Blog Tentang Catatan Perjalanan, Pendakian Gunung dan Tempat-Tempat Indah di Indonesia

Menelusuri Temuan Baru Situs Candi Gambar Wetan Blitar

Candi Gambar Wetan Blitar. Menelusuri peninggalan sejarah kerajaan memang sangat menarik, terlebih jika berhubungan dengan Kerajaan Majapahit. Selain di Trowulan, situs-situs peninggalan kerajaan terbesar di nusantara ini tersebar di beberapa daerah, salah satunya di Blitar, Jawa Timur. Kota proklamator ini tidak hanya memiliki Candi Penataran, tetapi candi-candi lain seperti Candi Sawentar, Candi Kotes, Candi Simping dan sebagainya. Salah satu tempat yang sangat menarik adalah Candi Gambar Wetan. Kenapa?, karena penggalian yang terus dilakukan telah menemukan struktur candi yang lebih luas.
Candi Gambar Wetan Blitar
Candi Gambar Wetan
Candi Gambar Wetan terletak di Desa Gambar, Kec.Nglegok, Kabupaten Blitar (-7.968139,112.238087) . Berada sekitar 19 kilometer ke arah utara pusat Kota Blitar. dan sekitar 7 kilometer ke arah utara Candi Penataran. Untuk menuju Candi Gambar Wetan, rutenya tidak mudah, tetapi akses jalannya yang cukup susah. Rute Candi Gambar Wetan cukup mengikuti rute ke tempat wisata Bukit Teletubbies, nanti ada petunjuk ke arah candi.

Ada dua rute alternatif untuk menjuju Candi Gambar wetan :
  1. Pertigaan Kantor Desa Penataran - Pacuh - DAM Kali Bladak - Perkebunan Gambar - Candi.
  2. Penataran - Kedawung - Sumberasri - Pertigaan Garuda ke kanan - Perkebunan Gambar - Candi

Lokasi Candi Gambar Wetan letaknya memang tersembunyi di dalam perkebunan, tetapi sudah ada jalur yang bisa dilalui untuk sampai ke lokasi. Candi Gambar Wetan berada di atas bukit, di sebelah selatan Gunung Kelud dan juga di sebelah aliran lahar Gunung Kelud. Tak heran jika jalan yang harus dilalui cukup berpasir, sempit dan berkelok. 

Sekilas Tentang Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan Blitar
Area Depan Candi Gambar Wetan
Candi Gambar Wetan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di masa pemerintahan Tribuana Tunggadewi yang kemudian diwariskan kepada Hayam Wuruk untuk pemujaan Gunung Kelud. Candi Gambar Wetan dipercaya juga menjadi tempat peristirahatan Hayam Wuruk dan Raja Majapahit lain dalam perjalanannya menuju Gunung Kelud dan Candi Penataran

Area Candi Gambar Wetan memiliki luas sekitar 6.600 meter2. Awal mula ditemukannya situs candi adalah ketika petugas perkebunan mencangkul tanah dan mengenai sisi candi, kemudian ditemukan arca. Setelah itu mulai dilakukan penggalian pertama pada tahun 1992. Menurut petugas, di Candi Gambar Wetan pernah ditemukan  relief Werkudara di Dam Sangiran, tetapi sebelum diresmikan pemerintah, banyak penjarahan oleh warga sekitar. Sebelumnya, ketika penjajahan Belanda, penjarahan juga terjadi untuk dijadikan pajangan di rumah Direksi Kebesaran, tetapi kini relief telah diambil dan diamankan ke museum.  


Ekskavasi Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan Blitar
Area Penggalian 2018
Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, mendokumentasikan ekskavasi Candi Gambar Wetan sebagai berikut :
  1. 1992 : Penggalian pertama ditemukan struktur anak tangga.
  2. 2012 : Ekskavasi tahap I 
  3. 2014 : Ekskavasi tahap II
  4. 2015 : Ekskavasi tahap III
  5. 2016 : Ekskavasi tahap IV dilakukan berdasarkan hasil temuan dan Test Pit tahun 1992, tetapi ternyata struktur tangga baru berbentuk batur.
  6. 2017 : Penggalian teras pertama, ditemukan arca Dwarapala.
  7. 2018 : Penggalian pada 19 - 28 Februari 2018 ditemukan pasangan arca dari penggalian 2017 serta struktur bangunan utama candi.
  8. 2020 : Rencana akan dikupas tunttas tentang struktur area Candi Gambar Wetan.


