Pantai Pacar Tulungagung, Destinasi Baru yang Super Seru! - Manusia Lembah

Pantai Pacar Tulungagung, Destinasi Baru yang Super Seru!

Pantai Pacar menawarkan pesona alam indah yang bikin siapapun males pulang!. Ya, tempat wisata di Tulungagung ini memang baru-baru ini terdengar akrab seiring dibukanya akses Jalur Lintas Selatan. Panorama cantiknya membuat pantai ini menjadi pantai favorit bukan hanya dari kaum muda saja.

Dari banyaknya wisata di Kabupaten Tulungagung, wisata pantai masih menjadi andalan utamanya. Bagian selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia membuatnya kaya akan wisata pantai. Sebut saja Kedung Tumpang, yang dulu pernah populer karena mirip Angels Bilabong di Bali, kini ada Pantai Pacar sebagai destinasi baru.

Pantai Pacar Tulungagung
Pantai Pacar Tulungagung

Lokasi Pantai Pacar & Rute

Pantai Pacar berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Molang dan bisa dikunjungi sekaligus. Dulunya akses jalan ke pantai ini memang susah, tetapi sekarang dengan adanya Jalur Lintas Selatan, pantai ini mudah diakses dari pusat kota Tulungagung maupun Blitar.

Dari Tulungagung, ikuti arah ke Kecamatan Ngunut. Sampai Pasar Ngunut, ikuti petunjuk arah ke Pasar Panjerejo, lalu lanjutkan ke Desa Pucanglaban. Kemudian ikuti jalan ke tambak udang. Pantai Pacar bersebelahan dengan tambak udang.

Dari Blitar, ambil arah ke Kademangan, lanjutkan hingga ke Bakung (Monumen Trisula). Jalanan memang berliku dan cukup terjal. Kemudian, lanjutkan ke Bululawang mengikuti arah Pantai Pasur. Setelah ketemu Jalur Lintas Selatan, ambil arah ke Tulungagung (ke kanan). Ikuti jalan aspal mulus hingga ada petunjuk ke lokasi tujuan.
 

Pesona Pantai Pacar

Pantai Pacar Tulungagung
Area Pantai Pacar

Sebelum sampai Pantai Pacar, akan melewati Pantai Molang. Lokasi kedua pantai iniditandai dengan area lapang terbuka yang cukup luas. Meski tergolong baru, tempat wisata di Tulungagung ini sudah dikelola dengan sangat baik.

Tidak jauh dari parkiran ada warung yang bisa menjadi tempat istirahat dari lelahnya perjalanan. Di sekitar area yang luas ada beberapa gazebo, ayunan, dudukan kayu dan satu gazebo dengan koridor menjorok ke arah pantai untuk menikmati pemandangan.
 
Pantai Pacar Tulungagung
Pesisir Pantai Pacar

Pemandangan yang indah membuat tempat ini strategis untuk mengisi waktu liburan maupun relaksasi. Menikmati luasnya pantai selatan dari ketinggian mampu memanjakan mata siapapun yang datang. Pantai Pacar memang indah, tetapi tempat ini bukan hanya untuk dua sejoli saja guys!. Lalu kenapa dinamakan 'pacar'?.
 

Sejarah Pantai Pacar Tulungagung

Pantai Pacar Tulungagung
Bagian Barat Pantai Pacar

Nama 'pacar' disematkan bukan karena pantai ini tempatnya memadu kasih bersama pasangan. Menurut masyarakat sekitar, sebelum dibuka menjadi wisata pantai di Tulungagung, tempat ini masih berupa semak dan banyak tumbuhan pacar yang memenuhinya.

Daun tumbuhan pacar ini dulu banyak dimanfaatkan untuk kutek kuku alami lho!. Namun, seiring berjalannya waktu, penebangan hutan dan pembukaan lahan membuat tanaman tersebut menjadi hilang. Itulah yang menjadi awal mula penamaan pantai ini.
 
Pantai Pacar Tulungagung
Kawasan Pantai Pacar

Memiliki makna yang ambigu membuat pantai ini condong ke tempat memadu kasih. Faktanya, Pantai Pacar bukan hanya dikunjungi pasangan saja, tetapi berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tiap akhir pekan, tempat wisata ini selalu ramai wisatawan yang ingin melihat keindahannya.
 

Turun ke Laut?, Kenapa Tidak?

Berbeda dari pantai-pantai lain, Pantai Pacar ini memiliki dua area untuk menikmati pesonanya. Area pertama adalah di atas bukit, dimana ada berbagai fasilitas penunjang yang tersedia. Di atas bukit memang tempat bersantai yang cocok untuk menikmati suasana pantai dari ketinggian. Ingin ke pantai?, turun saja!

Pantai Pacar Tulungagung
Tangga ke Pantai

Tidak membutuhkan banyak energi untuk turun, karena sudah ada tangga cor-cor'an yang dibuat agar mempermudah wisatawan turun ke Pantai Pacar. Tangga ini langsung membawa ke pasir putih kecoklatan bagian timur pantai.

Di bagian timur tangga, hamparan pasir putih luas membentang. Lautan biru dengan deburan ombak khas pantai selatan menambah sensasi asyik di pantai ini. Apalagi, dia salah satu titik bukit, ada guyuran berketinggian sekitar 3 meter yang bisa untuk mandi. Layaknya miniatur air terjun, ini menambah keunikan Pantai Pacar.
 
Pantai Pacar Tulungagung
Dari Dalam Gua

Tak jauh di sebelah barat tangga, ada gua kecil untuk berteduh. Di sekitar pantai tidak ada pepohonan dan minim tempat berteduh. Jadi, gua kecil ini layaknya oase di padang pasir!. Area barat pantai tidak seperti bagian timurnya karena berupa bebatuan besar yang langsung bertabrakan dengan air laut. Tidak ada akses ke area tersebut kecuali air surut.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bercengkerama, bersantai, camping, bermain air dan sebagainya. Pantai Pacar adalah pantai selatan dengan ombak yang cukup besar. Jadi, jangan berenang terlalu ke tengah ya!. Lebih baik menunggu senja dengan duduk minum kopi hangat dari ketinggian.


Tips :

  1. Lebih nyaman menggunakan kendaraan roda dua untuk akses jalan ke pantai.
  2. Bawalah pelindung kepala dan sunblock karena area pantai minim tempat berteduh.
  3. Tidak perlu kawatir sinyal karena ada wifi di warung pantai,
  4. Gunakan sandal anti selip agar nyaman saat wisata.
  5. Sebaiknya tidak berenang. Jika ingin berenang, jangan terlalu ke tengah.
  6. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme.

Informasi Pantai Pacar :

Lokasi : Kec. Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284 (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 24 jam.
HTM : -
Aktivitas : Bersantai, berburu spot, camping.
Fasilitas : Warung, wifi, gazebo, tempat parkir, toilet.
Wisata Sekitar : Pantai Molang.

Baca Juga