Wisata Setigi Gresik, Destinasi Cantik di Bukit Sekapuk - Manusia Lembah

Wisata Setigi Gresik, Destinasi Cantik di Bukit Sekapuk

Wisata Setigi Gresik merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah cukup lama menjadi sorotan di Jawa Timur. Menawarkan pesona bekas tambang bukit kapur yang telah didesain unik, tempat wisata di Gresik ini cukup ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kalangan. Berada di kawasan Bukit Sekapuk, panorama alam dan spot-spot menariknya sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya pusatnya wisata religi, kini ada bukit kapur indah yang dikelola menjadi destinasi cantik layaknya Tebing Breksi Jogja. Memiliki area yang luas, kawasannya mampu menawarkan indahnya guratan tebing yang estetik, danau hijau hingga air terjun buatan yang menyegarkan. Paduan pesona alami dan buatan menjadikan wisata alam Setigi menjadi yang populer di Kabuapaten Gresik.

danau zambrud

Rute


Wisata Setigi Gresik berada di Desa Sekapuk, Kecamattan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk kesana, ada beberapa rute yang bisa ditempuh, yaitu :
  • Dari Surabaya : Melalui Tol Surabaya - Gresik - Jalan Dandeles - Jalan Raya Sekapuk, atau melalui Jalan Tambak Langon - Jalan Veteran - Jalan Raya Gresik-Babat - Jalan Dandeles - Jalan Raya Sekapuk.
  • Dari Lamongan : Melalui Jalan Raya Gresik -Lamongan Jalan Karang Binangun - Jalan Raya Kertosono Sidayu - Jalan Dandeles - Jalan Raya Sekapuk.
  • Dari Tuban : Melalui Jalan Raya Tuban - Jalan Dandeles - Jalan Raya Sekapuk.

Meski lokasi wisata ini masuk ke jalan Desa, tetapi tidak jauh dari jalan raya utama. Aksesnya juga sudah sangat baik dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Untuk mempermudah, bisa menggunakan gmaps.

Daya Tarik Setigi Gresik


setigi

Wisata Setigi Gresik awalnya merupakan kawasan bukit kapur yang ditabang sejak tahun 1950. Ketika aktivitas tambang berhenti, lambat laun kawasannya banyak dikunjungi karena menyisakan bentuk-bentuk estetik pada tebing-tebingnya. Hingga kemudian, pada awal tahu 2018, pemerintah desa mengembangkan kawasan ini menjadi tempat wisata di Gresik.

Setigi yang merupakan kependekan dari Selo, Tirto dan Giri ini merupakan kawasan wisata alam bertema peradaban. Sehingga di dalamnya banyak miniatur bangunan hingga bangunan buatan yang menyiratkan tentang sejarah.

Menariknya, tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Bukit Sekapuk ini memiliki banyak spot ikonik seperti Tangga Drajat, Mushola Madina, Mushole Persia, Candi Topeng Nusantara, Danau Zambrud dan sebagainya. Disini tidak hanya menyawarkan panorama alam semi buatan saja tetapi juga identik dengan bangunan khas nusantara.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan


tempat wisata di gresik

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Wisata Setigi Gresik. Lokasi parkirnya berada di ujung kawasan, Di area parkir, ada beberapa gazebo untuk beristirahat, Mushola Madina, Museum Batu Karst, area ATV dan Tangga Drajat.

Di ujung Tangga Drajat, kawasan Bukit Sekapuk tampak luas membentang. Tampak bekas galian tambang yang indah membentuk dinding tebing spektakuler. Setelah puas menikati pemandangan, ada Terowongan Bahagia yang menjadi pintu masuk kawasan inti wisata Gresik ini.

1. Explore Kawasan Wisata Sekapuk Gresik


Wisata alam Bukit Sekapuk ini menjadi destinasi wisata di Gresik yang cukup populer. Areanya cukup luas dan banyak hal yang bisa kamu lakukan atau kunjungi. Setelah memasuki terowongan, kamu bisa jalan-jalan ke area Watu Jodoh, atau Mushola Persia.

 bukit sekapuk

Mushola Persia tempatnya ada di ketinggian, jadi perlu naik tangga di dekat Pasar Kuliner untuk Kesana. Selain itu, di kawasan ini ada Monumen Setigi, patung Ki Begawan Setigi, JBK (Jorongan Batu Karst), Panggung Batu, pendopo dan Candi Topeng Nusantara. Meski candi buatan, desainnya sangat etnik di dekat ukiran batu Topeng Suku Asmat yang estetik. 


Patung Ki Begawan Setigi Abdul Halim ada di tengah area yang namanya juga diukir dalam aksara Jawa. Di bawahnya tertulis pesan menarik "...Urip wajib asor nanging ojo nganti kasoran..." Senin Legi, 12-10-2020.
 

