Pantai Bangsring - Wisata Underwater Pertama di Banyuwangi

Rumah Apung Bangsring Banyuwangi. Menikmati keindahan pesisir Banyuwangi tidak hanya di Pantai Watu Dodol yang sangat populer selama ini. Lokasi pantai-pantai di Banyuwangi yang menghadap ke timur, sangat cocok untuk menikmati pemandangan pagi sambil menanti sunrise. Salah satu lokasi menarik untuk menikmati pemandangan pagi ataupun senja, ada di Pantai Bangsring yang terdapat Rumah Apung dan lebih dikenal Bangsring Underwater. Sesuai namanya, selain menyajikan panorama alam pantai yang indah, keindahan bawah lautnya pasti sangat menggoda untuk diintip sejenak. 
Rumah Apung Bangsring Banyuwangi.
Rumah Apung Bangsring
Tempat wisata Pantai Bangsring atau Rumah Apung Bangsring ada di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya berada sekitar 22 kilometer dari pusat kota Banyuwangi dan sekitar 12,5 kilometer dari Stasiun Banyuwangi Baru. 

Dari Stasiun Banyuwangi Baru, ada tiga alternatif yang bisa digunakan untuk ke Rumah Apung Bangsring, yaitu :
  1. Bus : Dari stasiun Banyuwangi Baru naik angkutan kota ke Terminal Sri Tanjung, kemudian naik bus jurusan Situbondo dan turun di jalan raya daerah Bangsring.
  2. Taksi : Tiga taksi yang beroperasi di Banyuwangi yaitu taksi Ramayana, Osing dan Bosowa, langsung ke tempat tujuan.
  3. Ojek : Ojek alternatif paling cepat untuk ke Pantai Bangsring. Ojek bisa ditemukan di sekitar stasiun atau lewat aplikasi ojek online.

Sedangkan jika dari jalur pantura, dari Surabaya naik bis jurusan Probolinggo - Banyuwangi lewat Situbondo. Patokan Pantai Bangsring adalah banner bertuliskan 'Kelompok Nelayan Samudera Bakti' di pinggir jalan masuknya. 



Pantai Bangsring memiliki luas sekitar 15 Ha dengan kedalaman yang bervariasi mulai 2 - 15 meter. Sebagai area konservasi terumbu karang, tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk menikmati keindahan taman laut Pantai Bangsring. Dengan jarak yang dekat, ikan-ikan hias sudah tampak hilir mudik menyapa. Merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang tergolong baru dan diremikan pada tahun 2014, Pantai Bangsring menyediakan berbagai pilihan wisata bahari menarik yang bisa dilakukan.

Lalu, apa saja yang menarik di Pantai Bangsring Banyuwangi?

1. Rumah Apung

Rumah Apung layaknya icon di tempat wisata Pantai Bangsring ini. Bukan seperti tempat tinggal, rumah apung merupakan gubuk yang dibangun di tengah laut. Rumah apung terletak sekitar 20 meter dari bibir pantai dan untuk mencapainya harus menggunakan perahu atau berenang sendiri. Dari rumah apung ini, wisatawan bisa menyaksikan panorama taman bawah laut sesuai namanya, Bangsring Underwater. Rumah Apung ini memiliki 8 kolam keramba, 17 kano, 4 banana boat dan juga peralatan selam. So, where will you go?
Rumah Apung Bangsring Banyuwangi.
Kolam Keramba
Rumah Apung Bangsring Banyuwangi.
Penangkaran Penyu
Rumah Apung Bangsring Banyuwangi.
Salah Satu Rumah Apung

2. Kolam Hiu

Bukan hanya di Karimun Jawa yang menyediakan penangkaran hiu. Di Rumah Apung terdapat keramba penangkaran berisi peranakan hiu sirip hitam. Ikan hiu ini terjaring dari jaring nelayan setempat dan akan dilepas kembali setelah dinilai sudah siap.

Rumah Apung Bangsring Banyuwangi.
Penangkaran Hiu
Selain melihat kawanan hiu yang lalu lalang, siapapun bisa mencoba tes adrenalin dengan berenang bersama hewan buas tersebut. Namun tenang, sudah ada pemandu dari Bangsring Underwater yang akan menjaga keselamatan wisatawan, asalkan harus taat aturan ketika mencoba sensasi menegangkan ini. 

3. Snorkeling & Diving

Bukan hanya hiu, di sekeliling rumah apung bisa terlihat biota laut yang lalu lalang. Mengintip keindahan bawah laut yang dipenuhi terumbu karang, koloni koral dan beragam ikan hias akan menjadi aktivitas yang sangat menarik. Bosan menikmati taman laut di permukaan, diving bisa menjadi solusi yang tepat. Menjelajahi bawah laut Bangsring akan lebih sempurna dengan diving dan melihat lebih dekat.

Beberapa ikan hias banyak ditemukan di Pantai Bangsring, seperti jenis Bule Devil, angelfish, blue tang, ikan nemo, ikan scorpio dan jorunna parva si kelinci laut. Penasaran? try to dive!

4. Menanam Terumbu Karang

Sebagai tempat konservasi, tempat wisata Pantai Bangsring melakukan penanaman terumbu karang sebagai program dari Marine Education. Menanam terumbu karang bisa dilakukan oleh siapapun. Penanaman dimulai dari pengikatan bibit pada rak paralon, kemudian ditanam di dasar laut. Hm... edukasi yang sempurna!

5. Wahana Wisata Bahari


Selain berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Rumah Apung, sesekali bermain di perairan juga boleh dicoba. ada berbagai wahana wisata di Pantai Bangsring, seperti perahu, kano, banana boat dan balon air. Menikmati panorama pantai di tengah yang laut sekaligus jungkir balik, pastinya sangat menyenangkan!.

Rumah Apung Bangsring Banyuwangi.
Wahana Wisata
Pantai Bangsring bisa dikunjungi secara langsung. Biasanya, tempat wisata ini menjadi satu paket dengan trip ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan. Tidak jarang juga wisatawan dari kedua pulau tersebut sejenak mampir ke Rumah Apung untuk menikmati sore di akhir perjalanan yang menyenangkan.

Tips wisata ke Pantai Bangsring Banyuwangi :

  1. Jika naik kereta, turunlah di Stasiun Banyuwangi Baru yang paling dekat dengan Pantai Bangsring. Jangan turun di Stasiun Karangasem.
  2. Jika tidak membawa perlengkapan, sudah tersedia fasilitas di tempat wisata Pantai Bangsring seperti alat diving dan snorkeling, camera underwater, chasing waterproof, kursi pantai dan jasa guide.
  3. Waktu yang tepat mengunjungi Pantai Bangsring adalah menjelang sore hari. 
  4. Patuhi aturan dari pemandu sebelum masuk ke kolam hiu. Masuk harus dengan perlahan, tanpa meloncat. Bersikaplah tenang ketika di dalam air, jangan menyentuh ikan hiu atau melakukan gerakan mendadak.
  5. Jangan merusak terumbu karang ketika snorkeling maupun diving. 
  6. Jagalah kebersihan di area wisata dan jangan melakukan vandalisme.
  7. Jangan lupa membawa pakaian ganti, sunblock, topi atau payung untuk melindungi dari panas.

Related

Pantai 3410568554077548851

Post a Comment

emo-but-icon

Wajib Dibaca

Recent

Comments

Artikel Terbaru

item