7 Wisata Pantai Populer di Jember yang Wajib Dikunjungi - Manusia Lembah

7 Wisata Pantai Populer di Jember yang Wajib Dikunjungi

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Jember menyimpan banyak tempat wisata menarik, khususnya pantai. Menghabiskan waktu liburan ke Jember, jangan hanya memburu pecel gudeg maupun pecel pincuknya saja. 

Menikmati suasana alam merupakan salah satu hal yang membuat liburan di Jember semakin lengkap. Berbatasan dengan Samudra Indonesia, Jember memiliki daya tarik tempat wisata pantai yang sangat mempesona dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Secara administratif, Jember merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso dan Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah barat, Banyuwangi di sebelah timur dan Samudra Indonesia di sebelah selatan. 

Ada banyak tempat wisata di Jember yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata untuk berlibur keluarga. Letak Jember yang strategis membuatnya dikenal karena adanya wisata-wisata pantai yang mempesona.

Berikut 7 wisata pantai yang populer di Jember :

1. Tanjung Papuma

Wisata Pantai di Jember
Pantai Papuma merupakan wisata yang sangat populer di Jember. Terletak di Desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, 30 kilometer ke arah selatan kota Jember. Tanjung Papuma memiliki pasir putih yang indah dengan pepohonan rimbun di tepinya. Baca : Tanjung Papuma, Pesona Pantai Terindah Jawa Timur

Disini bisa menikmati karang di tengah laut yang kokoh dari tepi sungai atau naik ke Sitihinggil, spot menarik untuk melihat keindahan karang-karang cantik Pantai Papuma yang keindahannya sangat fenomenal.


2. Pantai Watu Ulo

Wisata Pantai di Jember
Lokasi pantai Watu Ulo bersebelahan dengan Pantai Papuma. Disebut sebagai Watu Ulo (Batu Ular) karena ada sekumpulan batu karang memanjang dari pesisir pantai ke laut yang mirip dengan ular jika dilihat dari kejauhan. 

Keindahan pantai tidak jauh dengan Pantai Papuma karena lokasinya yang berdekatan. Pada tanggal 1-10 syawal masyarakat mengadakan larung sesaji ke laut sebagai ucapan syukur.

3. Pantai Puger

pantai puger
Pantai Puger termasuk salah satu pantai di Jember yang ramai dikunjungi.Terletak di desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, 40 kilometer arah barat laut kota Jember. 

Situs wisata yang terkenal dengan pasar lelang ikan ini dikenal sebagai desa nelayan, sehingga lokasi ini cocok bagi yang suka memancing. Selain melihat keindahan laut sambil memancing, bisa sekaligus menyaksikan aktivitas nelayan dengan perahu tradisionalnya di area pantai.

4. Pantai Bandealit

pantai bandealit
Pantai Bandealit terletak desa Andongrejo, kecamatan Tempurejo, 60 kilometer arah selatan kota Jember. Pantai ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Oleh karena itu, disini juga bisa melihat hewan yang berkeliaran di sekitar lokasi. 

Memiliki ombak yang tenang, pantai ini cocok untuk  melakukan berbagai kegiatan seperti body surfing, kano dan speedboat ataupun memancing. Selain melihat berbagai jenis burung dan rusa timor di penangkaran, ada koleksi koleksi bunga anggrek yang bisa dilihat di green house.

5. Pantai Paseban

pantai paseban
Pantai Paseban terletak di kecamatan Kencong, 52 kilometer ke arah barat laut Kota Jember. Pantai yang memiliki ombak tenang ini, wisatawan bisa mandi di laut, berselancar santai, sun-bathing, memancing maupun voli pantai. 

Menikmati sunset di Pantai Paseban yang menawan tidak boleh disia-siakan begitu saja karena sunset di Pantai Paseban inilah yang membuat kebanyakan wisatawan terpesona. Selain menikmati sunset, wisatawan juga bisa melihat Pulau Nusa Barong di sisi selatan.


6. Pantai Payangan

Wisata Pantai di Jember
Pantai Payangan berada di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tempat wisata di Jember ini masih satu kawasan dengan Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. 

Pantai Payangan memiliki pesona alam yang indah dengan tiga bukit dan sebuah pulau yang membentuk panorama sempurna dihiasi birunya air laut. Keindahan Pantai Payangan bisa dinikmati di bibir pantai maupun di atas bukit. 


7. Pantai Teluk Love

Wisata Pantai di Jember
Teluk Love berada di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Jawa Timur. Lokasi pantai Teluk Love tidak jauh dari Pantai Papuma, sekaligus masih satu kawasan dengan Pantai Payangan. 

Keunikan dari pantai ini adalah keindahan garis pantai membentuk hati yang dipercantik dengan perbukitan hijau di pinggir pantainya. Selain bermain di pantai, melihat view Teluk Love dari Bukit Domba akan membuat liburan di Teluk Love semakin sempurna. 

Itu adalah 7 pantai wisata di Jember yang populer dengan pesona menawan dan juga akses yang mudah dijangkau. Salah satu pantai di Jember yaitu Pantai Papuma'pun disebut-sebut menjadi pantai terindah di Jawa Timur. So, keindahan wisata pantai di Jember sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Let's packing!