Pendakian Gunung Wilis 2.300 mdpl via Bajulan - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Wilis 2.300 mdpl via Bajulan

Gunung Wilis merupakan gunung berapi istirahat yang terletak satu rangkaian dalam Pegunungan Wilis. Di lereng gunung ini ada banyak air terjun yang sudah dikembangkan menjadi pariwisata, seperti Air Terjun Dolo, Air Terjun Roro Kuning maupun Air Terjun Irenggolo. (id.wikipedia.org)

Gunung Wilis memiliki sekitar 40 puncak. Puncak tertingginya adalah puncak Liman atau puncak Ngliman dengan ketinggian 2.563 mdpl. Gunung Wilis memang jarang didaki seperti gunung-gunung tinggi di Jawa Timur lainnya, itulah yang menyebabkan keasriannya masih sangat terjaga.

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Gunung Wilis masuk dalam wilayah enam kabupaten yaitu Kabupaten Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo dan Trenggalek. Gunung Wilis terbilang bersejarah karena pernah dilalui oleh Jendral Sudirman sebelum melakukan penyerangan umum ke Yogyakarta pada 1 Maret 1949. 

Dari banyaknya puncak yang ada, hanya lima jalur pendakian Gunung Wilis yang bisa dilalui, yaitu :
  1. Jalur pendakian via Candi Penampihan, Sendang, Tulungagung. 
  2. Jalur pendakian via Mojo, Kediri.
  3. Jalur pendakian via Bajulan (Roro Kuning), Nganjuk. 
  4. Jalur pendakian via Sedudo (Desa Ngliman), Nganjuk. 
  5. Jalur pendakian via Kare, Madiun 

Transportasi ke Basecamp Bajulan :

Jalur pendakian Gunung Wilis via Bajulan bisa mengikuti jalur ke arah tempat wisata Air Terjun Roro Kuning, tepatnya di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk, Jawa Timur. Rute jalur tidak begitu susah dan bisa dilalui kendaraan roda 4. 

Ada tiga cara ke basecamp Gunung Wilis via Bajulan, yaitu : 
  1. Dari Kediri : Naik minibus dari Terminal Kediri tujuan Nganjuk, turun di Loceret. Dari Loceret bisa naik angkot ke Bajulan atau ojek hingga basecamp Sekartaji.
  2. Dari Surabaya : Naik bus tujuan Kediri, turun di Loceret, lanjut seperti cara diatas. Jika turun di Terminal Kediri, bisa naik bus tujuan Nganjuk, turun di Loceret.

Info & Tips : 
  • Daripada naik transportasi umum, lebih mudah naik kendaraan pribadi. 
  • Di Terminal Nganjuk bisa lanjut ojek atau sewa angkot. 

Basecamp pendakian Gunung Wilis via Bajulan berada di sebelah kanan, ditandai dengan banner dan plang 'Pos Pendakian Sekartaji". Sekartaji merupakan nama pos di jalur pendakian Gunung Wilis. Biasanya, pos Sekartaji menjadi tujuan pendaki selain puncak Limas.

Peta Pendakian Gunung Wilis via Bajulan

Peta Pendakian Gunung Wilis via Bajulan

Pendakian Gunung Wilis

Basecamp - Pos Panjer

Trek awal pendakian dari basecamp berupa jalan makadam tersusun rapi melewati rumah dan kebun penduduk. Trek berganti tanah ketika mendekati pintu hutan dengan jalan yang mulai menanjak, tetapi masih di dalam area ladang warga sekitar. Trek terus menanjak ringan melalui hutan yang tidak terlalu lebat hingga sampai di Pos 1.

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Pos Panjer

Pos Panjer, merupakan area lapang di jalur pendakian yang terdapat dudukan dari kayu untuk istirahat sejenak.

Pos Panjer - Pos Gentongan

Pendakian Gunung Wilis dilanjutkan dengan tetap mengikuti jalan setapak ke Pos 2. Jalur dari Pos 1 ke Pos 2 merupakan jalur paling pendek dengan trek landai.


Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Pos Gentongan

Pos Gentongan, merupakan area terbuka di sisi jalur pendakian. Disini terdapat gubuk yang tinggal kerangka kayunya saja. Dari pos ini bisa terlihat view kota Nganjuk dan area lembah Gunung Wilis, Sekartaji.

Pos Gentongan - Pos Sekartaji

Dari Pos Gentongan, jalur pendakian sudah tidak terlalu membutuhkan banyak energi, karena jalur setapaknya cenderung landai, dan pada beberapa bagian ada jalur turunan. Area terbuka dengan lembah savana menandakan Pos Sekartaji sudah dekat. 

Savana merupakan punggungan yang harus dilalui sebelum Sekartaji. Ilalang lebat yang tinggi akan mengantar hingga Sekartaji. Di sisi kanan punggungan Savana ini ada jalur lama yang sudah tidak pernah digunakan karena terlalu curam.

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Pos Sekartaji

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
View Pos Sekartaji

Sekartaji merupakan area terbuka yang bisa menampung lebih 10 tenda dengan tiga area yang berbeda. Di area paling atas terdapat candi. View disini sangat indah dan terdapat sumber air, menjadikannya lokasi favorit dan terbaik untuk camp. 

