Mengenal 10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur - Manusia Lembah

Mengenal 10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur

Pulau Jawa merupakan bagian dengan cincin api, sehingga banyak gunung berapi di seluruh bagian Pulau Jawa. Banyaknya titik gunung-gunung di Pulau Jawa menyebabkan pulau ini kaya akan sejarah, mengingat gunung adalah tempat suci pada zaman dahulu. 

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang memiliki jumlah gunung paling banyak di Indonesia. Jawa Timur memiliki 181 gunung diatas ketinggian 1.000 mdpl. 

Dari gunung-gunung tersebut, hanya ada beberapa yang populer di kalangan pendaki maupun wisatawan. Gunung-gunung besar di Jawa kebanyakan berupa gunung berapi yang masih aktif, tak berbeda dengan Jawa Timur. 

Selain dikenal keindahannya, Jawa Timur dikenal menyajikan trek pendakian yang menantang karena hampir semua gunungnya memiliki sejarah dan title, seperti gunung tertinggi, terpanjang dan tersulit disebut-sebut berada di Jawa Timur. Sehingga, siapa pendaki yang tidak tergiur untuk mencoba salah satunya?. 

Berikut 10 gunung tertinggi di Jawa Timur :

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Semeru
Gunung Semeru berada di antara Kab. Malang dan Kab.Lumajang Jawa Timur. Dengan tinggi 3.676, Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Jawa dan merupakan gunung berapi tertinggi ke 3 di Indonesia. Gunung yang sangat gagah ini mendapat julukan tempat abadi para dewa, sehingga pendaki pasti ingin mendaki gunung tertinggi di Jawa ini. Baca : Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Gunung Semeru memiliki Danau Ranu Kumbolo yang sangat fenomenal dan menjadi tujuan selain puncak Mahameru. Gunung aktif dengan trek pasir yang meletus setiap 20 menit ini cukup berbahaya dan banyak memakan korban sejak 1969 (Soe Hok Gie), sehingga pendakian ke puncak tidak dianjurkan. 

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Raung
Gunung Raung Berada di tiga kabupaten yaitu Kab. Besuki, Kab. Banyuwangi dan Kab.Bondowoso. Nama gunung yang memiliki tinggi 3.344 mdpl ini terdengar garang, seperti trek yang disajikan. Gunung Raung merupakan gunung aktif dengan title gunung tersulit di Jawa, karena teknik panjat tebing dibutuhkan di jalur pendakian hingga ke puncak. Baca : Pendakian Gunung Raung via Kalibaru

Gunung Raung memiliki kaldera luas yang kadang masih terdengar suara gelegar dan aktivitas vulkanisnya. Puncak Sejati adalah puncak tertinggi Gunung Raung. Gunung ini tidak menyajikan trek pasir, tetapi bebatuan terjal dan jurang-jurang dalam yang harus dilalui. Berani?

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Arjuno
Gunung Arjuno berada di Malang dan memiliki 3 jalur pendakian resmi. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan merupakan yang tertinggi di gugusan Pegunungan Arjuno - Welirang. Sesuai namanya, gunung ini berdiri gagah dan menyimpan sedikit legenda tentang tokoh wayang tersebut.

Puncak Ogal-Agil adalah nama puncak Gunung Arjuno yang ditandai dengan batuan-batuan besar. Hal yang menarik di Gunung Arjuno adalah adanya Alas Lali Jiwo yang terdengar mistis dan telah menjadi mitos pada pendakiBaca : Pendakian Gunung Arjuno via Lawang

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Lawu
Gunung Lawu berada di batas antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung dengan tinggi 3.625 mdpl ini begitu disakralkan karena terkait dengan Kisah Prabu Brawijaya, sekaligus adanya petilasan raja terakhir Majapahit itu di puncak. Di sekitar lerengnya juga ada beberapa sisa-sisa reruntuhan yang disebut Pasar Dieng. Baca : Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Hargo Dumilah adalah puncak tertinggi dari tiga puncak Gunung Lawu. Selain menyajikan pemandangan yang memikat mata dan beberapa tempat untuk ziarah, di puncak Gunung Lawu ada sebuah warung yang mendapat title warung tertinggi di Indonesia bernama warung Mbok Yem. Sangat meringankan beban para peziarah dan pendaki.