Area Candi Gambar Wetan terbilang asri. Sebuah pohon pule besar  yang tampak sangat tua menjadikan area candi teduh, ditambah beberapa tanaman mawar dan rumput hijau yang tumbuh segar. Area-area disekitar candi juga terawat dengan baik. Area di sekitar struktur tangga candi hingga candi utama adalah lokasi penggalian yang selama ini dilakukan hingga sekarang dan kedepannya.

Berikut area Candi Gambar Wetan :

1. Struktur Tangga Candi
Tepat di bawah pohon pule, ada tangga candi yang menjadi struktur utama di area Candi Gambar Wetan, sekaligus sebuah jalan untuk naik ke bukit dimana terdapat candi utama. Di bawah tangga ada satu arca, tetapi pasangannya ada di luar pagar area candi dan masih digunakan untuk ritual oleh masyarakat sekitar.
Candi Gambar Wetan Blitar
Pasangan Arca Tangga Candi

2. Teras Candi Pertama
Setelah menaiki tangga yang cukup tinggi, area candi mulai tampak. Sebuah teras candi dengan arca di kanan kirinya menjadi candi pertama yang akan dijumpai. Disini terdapat dua arca Dwarapala. Masyarakat sekitar menyebut arca ini sebagai Arca Mbah Bodo dan Arca Mbah Dewo.
Candi Gambar Wetan Blitar
Teras Pertama Candi

3. Teras Candi Kedua
Teras berikutnya masih berupa area penggalian yang didalamnya terdapat struktur candi yang tidak jauh beda dengan teras candi pertama. Terdapat dua buah arca Dwarapala yang masing-masing ditemukan pada penggalian tahun 2017 dan tahun 2018. Di area ini juga terdapat batuan candi yang menyertakan angka tahun. Menurut juru kunci  tahun tersebut adalah tahun 1279 yaitu ketika jaman Kerajaan Majapahit. 
Candi Gambar Wetan Blitar
Penggalian Teras Kedua 2017 - 2018

4. Candi Utama
Candi utama ada di area paling belakang. Jika sebelumnya hanya ada satu bangunan candi tempat penyucian di sisi paling kanan, kini setelah penggalian baru yang berakhir pada 28 Februari 2018, ditemukan struktur candi di tengah dan di sebelah kiri yang dianggap sebagai candi utama. Dengan ditemukannya struktur candi utama yang memiliki luas 8 meter2, keutuhan situs ini semakin membuat arkeolog maupun masyarakat sekitar bertanya-tanya, sebenarnya seberapa besar situs Candi Gambar Wetan ini?, karena jika diperhatikan dengan jelas, di sepanjang jalan setapak menuju area candi, juga tampak susunan batu menyerupai anak tangga. Hm... sepertinya area Candi Gambar Wetan ini sebenarnya sangat luas. 
Candi Gambar Wetan Blitar

Candi Gambar Wetan Blitar

Candi Gambar Wetan Blitar

Candi Gambar Wetan Blitar
Potongan Kaki dan Angka Tahun
Banyaknya struktur bangunan yang masih terpendam, bebatuan candi masih diletakkan ala kadarnya di area penggalian. Ada beberapa bagian yang rusak dari bangunan yang telah runtuh ini. Di bagian sisi batuan candi terdapat relief menarik yang belum terkuak jalan ceritanya.

Candi Gambar Wetan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang sangat menarik bagi arkeolog maupun masyarakat sebagai sarana edukasi. Selain itu, adat budaya masyarakat sekitar juga masih dilakukan di area candi, seperti ritual mantu, syukuran bersih desa dan tolak bala. Kini tinggal menunggu waktu bagaimana sejarah Candi Gambar Wetan perlahan akan terkuak.
Candi Gambar Wetan Blitar
Struktur Tangga Candi

Tips Wisata ke Candi Gambar Wetan Blitar :

  1. Area jalan yang cukup terjal dan sempit, sebaiknya menggunakan kendaraan roda 2. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi fit.
  2. Ketika musim hujan, jalan cukup becek, gunakan sandal anti selip.
  3. Jika tempat wisata sepi, pagar area candi digembok. Biasanya masyarakat sekitar masuk lewat pintu timur arah sungai aliran lahar di dekat arca.
  4. Untuk pos perijinan membayar dengan sukarela. 
  5. Jangan merusak area candi termasuk tempat penggalian maupun relief yang baru saja ditemukan.
  6. Jangan mengotori area candi dan melakukan vandalisme.

Loading...
1 Comments

sungguh menarik keindahan candinya