Dari Pos Sekartaji tampak Gunung Butak, Gunung Kawi, Gunung Arjuno, Gunung Welirang dan Gunung Semeru di kejauhan. 


Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Sunrise dari Pos Sekartaji

Pos Sekartaji - Pospan

Pendakian Gunung Wilis yang sebenarnya dimulai dari Pos Sekartaji ini. Setelah Pos Sekartaji, jalur pendakian dilanjutkan dengan trek menanjak melewati punggungan ilalang sama seperti sebelumnya. Ada setidaknya tiga punggungan yang harus dilalui.

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Trek Savana ke Pospan

Di sepanjang trek savana akan melewati Watu Lawang, berupa batu besar di area datar. Trek pendakian terus menanjak hingga Hutan Pendek. Hutan Pendek merupakan area datar yang cukup luas sebelum kembali masuk ke hutan pegunungan Wilis. 

Dari Hutan Pendek, trek melipir ke kiri hingga Pospan. Pospan merupakan area datar teduh dan lapang yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak.

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Pospan


Pospan - Cemoro Besar

Jalur pendakian Gunung Wilis dilanjutkan menelusuri jalan setapak melalui hutan dan ilalang hingga Cemoro Besar. Cemoro Besar merupakan area di jalur pendakian yang terdapat pohon cemara besar. Itu saja.

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Cemoro Besar


Cemoro Besar - Puncak Limas

Dari Cemoro Besar hingga puncak merupakan pendakian yang paling melelahkan di sepanjang jalur pendakian Gunung Wilis via Bajulan. Trek terus menanjak terjal tanpa bonus menyusuri punggungan gunung. 

Di tengah jalur ada tanjakan curam yang harus didaki dengan bantuan tali. Sudah ada tali yang terpasang untuk memudahkan pendakian di jalur yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini.

Selepas tanjakan, trek masih menyusuri punggungan dengan trek yang berkelok-kelok menanjak menyusuri ilalang di jalur setapak hingga sampai di Puncak Limas. 

Puncak Limas dengan ketinggian 2.300 mdpl merupakan salah satu puncak Pegunungan Wilis via Roro Kuning atau Bajulan. Puncak Gunung Wilis ini ditandai dengan tugu, berada di area datar terbuka yang masih di dalam area hutan. Jadi, sampai di puncak hampir tidak ada view menarik apapun selain pepohonan di sekitarnya.

Pendakian Gunung Wilis via Bajulan
Cheers...

Tips Pendakian Gunung Wilis :

  1. Lengkapi kebutuhan logistik sebelum pendakian. Basecamp juga menjual beberapa makanan ringan dan logistik untuk pendaki. 
  2. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  3. Pada musim hujan, jalur pendakian awal becek dan sangat licin, wajib berhati-hati agar tidak terpeleset ketika naik ataupun turun. 
  4. Jika perlu, bawalah alat penebas untuk membuka jalur setapak yang mulai tertutup. 
  5. Waspadai serangan pacet. Gunakan sepatu yang tertutup. 
  6. Agar tidak basah karena kabut, pakailah celana jas hujan saat melewati area savana yang sangat rimbun. 
  7. Lokasi camp terbaik ada di Pos Sekartaji, dimana tersedia sumber air, lokasi luas dan view yang menawan. 
  8. Area savana sebelum Pos Sekartaji hingga Pospan sangat panas ketika siang hari dan tidak ada tempat untuk berteduh. Bawalah pelindung kepala untuk menghindari dehidrasi yang disebabkan panas terik matahari. 
  9. Bawalah persediaan air yang cukup jika ingin melanjutkan ke Pos Limas. Setelah Pos Sekartaji tidak ada sumber air kecuali jika turun hujan. 
  10. Berhati-hatilah ketika menaiki ataupun menuruni tanjakan curam sebelum Puncak Limas. 
  11. Bawalah sampah turun dan jangan melakukan vandalisme. 

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Wilis :

Basecamp - Pos Panjer : 1 jam 25 menit
Pos Panjer - Pos Gentongan : 35 menit
Pos Gentongan - Pos Sekartaji : 40 menit
Pos Sekartaji - Pospan : 1 jam 30 menit
Pospan - Cemoro Besar : 15 menit

Cemoro Besar - Puncak Limas : 1 jam

Informasi Gunung Wilis via Kediri:

  • Tinggi : 2.300 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano type B
  • Wilayah : Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek.
  • Puncak : Puncak Limas
  • Letusan : Sebelum 1.600 M
  • Titik Bekas Erupsi : Ngargokalangan, Willis Tua, Willis Muda, Watu Bangil
  • Sumber Mata Air : 
  • Camp Ideal : Pos Sekartaji
  • Durasi Pendakian Normal : 2 hari.
  • View Gunung :  Pegunungan Wilis.
  • Wisata Sekitar : Air Terjun Roro Kuning, Wana Wisata Jolotundo, Air Terjun Coban Tretes. 
  • Lokasi Basecamp Sekartaji : Plakat, Bajulan, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Sekartaji : 0852-3285-0246
  • Simaksi : -