Keindahan di Balik Mitos Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo Malang. Menyejukkan diri sejenak dari aktivitas dengan berbaur dengan alam?, berwisata ke air terjun bisa menjadi solusi yang tepat. Dari sekian banyak air terjun yang mulai menampakkan dirinya, Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu wisata air terjun di Malang yang paling populer di kalangan wisatawan. Selain keindahan dan kesejukannya, ada sebuah mitos yang membuat air terjun Coban Rondo semakin populer yaitu tentang sejarah dan kisah tragis dibalik nama "Coban Rondo" ini.
air terjun coban rondo
Air Terjun Coban Rondo
Air terjun Coban Rondo berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Kota Malang selepas keluar dari gerbang Kota Batu menuju ke arah barat ke Kota Kediri dan bisa ditempuh kurang lebih 2 jam. Banyaknya angkutan umum yang bisa digunakan untuk menjangkau lokasi wisata ini.

Merupakan tempat wisata populer yang berada di daerah pegunungan, tempat wisata di Malang ini banyak dikunjungi wisatawan di dalam maupun di luar kota. Didukung dengan akses jalan yang sangat baik, Air Terjun Coban Rondo akan menampakkan pesona kesegarannya pada siapapun yang datang.

Lokasi parkir tidak terpaut jauh dengan air terjun utama dan deburan air terjun pun sudah terdengar seiring dengan hawa sejuk yang mulai terasa dingin. Setelah menyusuri jalan paving di sebelah aliran sungai dari Air Terjun Coban Rondo sendiri, maka akan tiba di air terjun utama.

Air terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter dan berada pada ketinggian 1.135 mdpl. Coban rondo merupakan bagian ketiga dari beberapa air terjun yang bertingkat-tingkat. Diatasnya ada air terjun Coban Dudo sementara diatasnya lagi ada Coban Manten. Lokasi tempat wisata di Malang ini cukup modern, dengan adanya gasebo dan taman yang sudah dibangun, meski sisi alami'nya masih tampak dengan adanya beberapa kera abu-abu yang turun di area taman.
air terjun coban rondo
Jalan Menuju Air Terjun
kera abu-abu
Kera Abu-abu di Sekitar Lokasi

Air yang tampak menyegarkan ini tidak cukup jika hanya dilihat saja. Menjeburkan diri di bawah air terjun ataupun aliran airnya yang membentuk sungai, sangat perlu dicoba. Air yang dingin dan segar seakan-akan menghapus seluruh penat dari perjalanan panjang. Merasakan deburan air terjun yang keras juga bisa dicoba jika ingin merasakan sensasi pijat alami.

Mitos Air Terjun Coban Rondo

Mitos yang bermunculan dari sebuah legenda dari air terjun Coban Rondo ini yaitu pasangan yang singgah disini tidak akan langgeng seperti perpisahan sepasang pengantin yang menjadi legenda di Coban Rondo ini. 

Konon dikisahkan wanita cantik bernama Dewi Anjarwati yang menjadi janda karena suaminya yang bernama Raden Baron Kusuma  tewas dalam pertarungan melawan Joko Lelono yang tertarik pada kecantikan Dewi Anjarwati. Akhirnya Dewi Anjarwati disembunyikan di sebuah gua dan sejak saat itu, coban ini terkenal dengan nama Coban Rondo (janda). Namun mitos itu tidak mempengaruhi pengunjung untuk enggan datang ke air terjun ini karena keindahan dan kesejukan alamnya mempu mengalahkan mitos tersebut.
air terjun coban rondo
Tangga Mendekati Air Terjun
Di sekitar air terjun Coban Rondo sudah tersedia beberapa warung yang menjajakan makanan dan juga kios cinderamata. Selain itu tersedia sarana beribadah bagi umat muslim, panggung terbuka, area camping ground dan toilet, jadi tidak perlu kawatir untuk berbasah-basahan di sekitar air terjun. Jika ingin bermalam, ada penginapan di sekitar tempat wisata air terjun Coban Rondo,.

Selain objek wisata utamanya, ada tempat rekreasi berisi permainan menarik serta hiburan pelengkap yang pasti akan menyenangkan ketika berkunjung di kawasan Air Terjun Coban Rondo. Time to get fresh air !

Tips Mengunjungi Air Terjun Coban Rondo :
  1. Datanglah pada musim yang tepat. Jika musim hujan, kapasitas air terjun tentu lebih besar dan bisa berbahaya jika berenang di dekatnya.
  2. Bawalah pakaian ganti.
  3. Gunakan sandal anti selip.
  4. Berhati-hatilah ketika berada di bawah air terjun.
  5. Jangan merusak lingkungan dengan melakukan vandalisme dan membuang sampah sembarangan.
 

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Keindahan di Balik Mitos Air Terjun Coban Rondo"

  1. Salah satu destinasi wisata malang yang wajib di kunjungi ya air terjun coban rondo, tempatnya indah, sejuk dan masih sangat alami

    ReplyDelete
  2. Air terjun Rondo ini juga rasanya asik untuk menenangkan diri, apakah fasilitas penginapan disana sudah tersedia?

    ReplyDelete