4 Jalur Pendakian Gunung Kelud Populer, Mana Favoritmu? - Manusia Lembah

4 Jalur Pendakian Gunung Kelud Populer, Mana Favoritmu?

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang sangat terkenal di kalangan wisatawan dan pecinta alam. Disamping aktivitas vulkaniknya yang sering menjadi sorotan, gunung di Jawa Timur ini menawarkan pemandangan alam spektakuler. Pendakian Gunung Kelud menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan karena menyajikan trek cukup menantang.

Sebelum letusan tahun 2014, menikmati pesona alam dan kawah Gunung Kelud bisa dengan melalui jalur wisata resmi Gunung Kelud di Kediri. Namun, setelah letusan besarnya, pesonanya bisa dinikmati dari tempat wisata di Kediri dan beberapa jalur pendakian menarik. Bagi para pendaki gunung, bukan rahasia lagi kalau pendakian gunung berapi ini menawarkan pesona yang berbeda.

jalur pendakian
 
Ada beberapa jalur pendakian Gunung Kelud yang populer. Diawali dari pendakian via Tulungrejo yang paling populer, jalur pendakian lainnya pun perlahan mulai dikenal, seperti pendakian via Karangrejo, via Laharpang dan via Ngantru. Masing-masing jalur pendakian menawarkan tantangan berbeda yang banyak diminati para pecinta alam.

Daya Tarik Gunung Kelud


kawah gunung kelud

Sudah sejak lama Gunung Kelud dengan ketinggian 1.731 mdpl menarik para wisatawan. Sebelum letusan tahun 2014, pesona kawahnya yang indah dan sumber air panas yang mempesona, mampu mengundang banyak wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan, Gunung Kelud menjadi salah satu wisata populer di Jawa Timur kala itu.

Saat erupsi tahun 2014, anak Gunung Kelud muncul menutupi kawah tosca indahnya. Hal ini masih bisa dinikati dan menjadi daya tarik baru. Setelah letusan Gunung Kelud pada tahun 2014, kawahnya kembali bersih dan perlahan dipenuhi air kawah lagi seperti dulu.

Pemandangan kawah inilah yang menarik minat banyak orang. Jika pasca letusan kawahnya masih berwarna cokelat, sekarang kawah tosca yang indah sudah terpampang dengan jelas. Wisata Gunung Kelud menjadi wisata di Kediri yang kembali populer, bersaing dengan jalur pendakian yang mengelilinginya.

Jalur Pendakian Gunung Kelud

 

1. Tulungrejo


gunung kelud

Lokasi Basecamp : Celeng, Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
HTM : Rp. 15.000
Estimasi Waktu : 5 jam
Lokasi Camp : Pos 3, Camp Lembu Suro
Puncak : Puncak Mahesosuro, Puncak Selo Jumeneng, Puncak Selo Agung.


Jalur pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo adalah yang paling populer karena terletak di area wisata Hutan Pinus Loji. Ini juga menjadi jalur pendakian yang sangat ramah untuk pendaki pemula, karena di awal pendakian menyajikan trek cukup ringan dan tidak begitu curam. Pos 3 yang menjadi tempat camp favorit ada di puncak bukit dan meyajikan pemandangan perbukitan indah di sekitarnya.

Selain Pos 3, bisa juga camp di batas vegetasi atau camp Lembu Suro, tetapi harus menuruni bukit yang cukup curam, terbayang kan bagaimana baliknya?, Dari batas vegetasi inilah pendakian menantang dimulai. Pendakian mendaki medan berbatu dan melipir tebing akan mengantar hingga ke Puncak Gunung Kelud dengan panorama kawah aktifnya.

2. Karangrejo


pendaki gunung

Lokasi Basecamp : Ringinrejo, Karangrejo, Kec. Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
Estimasi Waktu : 3,5 - 4 jam
Lokasi Camp : Pos 5, Camp Area.
Puncak : Puncak Plontos, Puncak Lembu Suro


Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo memiliki trek yang lebih panjang dan menantang dari Tulungrejo, tetapi sama-sama menawarkan panorama yang indah. Untuk memulainya, harus melalui perkebunan yang hanya bisa diakses kendaraan roda 2 ke titik start. Dari sana sudah ada pos untuk parkir motor, meski belum dikelola secara resmi.

