Danau Beratan & Pura Ulun Danu, Wisata Eksotis di Bedugul - Manusia Lembah

Danau Beratan & Pura Ulun Danu, Wisata Eksotis di Bedugul

Danau Beratan menjadi salah satu objek wisata di Bali yang sangat populer. Menjadi danau terbesar kedua di Bali setelah Danau Batur, membuat pesonanya kian tersohor hingga mancanegara. Tak hanya itu, adanya Pura Ulun Danu yang cantik di atas danau membuatnya semakin tampak eksotis.

Terletak di ketinggian, udara di sekitar danau sangat sejuk dan asri. Danau Beratan (Bratan) berada paling timur diantara dua danau lain, yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Namun, Danau Beratan terbilang sangat istimewa. Danau cantik ini pasti menjadi tujuan siapapun yang sedang wisata di Bedugul.

Pura Ulun Danu Bratan
Pura Ulun Danu Bratan
Danau Beratan berada di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Raya Eka Karya dan berada di jalur jalan provinsi Denpasar - Singaraja. Lokasi yang sangat mudah dijangkau dengan pesona cantiknya, siapa yang tidak ingin pergi kesini?
 

Wisata Ulun Danu Beratan

Tempat wisata Danau Beratan Bedugul memiliki lokasi yang terbilang luas. Akomodasi dan fasilitas yang memadai menjadi nilai tambah bagi wisata unggulan di Bali ini. Pada area depan menyediakan tempat parkir yang luas, menandakan kalau tempat ini jadi langganan bagi para wisatawan. Setelah area parkir, ada pos registrasi untuk pembelian tiket.

Danau Beratan Bedugul
Kantor

Kantor pembelian tiket juga terbilang eksklusif dengan lobi khas seperti bangunan komersial seperti hotel. Di sekitar kantor, terdapat toilet, kios dan restoran. Di depan area inilah terdapat pagar batu bertuliskan "Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan", dan menyusuri area wisata dimulai dari sini.

Taman Sejuk dan Asri

Danau Beratan Bedugul

Memasuki pagar utama, taman yang asri membentang luas. Ada peta wisata di sebelah kiri untuk mengetahui seluruh area wisata. Sebelah kiri adalah area taman yang luas daripada sebelah kanan. Sedangkan bagian depan adalah arah ke Pura Ulun Danu Bratan. Jadi mau kemana dulu?

Taman flora dan fauna ini sangat asri dan bersih. Ada ornamen unik dari rotan yang membentuk berbagai bentuk hewan sebagai penghias taman. Ada jalan untuk sampai ke tengah taman jika ingin menikmati udara pagi yang segar.

Danau Beratan Bedugul

Di ujung, ada kolam dan patung ular. Berbelok lagi, akan melewati Rumah Pande, restoran dan legenda Danau Beratan. Meski bernuansa Hindu, disini juga terdapat Stupa Buddha yang menghadap ke selatan di luar area utama kompleks Pura Ulun Danu Bratan.

Stupa Buddha Bedugul
Stupa Buddha
 
Pura Ulun Danu Bratan

Legenda Danau Beratan ini dibuat seperti relief bergambar pada dinding. Dari tempat itu, sudah terlihat Pura Ulun Danu di dekat taman bunga yang indah. Namun, jangan berhenti disitu saja, karena ada tempat seru di belakang lukisan relief, tepatnya di dekat Monumen Batu Banjir.

Monumen Batu Banjir

Danau Beratan Bedugul
Pura dekat Monumen Batu Banjir

Ini adalah satu tempat yang cukup menarik, karena letaknya menghadap Danau Beratan. Bukan tanpa sebab, monumen ini dibangun untuk memperingati bencana banjir bandang pada Desember 2016. Banjir tersebut memporak porandakan Wisata Pura Ulun Danu Bratan ini. Monumen berbentuk piramida ini menjadi spot foto dan tempat bersantai bagi para wisatawan.

Danau Beratan Bedugul
Area Taman dan Spot Selfie

Tak hanya itu saja, di sebelahnya, ada Pura Taman Beji sebagai tempat bersantai. Taman luas di pinggir Danau Beratan tersebut memiliki beberapa spot menarik untuk berfoto. Area spot selfie ini memang disediakan untuk wisatawan kekinian. Tersedia juga coffer shop sebagai tempat bercengkerama ringan sambil menikmati suasana sejuk khas dataran tinggi.
 

