Mau Liburan? Ini 5 Tips Memilih Tas Koper Sesuai Kebutuhan - Manusia Lembah

Mau Liburan? Ini 5 Tips Memilih Tas Koper Sesuai Kebutuhan

Tas koper merupakan sejenis tas yang digunakan untuk menyimpan pakaian ketika akan berpergian. Benda ini juga tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa memuat barang bawaan sesuai dengan kebutuhan. Kamu dapat membawa koper untuk perjalanan jauh ataupun membawa barang-barang yang cukup banyak dengan mudah.

Koper memiliki bentuk pada umumnya persegi panjang, terbuat dari logam, plastik, kain, maupun kulit. Harga tas koper tentunya berbeda-beda melihat dari kualitas dan juga ukurannya. Untuk ukuran koper sendiri yang paling kecil, yaitu 18 inch, 20 inch, hingga yang terbesar 32 inch.

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin membeli koper, karena saat ini banyak dijumpai di toko koper terdekat. Jika berencana membeli koper untuk keperluan perjalanan bisnis maupun liburan, baiknya memperhatikan beberapa hal berikut karena banyak merk tas koper yang sudah beredar di pasaran, seperti tas koper polo, president, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Tas Koper Sesuai Kebutuhan


1. Pilih ukuran yang sesuai



Ukuran yang terlalu besar akan menyulitkan kamu untuk membawa barang-barang. Sementara untuk ukuran yang kecil tidak bisa menampung sesuai kebutuhan. Pertimbangkan apakah kamu jika bepergian akan membawa barang bawaan banyak atau sedikit.

Apakah kamu memerlukan koper yang besar atau kecil?. Sebab ada banyak ragam ukuran koper, mulai dari ukuran 15 – 24 inch hingga yang terbesar 32 inch. Koper kabin kecil dan compact kisaran ukurannya 15-19 inch dengan besar sekitar 30 cm x 17 x 40 cm. Koper tersebut tidak direkomendasikan untuk perjalanan dengan waktu yang lama dan cocok untuk berpergian dengan jarak waktu yang singkat sekitar 1-4 hari.

Sedangkan tas koper kabin medium biasanya berukuran 20 inch dengan kapasitas yang cukup besar. Tas koper ini memiliki dimensi sekitar 56 cm x 37 cm x 22 cm yang dapat memuat beberapa pakaian hingga barang-barang elektronik, speerti laptop maupun gadget. Koper medium masih bisa masuk di kabin pesawat dan dapat digunakan untuk perjalanan yang cukup lama.

2. Pertimbangkan jenis tas koper



Ingin membeli tas koper softcase atau hardcase? Masing-masing jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Tas koper softcase cenderung lebih ringan karena dibuat dengan bahan kain yang tebal. Selain itu bahan softcase memiliki daya tampung yang banyak, sehingga kamu dapat menyimpan lebih banyak barang.

Kelebihan lainnya, yaitu tas jenis ini lebih mudah di buka tutup secara praktis walaupun ditempatkan di area yang sempit serta tahan banting karena berbahan kain. Tetapi tas ini tidak disarankan untuk menyimpan barang-barang elektronik maupun dibawa ke medan yang berat karena bahannya kurang bisa memberi aman dan mudah sobek.

Dibanding dengan softcase, tas koper hardcase lebih awet dan anti air. Sebab mayoritas tas hardcase memiliki jenis bahan polycarbonate yang cenderung lebih keras di bagian luar, sehingga tahan terhadap guncangan dan barang-barang elektronik pastinya lebih aman.

Tas hardcase juga mudah dibersihkan dengan lap basah, jadi tak perlu mencuci seluruh bagian tas. Kelemahan tas koper hardcase yaitu lebih berat dibandingkan softcase, maka dari itu tas ini juga dilengkapi dengan 4 roda di bagian kaki agar lebih mudah dibawa.

3. Pilihlah bahan yang kuat



Pilih koper yang bagus dari bahan berkualitas agar tidak cepat rusak saat digunakan nantinya, karena bahan koper juga sangat penting diperhatikan. Tas koper terbuat dari macam-macam bahan, seperti ABS, polycarbonate, kulit sintetis, dan kain tebal. Macam-macam bahan memiliki kelebihan dan kekurangan serta memiliki bobot pada tiap jenis bahannya.

Terdapat bahan polycarbonate yang cenderung anti bentur, memiliki permukaan yang kaku, dan, memiliki konstruksi yang kokoh. Selain itu, bahan ini juga dapat memantulkan cahaya sehingga warna yang dihasilkan juga lebih menarik.

Sedangkan bahan ABS (Akrilonitril Butadiena Stiren) termasuk bahan yang paling ringan daripada polycarbonate. Walaupun paling ringan, tetapi bahan ABS ini tetap menjadi primadona para konsumen, sebab bahan ini tetap kokoh dan dapa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

4. Pilih roda dan pengaman yang baik



Pilihlah koper yang mempunyai roda yang kuat dan dapat bergerak dengan mudah. Pada tas koper, terdapat 2 bagian maupun 4 bagian pemasangan roda pada kaki koper, dan biasanya roda dapat digerakkan hingga 360 derajat. Jika ingin lebih mudah membawa, pilih tas dengan 4 bagian roda.

Selain itu, pengaman koper juga penting agar bisa menjaga barang bawaan kamu. Terdapat pengamanan dengan teknik kissing puller atau slot gembok tambahan. Ada juga tas yang sudah dilengkapi dengan TSA Lock, agar kamu tak merasa kawatir koper bisa dibongkar.
 

5. Pilih toko yang terpercaya



Carilah info atau pilihan produk terbaik dari sumber di internet seperti ceklist.id yang akan memberikan pilihan lemari yang bagus dan berkualitas. Pilih toko yang terpercaya dan memiliki garansi agar bisa mendapatkan tas koper yang sesuai dan memiliki kualitas yang baik. Kamu juga dapat merasa tenang dan aman jika terjadi kerusakan pada koper, kamu dapat mengklaim garansi.

Itu adalah beberapa tips memilih tas koper untuk membantumu membuat keputusan. Selain itu pertimbangkan juga jumlah saku dan kompartemen untuk memudahkan mengatur barang bawaan. Dari semua tips diatas, tetap pilih tas yang harganya sesuai dengan budget dan dari merk terpercaya ya!