Eksotisme Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros

Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros Blitar. Siapa yang tidak ingin wisata ke pantai alami yang masih tersembunyi layaknya pantai pribadi?. Yah... sebagian besar, seperti itulah beberapa destinasi wisata di Blitar. Dari sekian banyak pantai yang tersebar di pesisir selatan, hanya beberapa yang resmi dibuka menjadi tempat wisata. Sedangkan yang lain?, masih bersembunyi dan menerima wisatawan secara personal. Namun, pantai-pantai di pesisir selatan Blitar tidak bisa terus menutup diri karena satu persatu mulai menunjukkan pesona keindahan dan keunikannya, salah satunya adalah Pantai Bukit Indah.
Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros
Pantai Bukit Indah
Pantai Bukit Indah berada di Dusun Panggung Pucung, Desa Kaligambir, Kecamatan Panggung Rejo, Tulungrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur. Untuk mencapai pantai tersembunyi ini, rutenya cukup mudah. Dari Blitar ikuti saja rute ke arah Pantai Peh Pulo. Sampai di pertigaan jika ke kanan arah ke Pantai Peh Pulo, maka ikuti jalan yang lurus - jalannya agak menanjak. Rute Pantai Bukit Indah memang minim petunjuk dan hampir tidak ada, untuk itu GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) sangat penting.

Akses jalan awalnya cukup mudah, hingga kemudian berubah ke jalan sempit dan masuk ke perkebunan warga sekitar. Mendekati lokasi pantai, jalan setapak tanah berubah menjadi jalan beton yang tidak bertahan lama, karena akan kembali ke jalan berbatu menurun yang cukup curam hingga sampai di sebuah gubuk. Mungkin gubuk adalah perhentian terakhir bagi kendaraan. Perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 40 meter untuk menyeberangi sungai untuk sampai kelokasi Pantai Bukit Indah. Di sisi kanan perbukitan akan nampak sebuah air terjun yang juga bisa dikunjungi. 
Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros
Menyeberangi Sungai Pertama
Sebelum dikenal dengan nama Pantai Bukit Indah, pantai ini dinamakan sebagai Pantai Umbul Baros karena di dekatnya terdapat air terjun yang dinamakan Air Terjun Umbul Baros. Di area pantai terdapat sebuah gubuk dan perahu rusak yang jika dilihat dari kondisinya, jarang dikunjungi wisatawan, kecuali masyarakat sekitar. Pantai Bukit Indah memiliki area yang cukup luas dengan muara sungai di bagian tengahnya. Jadi untuk ke tepi pantai, harus kembali menyeberangi sungai yang berasal dari Air Terjun Umbul Baros.
Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros
Bagian Kiri Pantai Bukit Indah
Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros
Bagian Kanan Pantai Bukit Indah
Jauh dari pepohonan membuat area tepi Pantai Bukit Indah sangat panas ketika siang hari. Tetapi saat merasakan segarnya muara sungai ditambah hempasan ombak kencang khas pantai selatan, panas seolah tidak masuk dalam daftar. Sesuai namanya, pantai ini memiliki bukit hijau menjulang di kanan dan kirinya. Jika menoleh ke belakang, maka tampak sungai air payau yang dikelilingi perbukitan hijau di sekelilingnya. Bukit Indah seperti pantai yang dibatasi oleh perbukitan hijau yang sangat indah jika dipandang. Sungai yang di tengah pantai juga bisa menjadi tempat bilas dadakan setelah bergulat dengan air asin laut selatan.
Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros
Muara Pantai Bukit Indah
Lelah di pantai, lelah di sungai, duduk istirahat sembari menikmati angin segar di gubuk adalah solusi yang tepat, apalagi jika panas sedang terik-teriknya. Namun petualangan ke Pantai Bukit Indah tidak berakhir begitu saja. Bersukaria di Air Terjun Umbul Baros adalah bonus yang jarang ditemukan di pantai-pantai lain di pesisir Blitar selatan.

Pantai dengan air terjun di Blitar yang sudah populer adalah Pantai Umbul Waru. Berbeda dengan Pantai Umbul Waru yang memiliki air terjun langsung mengalir ke laut, Pantai Umbul Baros juga memiliki air terjun, tetapi cukup berjarak dari lokasi Pantai. Dari lokasi gubuk (tempat terakhir kendaraan), ada arah jalan ke kiri - kalau dari pantai. Ikuti jalan setapak tersebut hingga sampai di Air Terjun Umbul Baros. 
Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros
Air Terjun Umbul Baros
Air Terjun Umbul Baros berada tak jauh dari lokasi pantai dan mengalir di kedua sungai yang ada di area pantai. Air terjun ini tak terlalu tinggi, tetapi memiliki bentuk unik  dengan aliran air pada guratan indah tebingnya yang membuatnya nampak eksotis. Kolam di bagian bawah air terjun juga tidak terlalu dalam. Gemericik suara air dan percikannya bepadu dengan lumut hijau di dinding dan rumput hijau di sekitarnya membuat berada disini adalah obat lelah yang manjur setelah berpetualang di Pantai Bukit Indah sekaligus tempat charge energi sebelum kembali pulang.

Tips Wisata Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros :

  1. Gunakan kendaraan roda dua karena ke lokasi pantai tidak bisa diakses dengan kendaraan roda 4.
  2. Lokasi masih minim petunjuk arah. Bertanyalah dengan penduduk sekitar jika bingung. 
  3. Ada sebagian jalan yang sudah dicor untuk ke area pantai dan sebagian lagi masih berupa bebatuan kapur yang licin dan cukup curam. Tetaplah berhati-hati.
  4. Kendaraan bisa diparkir di area gubuk. Area tersebut cukup panas, pastikan kendaraan parkir di tempat yang teduh dan jangan lupa kunci gondok sebelum melanjutkan ke pantai, karena di lokasi sangat sepi. 
  5. Jika debit air terjun tinggi, sungai lumayan dalam. Jika tetap ingin menyeberang ke Pantai Bukit Indah, selamat berbasah-basahan. Jika ragu, bisa kembali ke Air Terjun Umbul Baros. Gunakan sandal anti selip.
  6. Area pantai sangat panas, bawalah topi, payung dan sunblock.
  7. Tidak disarankan untuk berenang di pantai selatan.
  8. Muara sungai adalah air tawar dan bisa dimanfaatkan untuk membersihkan diri atau berbilas setelah bermain-main di pantai. 
  9. Area Air Terjun Umbul Baros tidak begitu luas dan tanahnya berlumpur. Gunakan sandal anti selip.
  10. Area Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros masih alami, jangan mengotori atau melakukan vandalisme. 

Related

Pantai 5767046990066529327

Post a Comment

emo-but-icon

Wajib Dibaca

Recent

Comments

Artikel Terbaru

item