Air Terjun Bidadari - Cantiknya Air Terjun Bertingkat di Blitar Selatan

Air Terjun Bidadari Blitar. Tidak heran jika Blitar selatan dijuluki sebagai surganya air terjun dan pantai. Blitar selatan memang menyimpan banyak wisata menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata. Meski hanya beberapa wisata yang sudah populer dan dikembangkan, siapapun tentu tertarik untuk mencari tempat wisata baru yang perlahan mulai menampakkan keindahannya. Air terjun Bidadari adalah salah satu tempat wisata di Blitar yang sudah menampakkan diri setelah lama tersembunyi di balik rimbunnya hutan jati. 
Air Terjun Bidadari Blitar
Air Terjun Bidadari
Air terjun Bidadari berasa di Desa Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Rute ke Air Terjun Bidadari tidak begitu susah karena searah dengan Pantai Serang dan Pantai Peh Pulo. Dari Blitar bisa mengikuti rute Sutojayan - arah Pantai Serang - Desa Panggungrejo. Sampai di pertigaan Tugu Pancasila Panggungrejo lurus (kekiri ke Pantai Serang dan Pantai Peh Pulo). Setelah SD 7 Panggungrejo di kiri jalan, ikuti jalan ke kanan yang berupa tanah kerikil. Lurus saja hingga sampai di gerbang tempat wisata Air terjun Bidadari.
Air Terjun Bidadari Blitar
Gerbang Wisata Air Tejrun Bidadari
Sebelum dikembangkan menjadi tempat wisata, Air terjun Bidadari bernama Jurug Kedung Golek. Air terjun ini tersembunyi dibalik rimbunnya hutan jati di RPH Panggungrejo, KPH Lodoyo Timur, Perum Perhutani Kab.Blitar. Jalan setapak yang menurun akan mengantar hingga ke aliran sungai yang berasal dari air terjun setinggi 40 meter. Seperti namanya, Air terjun Bidadari terbilang cantik karena terdiri dari tiga air terjun yang tersusun berundak dan hal ini jarang ditemui pada air terjun di Blitar pada umumnya.

Vegetasi yang mengelilingi tempat wisata Air terjun Bidadari masih sangat asri. Derasnya air yang mengalir layaknya tirai alami tampak kontras dengan hijaunya dedaunan hutan yang mengelilinginya. Air terjun Bidadari cukup lebar dan membentuk kolam di bawahnya yang dibatasi bebatuan besar. Bebatuan raksasa ini menjadi spot foto bagi para wisatawan. Sedangkan kolam alami yang terbentuk biasanya digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Nah, jangan segan untuk melompat ke dalam kolam di bawah air terjun untuk merasakan kesegarannya.
Air Terjun Bidadari Blitar
Area Air Terjun Bidadari 
Kolam alami di bawah Air terjun Bidadari atau Jurug Kedung Golek tidak dalam dan aman karena dibatasi batuan sungai cor-cor'an. Namun, tetap harus waspada karena bebatuan di sekelilingnya cukup licin. Biasanya pada hari biasa setiap sore, beberapa anak-anak yang tinggal di sekitar tempat wisata ini beramai-ramai basah-basahan bermain di kolam. Selain air dari air terjun utama, ada kucuran air dengan mitos yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat penyucian. Kucur air ini berada di bagian kiri sebelum air terjun utama. 

Selain pesona keindahan dan spot bermain yang natural, fasilitas yang cukup menunjang sudah ada di lokasi ini seperti toilet, tempat parkir, mushola sederhana, gasebo yang tersebar di beberapa area dan warung penjaja makanan. Menikmati air terjun cantik layaknya bidadari dengan suasana hutan yang tenang... hm... siapa yang tidak mau?
Air Terjun Bidadari Blitar
Cheers...

Tips Wisata ke Air terjun Bidadari Blitar :

  1. Petunjuk arah ke tempat wisata Air terjun Bidadari sudah cukup jelas. Jika masih bingung tanyakan ke penduduk sekitar.
  2. Bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat, tetapi lebih nyaman menggunakan kendaraan roda dua karena jalan lumayan sempit. 
  3. Gunakan sandal anti selip karena bebatuan lumayan licin.
  4. Saat musim kemarau, debit air tidak begitu besar. 
  5. Ada jalur setapak untuk naik ke tingkat utama air terjun. Siapapun bisa naik, tetapi jangan melewati batas aman (pagar bambu) yang sudah dibuat pengelola. 
  6. Fasilitas toilet lumayan tidak terawat. Sedangkan penjaja makanan hanya ada di hari libur atau akhir pekan. Pada hari biasa, tempat wisata cenderung sepi.
  7. Jangan mengotori area wisata maupun melakukan vandalisme. 

Related

Air Terjun 8965260656743750180

Post a Comment

emo-but-icon

Wajib Dibaca

Recent

Comments

Artikel Terbaru

item