Pantai Gemah Tulungagung, Wisata Baru Populer di Bumi Marmer - Manusia Lembah

Pantai Gemah Tulungagung, Wisata Baru Populer di Bumi Marmer

Tulungagung menyimpan banyak wisata pantai, seperti tetangganya, Blitar. Jika dulu masih ada beberapa pantai populer yang bisa dikunjungi, kini banyak akses ke pantai-pantai selatan seiring dibangunnya Jalur Lintas Selatan (JLS). Ini pula yang menjadikan Pantai Gemah Tulungagung semakin dikenal dan menjadi salah satu destinasi populer.

Menjadi salah satu wisata baru di Tulungagung, Pantai Gemah sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan luar daerah. Bahkan, fasilitas yang menarik juga dibangun di area pantai yang sangat luas. Disini tidak hanya bisa bersantai menikmati suasana pantai, tetapi juga aktivitas seru yang cocok untuk liburan keluarga.

tiket masuk Pantai Gemah

Rute


Pantai Gemah berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju kesana sangat mudah dan bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Langsung arahkan kendaraan ke JLS melintasi jalur Pacitan - Trenggalek - Tulungagung.

Sudah ada petunjuk arah yang sangat jelas untuk sampai ke pantai. Jika kurang jelas, bisa menggunakan GPS atau bertanya penduduk sekitar. Dari terminal Tulungagung, perjalanan hingga ke pantai bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Sedangkan dari Blitar bisa ditempuh sekitar 2 - 2,5 jam perjalanan.

Daya Tarik Pantai Gemah Tulungagung

Pantai Gemah Tulungagung

Menariknya wisata di Tulungagung ini bisa dirasakan saat perjalanan melintasi Jalur Lintas Selatan menuju lokasi. Pemandangan dataran tinggi yang indah dan asri membuat perjalanan sangat menyenangkan. Apalagi, garis horizon lautan yang terlihat dari ketinggian akan membuat siapapun tak sabar untuk segera tiba.

Pantai Gemah Tulungagung memiliki area yang sangat luas, sehingga banyak hiburan menarik yang bisa disaksikan maupun dilakukan disana. Pasir kecoklatan dengan garis pantai panjang membuatnya cocok untuk liburan keluarga karena menghabiskan waktu disini pasti tidak ada bosan-bosannya!. Pohon yang berjajar di tepian pantai menjadikan area bersantai yang sangat nyaman dan strategis.

Aktivitas Menarik yang bisa Dilakukan


Lokasinya yang luas membuat banyak aktivitas menarik bisa dilakukan disini. Area teduh di sepanjang pantai pun selalu penuh wisatawan yang datang untuk sekedar bersantai. Namun, bukan itu saja yang bisa dilakukan lho!.

1. ATV

pantai di Tulungagung

Area pantainya yang luas membuat Pantai Gemah cocok untuk bermain ATV (All Terrain Vehicle) dan mini trail. Bahkan, di sepanjang bibir pantainya sudah banyak penyewaan ATV yang bisa dipilih. Tarif sewa sekitar 100 ribu/jam tergantung cc motor dan lokasi sewa.

2. Naik Perahu & Delman

wisata Tulungagung

Ingin liburan di pantai yang tidak biasa?, bisa dilakukan dengan naik perahu!. Dengan tarif Rp. 20.000/orang dengan fasilitas jaket pelampung, perahu akan membawa mengelilingi pulau di sekitar Pantai Gemah. Tentu ini akan menjadi pengalaman seru di pantai selatan!.

Lelah di lautannya, bisa juga menyusuri dengan naik delman yang lebih tradisional. Delman akan membawa menyusuri garis Pantai Gemah yang panjang dengan cara unik dan santai.

3. Bermain Banana Boat


Ingin yang lebih menantang?, ada banana boat yang bisa dicoba. Wahana air di Pantai Gemah ini cukup populer dan menantang!. Dengan tarif sekitar Rp. 30.000/orang, siap-siaplah menyusuri tengah lautan untuk dihempaskan ke air yang dingin!.