Dari titik awal pendakian hingga Pos 5 trek pendakian landai dan tidak ada tanjakan-tanjakan melelahkan. Barulah dari Pos 5, kawasan terbuka, menampakkan perbukitan hijau yang indah. Dari Pos 5, medan pendakian beragam, mulai melipir lereng bukit, naik turun bukit hingga sampai di batas vegetasi menanjak yang sangat melelahkan.

Setelah mendaki trek berpasir, akan sampai di Puncak Plontos dan harus turun bukit untuk melalui trek berpasir dan berbatu sebelum ke puncak. Puncak Gunung Kelud via Karanrejo berupa bibir kawah yang tidak luas, tetapi panoramanya sangat indah karena kawah tampak relatif dekat dibanding jalur pendakian lainnya.

3. Laharpang


puncak gunung kelud

Lokasi Basecamp : Laharpang, Puncu, Kec. Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
HTM : Rp. 15.000
Estimasi Waktu : 6 jam
Lokasi Camp : Puncak Gajah Mungkur
Puncak :Puncak Gajah Mungkur, Puncak Kawah Kelud


Jika ingin pendakian menantang, jalur pendakian Gunung Kelud via Laharpang ini bisa dicoba. Sudah menyajikan tantangan mulai dari awal pendakian, ini adalah jalur pendakian terberat yang terkenal di kalangan pendaki. Bagaimana tidak?, tiap pos pendakian semuanya ada di puncak bukit!, sehingga naik turun enam bukit akan menjadi tantangan yang tak mudah.

Tidak ada sumber air dengan medan menanjak menurun tanpa ampun menjadikan rute Laharpang tidak terlalu banyak diminati. Padahal, pengalaman dan pesona yang ditawarkan benar-benar luar biasa!. Ada banyak panorama terbuka yang bisa dinikmati di Pos 1, sepanjang perjalanan ke Puncak Gajah Mungkur hingga Puncak Kawah.

Meski terbilang berat, tidak sedikit pendaki yang ingin menguji kesabarannya disini guys!. Bahkan tantangannya tidak kalah dengan gunung-gunung dengan tinggi 3.000an lho!. Kalau ngaku pendaki gunung sejati, jangan segan mencoba treknya yang benar-benar menguji ketahanan dengkulmu.

4. Ngantang


Lokasi Basecamp : Tepus, Ngantru, Kec. Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
HTM : Rp. 10.000
Estimasi Waktu : 6 jam
Lokasi Camp : Pos 5
Puncak : Puncak Kawah

Ini adalah jalur baru pendakian Gunung Kelud yang bisa dicoba selanjutnya. Proses eksplorasi jalur dimulai pada tahun 2019 - 2021 dan perijinan dari Perhutani disetujui pada 2023. Dari basecamp, bisa langsung parkir di Pos 1 naik motor guys!.

Dari Pos 1, kawasannya terbuka dan menampakkan panorama gunung-gunung di sekitarnya. Menjadi jalur pendakian baru, jalurnya masih rapat dan sangat menantang. Dari Pos terahir ke puncak, pendakian didominasi pasir dan batuan, sehingga dibutuhkan kewaspadaan tinggi.

Itu adalah empat jalur pendakian Gunung Kelud yang bisa dicoba. Untruk trek yang ringan bisa mencoba via Tulungrejo, sedangkan jika ingin mencoba jalur baru yang cukup menantang bisa lewat Laharpang dan Ngantang. Jika via Karangrejo, pastikan rame-rame karena trek cenderung sepi.   

Tips Pendakian Gunung Kelud :

 
  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. Untuk jalur Laharpang bawalah trecking pole.
  2. Lengkapi logistik, khususnya air sebelum melakukan pendakian.
  3. Jika dapat menyingkat waktu, pertimbangkan menggunakan ojek.
  4. Pakailah pelindung kepala, karena selepas vegetasi sangat terik saat cuaca cerah.
  5. Jika tidak ingin camp sebaiknya tidak membawa terlalu banyak barang, karena trek pendakian cukup berat khususnya via Laharpang.
  6. Jika ingin tektok sebaiknya mulai di bawah jam 8 pagi.
  7. Jangan membuang sampah sembarangan di sepanjang jalur pendakian Gunung Kelud dan jangan vandalisme.