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Arjuno - Welirang
Gunung Welirang berada di Malang dan bersebelahan dengan Gunung Arjuno. Gunung ini memiliki tinggi 3.156 mdpl dan memiliki kawah belerang aktif yang masih ditambang hingga saat ini. Pendakian ke Gunung Welirang biasanya dilanjutkan dengan pendakian ke Gunung Arjuno

Gunung Welirang menyajikan trek makadam yang berakhir dengan trek pasir padat di area puncak. Area yang panas bercampur belerang tentu membuat pendaki tidak bisa berada di puncak terlalu lama. Baca : Pendakian Gunung Welirang via Tretes

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Argopuro
Gunung Argopuro berada di Kabupaten Situbondo dan memiliki ketinggian 3.088 mdpl. Gunung ini sangat menarik karena menyimpan sejarah nasional sekaligus Legenda Dewi Rengganis. Gunung yang mendapat title jalur pendakian terpanjang di jawa ini memiliki sisa-sisa sejarah yang bisa dilihat di puncaknya.

Gunung Argopuro menyajikan trek indah dengan adanya savana luas sekaligus Danau Taman Hidup. Gunung ini memiliki dua puncak yaitu Puncak Rengganis dan Puncak Argopuro. Adanya sejarah kelam sekaligus legenda yang melekat kuat, gunung ini dikenal angker di kalangan para pendaki dan masyarakat. Baca : 10 Tips Penting Pendakian Panjang Gunung Argopuro.

7. Gunung Suket

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Raung - Suket
Gunung Suket berada di Kawasan Pegunungan Ijen dengan tinggi 2.950 mdpl. Meski ada di sebelah Gunung Raung dan bisa didaki dari jalur Sumber Wringin, jalur pendakian resmi Gunung Suket belum ada. Jadi, jika ingin mendaki ke Gunung Suket, harus mengajak warga sekitar sebagai penunjuk jalan. 

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Butak
Dengan ketinggian 2.868 mdpl, Gunung Butak merupakan puncak tertinggi di gugusan Pegunungan Putri Tidur. Gunung Butak berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Baca : Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Gunung Butak memiliki savana indah dan panorama alam yang cukup indah. Meski tidak sepopuler nama gunung-gunung yang lain, Gunung Butak menyajikan trek pendakian yang tidak mudah untuk sampai di puncaknya.

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Ijen
Gunung Ijen berada di Kab.Bondowoso dan Kab.Banyuwangi. Gunung berketinggian 2.799 mdpl ini memiliki kawah belerang yang sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara karena kawahnya menghasilkan api biru alami. Api biru alami hanya ada dua di dunia, salah satunya di Kawah Ijen. Baca : Pesona Kawah Ijen dan Fenomena Api Biru.

Selain Fenomena Api Biru Kawah Ijen yang bisa dilihat saat dini hari. Pemandangan alam di area Kawah Ijen sangatlah indah, terlebih ketika air kawah berwarna tosca berpadu dengan lereng gunung yang putih ditambah sinar jingga mentari yang mulai muncul. It's amazing !

10. Gunung Merapi

10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur
Gunung Merapi
Bukan hanya di Jawa Tengah, Jawa Timur juga memiliki Gunung Merapi. Gunung Merapi ini bersebelahan dengan Gunung Ijen dengan tinggi 2.799 mdpl. Meski sejalur dengan jalur ke Kawah Ijen, Gunung Merapi ini tidak boleh didaki untuk menjaga ekosistem di dalamnya.

Itu adalah 10 gunung tertinggi di Jawa Timur yang kebanyakan sangat memikat mata bagi wisatawan maupun para pendaki. Gunung-gunung dengan trek, kesulitan dan keindahan yang berbeda itu tentu saja selalu menarik minat para pendaki. Sehingga, banyak aturan umum yang digunakan agar ekosistem alam tetap terjaga. So, where to go?