4. Flying Fox


Wahana satu ini sangat disukai anak-anak saat liburan, tak terkecuali pantai Gemah. Wahana ini akan membawa siapapun melihat pemandangan di atas ketinggian dengan tarif sekitar Rp. 35.000/orang. Tempat terjunnya cukup tinggi lho!, jadi wajib mempersiapkan adrenalin ya!.

5. Menyusuri Pantai & Bersantai

wisata di Tulungagung

Tak sedikit wisatawan yang bersantai di tepi Pantai Gemah untuk melihat aktivitas di sekitarnya maupun menikmati panorama alam. Jika ingin lebih rileks, bisa menyewa jasa pijat yang ada di sekitar pantai juga lho!

Pantai Klatak
Gua & Pantai Klatak

Menariknya, di sebelah barat pantai ada tebing karang dengan gua yang menyatu dengan pantai sebelah, Pantai Klatak. Gua unik ini letaknya di tepian agak menjorok ke laut, tetapi tetap bisa diakses siapa saja yang ingin jalan-jalan ke pantai sebelah.

Fasilitas Pantai Gemah


Fasilitas di Pantai Gemah Tulungagung terbilang lengkap, seperti area parkir luas, toilet, kamar mandi, mushola, penyewaan ATV, mini trail & tikar, jasa pijat, warung aneka menu dan penginapan. Sayangnya, dibalik keindahan pantai, banyak sampah berserakan di area pantai yang bisa mengurangi antusias wisatawan nantinya.

Pantai Gemah Tulungagung

Hal ini karena kurangnya kesadaran wisatawan dan kurangnya fasilitas tempat sampah yang mungkin harus ditambah jumlahnya dan kawasan wisata rutin dibersihkan. Mungkin selain papan peringatan agar tidak berenang terlalu ke tengah, bisa ditambahkan juga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Harga Tiket dan Jam Operasional


Harga tiket Pantai Gemah dibanderol sekitar Rp. 8.000 / orang termasuk asuransi jiwa, tetapi belum termasuk parkir. Tempat wisata di Tulungagung ini buka untuk umum setiap hari yaitu Senin - Jumat 09.00 - 17.00 dan Sabtu - Minggu 08.00 - 17.00. Untuk yang menginap di lokasi bisa sepuasnya 24 jam.

wisata Tulungagung
Cheers...

VIDIO PANTAI GEMAH : KLIK DISINI

Tips :

  1. Waktu terbaik berkunjung adalah pagi dan sore hari menjelang sunset.
  2. Bawalah uang yang cukup jika ingin mencoba berbagai wahana yang ada di pantai.
  3. Bawalah baju ganti jika ingin basah-basahan atau bermain wahana banana boat.
  4. Jangan lupa membawa penutup kepala dan sunblock untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari.
  5. Termasuk pantai selatan, disarankan tidak berenang terlalu ke tengah.
  6. Berhati-hatilah saat mencoba aneka wahana dan utamakan safety.
  7. Jika ingin ke Pantai Klatak bisa melalui goa di sebelah barat pantai.
  8. Jika ingin menikmati waktu lebih lama, bisa menyewa penginapan di Tulungagung atau penginapan dekat pantai Gemah.
  9. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.
 

Informasi Wisata Pantai Gemah Tulungagung :

  • Lokasi : Keboireng, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : Senin - Kamis 09.00 - 17.00 ; Jumat - Minggu 08.00 - 17.00
  • HTM : Rp. 5.000 - Rp. 10.000
  • Aktivitas : Bersantai, berfoto, camping, bermain wahana, menyusuri pantai.
  • Fasilitas : Area parkir, warung, gasebo, toilet, kamar mandi, penyewaan tikar, water sport, jasa pijat, homestay.
  • Wahana : ATV, minitrail, speedboat, flying fox, perahu nelayan, delman,
  • Wisata Terdekat : Pantai Midodaren, Pantai Klatak.