, menikmati Teluk Hijau memang terbatas. Namun, jangan kira kalau pesona Teluk Hijau terbatas hanya disitu saja.

Berikut beberapa spot cantik di Teluk Ijo : 



1. Pantai Batu

pantai batu

Tidak hanya pasir putih bersih yang menjadi andalan, Teluk Hijau juga memiliki area pantai batu yang tak kalah indah. Sesuai namanya, pantai ini memiliki daratan pantai berupa batuan karang dan batuan kali berukuran cukup besar. Sebelum ke Teluk Hijau, perjalanan awal akan lebih dulu menemui Pantai Batu ini. 


Pantai Batu berada sekitar 50 meter di sebelah Timur Teluk Hijau. Pantai yang berupa bebatuan ini memaksa siapapun harus berjalan kaki untuk ke Pantai Batu karena perahu tidak bisa sandar. 


Pantai Batu dikenal dengan hamparan karang yang tersusun rapi dengan ukuran bervariasi. Konon, kawasan ini dulunya berpasir sebelum tsunami tahun 1994 yang menyebabkan permukaannya dipenuhi bebatuan dari dasar laut. 



2. Tebing Karang


Ada tebing karang di sebelah kiri Pantai Batu. Jika naik ke atasnya dapat melihat seluruh pantai luas yang membentang. Tebing-tebing karang di sebelahnya cukup unik, karena nyaris mirip dengan tebing yang ada di Tibet. Mungkin inilah Tibetnya Banyuwangi.

3. Pasir Putih

Teluk Hijau Banyuwangi


Sudah umum jika pesona pantai paling khas adalah pasir putihnya. Berbeda dengan Pantai Batu yang penuh batu, Teluk Hijau Banyuwangi ini memiliki hamparan pasir putih lembut dan bersih. 



Pantai ini nyaris tidak ada sampah plastik yang mengotori area wisata, termasuk pasir putihnya. Pasir putih bersih yang berpadu dengan gradasi air laut yang bening, akan menciptakan nuansa natural sekaligus cantik bagi siapapun yang datang .


4. Air Terjun

Teluk Hijau memiliki air terjun musiman di sebelah timur, berjarak sekitar 20 meter dari teluk. Air terjun setinggi 8 meter ini memiliki debit air sedang yang akan deras saat musim penghujan. Konon, air terjun ini dulunya digunakan untuk mandi para bidadari. 


Sayangnya air terjun ini hanya bisa dilihat saat musim hujan saja. Jadi saat musim kemarau, cukup menikmati pantai Teluk Hijau yang eksotis saja guys!


Jika masih ingin menikmati sisi Teluk Ijo yang lain, bisa turun ke Teluk Damai yang lokasinya bersebelahan. Tak jauh dari lokasi parkir Pantai Batu juga ada rute menuju Goa Jepang yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kini tinggal pilih, tetap beranjak atau diam menikmati hembusan angin teluk?.

Teluk Hijau Banyuwangi


Tips wisata di Teluk Hijau Banyuwangi :

  1. Mencari lokasi Teluk Ijo Banyuwangi cukup membingungkan karena di awal hanya ada penunjuk lokasi ke Pantai Pulau Merah. Jadi jika ingin kesana, ikuti saja petunjuk jalan menuju ke Pulau Merah.
  2. Jika naik mobil pribadi, sebaiknya menggunakan 4WD (Four wheel drive-red) atau sejenisnya, untuk mempermudah akses ketika melewati medan berat. 
  3. Pengelola wisata Teluk Hijau Banyuwangi memberlakukan kebijakan larangan adanya penjual di area pantai Teluk hijau. Jadi jangan lupa membawa bekal secukupnya.
  4. Gunakan alas kaki yang nyaman dan anti selip untuk trekking.
  5. Bawalah baju ganti dan peralatan mandi. 
  6. Jika ingin berkemah, koordinasikan dengan pihak pengelola karena ada tambahan tarif. 
  7. Jangan mengotori area wisata maupun melakukan vandalisme.

Informasi Wisata Teluk Hijau Banyuwangi : 

  • Lokasi : Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488 (Map : Klik Disini)
  • Area : Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi.
  • Buka / Tutup : 07.00 - 16.30
  • Pengelola : Seksi Pengelolaan Taman Nasional Meru Betiri Wilayah I Sarongan
  • HTM : Rp 5.000 - Rp 7.500 / orang
  • Aktivitas : Snorkeling, naik perahu, bersantai, bermain pasir, tracking.
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, kamar bilas, kamar ganti, tempat ibadah, warung makan, warung oleh-oleh, homestay
  • Penginapan Terdekat : Rafflesia Homestay Meru Betiri. 
  • Wisata Sekitar : Pantai Rajegwesi, Pantai Sukamade, Pantai Pulau Merah. 
>