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

Ikon Danau Beratan Bedugul adalah Pura Ulun Danu. Pura ini terdiri atas lima kompleks pura, yaitu Pura Penataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beiji, Pura Lingga Petak dan Pura Prajapati. Berdiri sejak tahun 1634 M, Pura Ulun Danu berfungsi sebagai tempat pemujaan dan kemungkinan sudah menjadi tempat ritual sejak zaman megalitikum di Bali.

Pura Ulun Danu Bratan
Dua Pura Ikonik
  
Ada dua pura yang jadi ciri khas, yaitu pura dengan meru tumpang 3 dan pura dengan meru tumpang 11. Kedua bangunan tersebut tidak hanya memiliki nilai spiritual tetapi juga nilai keindahan. Area ini biasanya dijadikan spot foto paling fenomenal. Dua pura berjajar di atas danau dikelilingi perbukitan menjadikannya sangat eksotis untuk diabadikan dalam kamera, apalagi saat cuaca cerah.

Tak jarang tampak beberapa perahu di area danau, menambah sentuhan tradisional yang khas. Area danau dekat pura dibatasi pagar beton pendek dan tanaman hijau yang segar. Tak jauh di dekatnya ada rimbunan bambu yang dikelilingi patung dua ular naga. Ini erat kaitannya dengan legenda Danau Beratan.

Danau Beratan Bedugul
Area Penataran Beratan
 
Di depan dua pura, terdapat Area Jaba Tengah, Area Penataran Beratan dan Pura Dalem. Bangunan etnik khas Bali ini bisa dijadikan spot foto selanjutnya. Memang perlu waktu panjang untuk menyusuri tempat wisata di Bedugul ini. Namun, keindahan yang ditawarkan Danau Beratan memang benar-benar istimewa.
 

Wahana Seru di Danau Beratan

Danau Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Bratan memang ikonik, tetapi banyak hal yang bisa dilakukan saat wisata di Danau Beratan. Dikelilingi taman asri yang indah, ada wahana perahu yang pasti bikin liburan makin seru!. Wahana air yang bisa disewa berupa speed boat, sepeda bebek, sampan dayung dan boat bebek.

Danau Beratan Bedugul
Wahana Air
 

Berikut tarif Wahana Air Danau Beratan : 
  • Speed boat : Rp. 150.000 (5 orang/1 keliling)
  • Sepeda Bebek Air : Rp. 40.000 (2 orang/30 menit)
  • Sampan Dayung : Rp. 75.000 (5 orang/30 menit)
  • Boat Bebek : Rp. 90.000 / 20 menit

Selain wahana air, terdapat taman labirin dan beberapa permainan anak-anak. Meski kecil, taman hiburan ini cocok untuk bersantai sekaligus seru-seruan. Apalagi, beberapa restoran berjajar disana untuk melengkapi urusan perut.

Danau Beratan dipercaya sebagai danau gunung suci. Berada sekitar 1.200 mdpl, kawasan ini sangat subur dan sejuk. Nilai keindahan yang tinggi membuat wisata di Bedugul ini menjadi tujuan wisata, tidak hanya wisatawan domestik tetapi juga mancanegara. Jadi, jangan ragu untuk mengunjunginya!

Tips Wisata di Pura Ulun Danu Bratan : 

  1. Waktu yang cocok untuk berkunjung adalah pagi dan sore hari. Namun, kadang sore kabut sudah turun.
  2. Bagi yang memasuki pura harap mengenakan pakaian rapi dan sopan.
  3. Selalu menaati petunjuk yang ada.
  4. Bagi wanita yang sedang haid dilarang memasuki pura.
  5. Jagalah kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Informasi Wisata Danau Beratan : 

Lokasi : Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 07.00 - 19.00 (Sabtu 05.00 - 19.00)
HTM : Rp. 30.000
Fasilitas : Area parkir, toilet, restoran, spot selfie, taman bermain, wahana air. 
Wisata Sekitar : Kebun Raya Bedugul, Bedugul Hill, Bali Handara Gate, Puncak Wanagiri.
Baca Juga