Bukit Kapur Arosbaya - Satu Lagi Keunikan dari Pulau Garam

Bukit Kapur Arosbaya. Mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan ada tempat wisata menarik di di Madura. Istilah wisata bukit kapur di pulau garam tidak hanya di Bukit Jaddih. Meski Bukti Jaddih termasuk tempat wisata di Madura yang populer, ada bukit kapur lain yang tidak kalah cantik dengan yang ada di Bukit Jaddih, bahkan keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Mungkin Bukit Kapur Arosbaya masih terdengar asing, tetapi tempat wisata ini merupakan salah satu keistimewaan di Madura yang perlu dikunjungi. 
Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Kapur Arosbaya
Bukit Kapur Arosbaya berada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Bukit Kapur Arosabaya dikenal juga dengan nama Bukit Pelalangan. Rute ke Bukit Arosbaya sangat mudah dan bisa ditempuh dengan dua opsi : 
  1. Dengan kendaraan pribadi : Dari Bangkalan langsung menuju ke Kecamatan Arosbaya dan ikuti jalan ke situs religi Makam para Raja Bangkalan 'Air Mata Ibu' (Pasarean Air Mata). Ikuti petunjuk arah di jalan kecil sebelah kanan di Pasarean Aermata dan ikuti jalur sampai ke lokasi Bukit Pelalangan.
  2. Dengan transportasi umum : Dari arah Pelabuhan Kamal, bisa naik angkutan umum L300 dan turun di pertigaan lampu merah Kecamatan Arosbaya. Kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum ke Pesarean Rato Ebu.
Bukit Kapur Arosbaya dulunya adalah lokasi tambang kapur yang kini dijadikan objek wisata baru di Madura. Keindahan Bukit Arosbaya sudah tampak ketika sampai di tempat awal atau lokasi parkir. Sebagian kecil guratan tebing-tebing kabur yang masih tinggi menjulang akan membuat rasa penasaran semakin menggebu-gebu.

Sisa pahatan para penambang meninggalkan guratan relief yang sangat cantik dan menawan, sebuah karya seni tak disengaja yang terbilang istimewa. Bukit kapur yang tinggi menjulang dan tampak terbelah, menciptakan jalan masuk ke dalam area-area lainnya, termasuk gua-gua kecil yang tercipta karena aktifitas pertambangan. Tebing-tebing tinggi inilah yang akan berada di sekeliling saat mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya. Seiring berjalannya waktu, batuan kapur yang tadinya putih berubah menjadi gradasi berbagai warna.
Bukit Kapur Arosbaya
Guratan Relief Bukit Kapur Arosbaya
Tumbuhan liar yang tumbuh subur di beberapa sisi Bukit Kapur Arosbaya menambah keeksotisan sekaligus menciptakan suasana rindang. Guratan - guratan yang memenuhi tebing akan semakin sempurna dengan sentuhan sinar matahari terik yang masuk diantara celak-celah tebing, menciptakan sebuah momen istimewa bagi seorang photographer. Polesan sinar matahari juga masih berperan besar pada sore hari ketika sinar jingga'nya mendarat di sekujur tebing Bukit Kapur Arosbaya. Warna bukit kapur yang kecoklatan seakan berubah warna emas kemerahan, sehingga seakan-akan Arosbaya sudah berpindah ke gurun pasir.
Bukit Kapur Arosbaya
Next Spot

Sama - sama bukti kapur, apa bedanya dengan Bukit Jaddih Madura yang populer itu?

Sekilas pandang, warna keduanya berbeda. Tempat Wisata Bukit Jaddih memiliki warna bukit kapur yang putih dengan area perbukitan hijau yang menawan. Sedangkan Bukit Kapur Arosbaya cenderung berwarna coklat dan menyajikan tebing-tebing tinggi dan kokoh dengan sisa pahatan yang indah. Saat memasuki Bukit Kapur Arosbaya, akan terasa suasana dimana tidak sedang berada di Indonesia. Kedua bukit ini layaknya Yunani dan Tibet, hehee maybe
Bukit Kapur Arosbaya
Hello (Tibet)
Pada dasarnya, keunikan Bukit Kapur Arosbaya ini terletak pada pahatan rapi yang tampak sangat presisi akibat ekplorasi warga sekitar dan hal tersebut tidak ditemukan di bukit kapur lain di Madura. 

Cara penambangan yang dilakukan di Bukit Kapur Arosbaya masih tradisional tanpa bantuan alat berat. Sebagai lokasi tambang kapur, mungkin suatu saat bentuk Bukit Kapur Arosbaya akan berubah karena adanya aktifitas penambangan yang masih berlangsung.
Bukit Kapur Arosbaya
Cheers...

Tips Wisata ke Bukit Kapur Arosbaya Madura :
  1. Ada dua bukit Arosbaya, yaitu Bukit Arosbaya 1 dan Bukit Arosbaya 2. Bukit Arosbaya 2 memiliki pemandangan yang lebih bagus dibanding Bukit Arosbaya 1.
  2. Gang kecil di depan pintu gerbang wisata religi "Air Mata Ibu" cukup sempit - meski bisa dilalui mobil. Jika tidak menaiki motor, sebaiknya parkir di depan pintu gerbang dan dilanjutkan dengan jalan kaki.
  3. Mobil bisa masuk sampai ke area parkir tempat wisata Bukit Kapur Arosbaya, tapi pastikan waktunya ketika sepi karea jalur ini hanya cukup dilalui satu body mobil. 
  4. Berhati-hatilah melewati tangga curam ketika berada di area wisata Bukit Kapur Arosbaya.
  5. Bukit Kapur Arosbaya memiliki keeksotisan tersendiri tergantung waktu kunjungan. Jangan lupa pembawa pelindung kepala karena cuaca sangat panas saat terik.
  6. Usahakan tidak pulang saat hari mulai petang.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Bukit Kapur Arosbaya - Satu Lagi Keunikan dari Pulau Garam"

Post a Comment