2. Menyejukkan Mata di Danau Zambrud


wisata alam setigi

Seperti namanya, Danau Zambrud merupakan danau buatan berwarna hijau yang paling mencolok di Wisata Setigi Gresik. Sekeliling danau didekorasi layaknya alam bebas, dimana terdapat Taman Desa yang rindang, gazebo dan pondokan kecil tepat di tepi danau.

Di tengah danau, membentang jembatan putih yang menghubungkan ke pondok-pondok beratap kerucut. Jika ingin lebih seru, ada perahu bebek yang bisa menjadi sarana refreshing bersama keluarga dan orang tercinta!.

3. Kulineran di Pasar Kuliner


wisata alam setigi

Tidak perlu kawatir kelaparan saat berada di wisata Setigi Gresik, karena berbagai resto dan cafe tersedia untuk memanjakan perut. Di dekat terowongan masuk, ada King Cafe BPD dan Pasar Kuliner, di dekat Topeng Suku Asmat, ada Cafe Pokdarwis Setigi dan dia dekat kolam renang, ada Warung Desa Milyarder. Hanya perlu memilih dimana untuk nongkrong sekaligus bersantai.


4. Melihat Area Semar dan Goa Pancawarna


bukit sekapuk

Ada yang unik di wisata Setigi Gresik selain danau, yaitu Goa Pancawarna dengan patung Semar di depannya. Mulut goa cukup lebar, tetapi masih dibatasi pagar besi, sehingga hanya bisa dilihat dari luar.

Namun, panorama dari depan gua ke arah danau sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Apalagi ada air terjun buatan yang meluncur dari puncak tebingnya.

5. Berenang


wisata gresik

Meski berada di bukit kapur yang terkesan panas, ada kolam renang untuk menyegarkan diri juga. Ada dua area kolam renang yaitu Kolam Renang Banyu Gentong dan Pemandian Hijaber. Kolam Banyu Gentong Setigi Gresik terbilang unik karena ada tiga kolam dengan warna yang didekorasi berbeda yaitu biru keputihan, cokelat dan tosca.

Tak jauh dari kawasan kolam, ada Rumah Kelinci dan Rumah Kucing, dimana pengunjung bisa berinteraksi memberi makan secara langsung. Selain itu ada Nogo Giri Pancoran, patung Gopala & Dwarapala dan Goa Emas yang menarik juga untuk dikunjungi.

Fasilitas Wisata Setigi Gresik

wisata gresik

Dikelola oleh pemerintah desa setempat, fasilitas wisata Setigi Gresik terbilang lengkap. Fasilitas umumnya berupa area parkir, mushola, cafe & warung, stan aksesoris, kolam renang, kamar mandi & toilet, gazebo dan wahana ATV. Selain itu ada Panggung Batu yang dimanfaatkan untuk pertunjukan.

Ada tiga mushola yang ada di kawasan ini yaitu Mushola Madina, Mushola Persia dan Mushola Jawa. Di kawasan wisata sudah ada beberapa gazebo yang tersebar di beberapa spot. Kawasan wisata Gresik ini masih terus dikembangkan dan mungkin nantinya ada fasilitas penunjang untuk pengalaman wisata yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional


Harga tiket masuk wisata Setigi Gresik dibanderol sekitar Rp. 10.000 (anak) dan Rp. 30.000 (dewasa) termasuk snack untuk weekend dan hari libur nasional. Untuk weekday tiket dibanderol Rp. 10.000 (anak) dan Rp. 15.000 (dewasa) termasuk parkir. Wisata ini buka mulai jam 08.00 - 17.00 dan mungkin bisa berubah sewaktu-waktu.

Tips :

  1. Jika ingin menghindari keramaian, hindari datang di hari libur.
  2. Bawalah baju ganti jika ingin berenang.
  3. Bawalah pelindung kepala seperti topi dan payung karena kawasannya cukup panas.
  4. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk jalan-jalan di kawasan bukit kapur.
  5. Dihimbau tidak memberi makan sembarangan pada kelinci maupun kucing yang ada di Rumah Kelinci.
  6. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.
  7. Jika ingin mengadakan acara atau kegiatan komunitas bisa menghubungi pengelola terlabih dahulu.

Informasi Wisata Setigi Gresik :

  • Lokasi : Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka/Tutup : 08.00 - 17.00
  • HTM : ± Rp. 30.000
  • Fasilitas : area parkir, mushola, cafe & warung, stan aksesoris, kolam renang, kamar mandi & toilet, gazebo, panggung batu,
  • Wahana : Sepeda air, ATV.
  • Aktivitas : Berenang, bersantai.
  • Wisata Terdekat : Agrowisata Kebun Pak Inggih, Wagos Wisata Alam Gosari.