7 Pantai Unik di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

Pantai Unik di Gunung Kidul Yogyakarta. Gunung Kidul terkenal dengan banyaknya tempat wisata pantai dengan panorama mempesona. Deretan pantai berbagai nama yang berjarak tidak cukup jauh membuat siapapun betah berlama-lama untuk berlibur sekaligus berpetualang mengunjungi pantai-pantai yang tentunya tidak ingin dihabiskan dalam waktu satu hari saja. Bukan hanya kondisi umum pantai yang bisa dinikmati, hal-hal unik bisa ditemukan di daerah yang memiliki jumlah tempat wisata pantai terbanyak ini. Okay check it out!

Dari sekian banyak pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta, ada beberapa pantai yang masih sepi, pantai populer hingga pantai unik. Let me show you what are the unique beach in there. Berikut ada 7 pantai unik yang wajib dikunjungi di Gunung Kidul, Yogyakarta :

1. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti
Pantai Indrayanti
This is most popular beach on Gunung Kidul. Pantai Indrayanti ramai dikunjungi wisatawan karena suasana pantainya mirip di Bali. Payung warna warni yang berjajar di pasir putihnya, menghiasai di pesisir garis Pantai Indrayanti. Sedangkan wahana permainan air seperti jetsky cukup menarik untuk disaksikan maupun dicoba. Adanya beberapa penginapan dan suasana pantai yang menyenangkan bisa dinikmati sepanjang hari. 

2. Pantai Sadeng

pantai sadeng
Pantai Sadeng
Let's know a little about history. Jika Pantai Indrayanti menjadi pantai paling ramai dikunjungi, maka Pantai Sadeng adalah pantai kebanggaan masyarakat di Gunung Kidul. Ada sebuah sejarah yang disimpan pantai ini, berkaitan dengan Bengawan Solo. Konon sungai Bengawan Solo dulunya bermuara di Pantai Sadengan. Hal ini membuat Pantai Sadeng disebut Bengawan Solo Purba. Siapapun tentu ingin berkunjung ke tempat wisata pantai kebangaan 'tuan rumah' yang punya cerita ini. 

3. Pantai Jogan

pantai jogan
Air Terjun Pantai Jogan
Two destination in one place?, why not?. Tempat wisata Pantai Jogan tidak cukup luas dan tidak selalu ramai, tapi memiliki keunikan yang hanya dimiliki oleh Pantai Jogan saja, yaitu adanya air terjun. Fenomena air terjun di pantai memang jarang ada dan terbilang unik. Meski dipenuhi batu karang, sedikit petualangan turun ke bawah sangat mengasyikkan untuk menikmati panorama air terjun di depan hempasan ombak laut selatan. 

4. Pantai Ngobaran

pantai ngobaran
Pantai Ngobaran
Eat, Pray, Holiday!. Keunikan  wisata Pantai Ngobaran di Gunung Kidul ini berbeda dari pantai yang lain. Bukan keunikan dari segi alam, Pantai Ngobaran menawarkan suasana adat budaya yang masih kental. Ada pura yang menghadap ke laut, masjid dan tempat ibadah aliran kejawen. Beberapa arca juga sering digunakan untuk upacara keagamaan, untuk itulah Pantai Ngobaran dikenal sebagai tempat ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu.

5. Pantai Timang

pantai timang
Pantai Timang
Prepare your adrenalin. Beberapa kegiatan mainstream yang biasanya dilakukan di pantai adalah berenang, bermain air dan berjemur. Jika ingin kegiatan yang lain, Pantai Timang bisa menjadi destinasi wisata yang tepat. Nama yang belum terlalu populer, lokasi yang susah dijangkau dan memakan waktu panjang, membuat Pantai Timang jarang dikunjungi. Meski belum dibuka secara resmi menjadi tempat wisata, sensasi yang menarik justru ada disini. Ada sebuah kereta gantung yang menghubungkan daratan dengan batu karang di pantai yang bisa dicoba. Ingin merasakan sensasi melintas di atas ombak ganas laut selatan?, come in.

6. Pantai Kukup

pantai kukup
Pantai Kukup
This in not in Bali. Tempat wisata  Pantai Kukup memiliki bangunan unik yang menyerupai Pantai Balekambang Malang maupun Tanah Lot Bali, yaitu adanya jembatan yang mengantar ke sebuah pulau karang. Namun bedanya, bukan pura yang ada di atas bukit tersebut. Sebuah gardu pandang dibangun di atas pulau karang kecil tak jauh dari bibir pantai Pantai Kukup. Tentunya bercengkerama santai maupun menyepi di gardu panjang sangat menarik untuk dicoba.

7. Pantai Nglambor

pantai nglambor
Pantai Nglambor
Ready to see the underwater?. Tempat wisata Pantai Nglambor bisa dibilang tempat yang paling cocok untuk mengintip taman bawah laut pantai selatan Yogyakarta. Air yang bening, terumbu karang yang cantik dihiasi biota laut yang hilir mudik adalah pemandangan idaman pecinta snorkeling yang bisa ditemukan di tempat wisata Gunung Kidul ini. Kapan lagi bisa snorkeling di pantai selatan?, prepare  your camera and snorkel set and let's hunt.

Bukan hanya tentang laut dan pasir putih, hal-hal unik dan berbeda di tempat yang tepat bisa menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan. Itu adalah 7 pantai unik di Gunung Kidul yang perlu masuk daftar prioritas destinasi wisata pantai Yogyakarta. Right?

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "7 Pantai Unik di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi"

  1. Dari semuanya yang tahu cuma pantai indrayanti aja kak.

    ReplyDelete
  2. Wah, dulu waktu main ke Jogja nggak sempat ke Pantai Jogan. Mudah nggak aksesnya?

    ReplyDelete