Pesona Sisa Keindahan Masa Lalu Pantai Siring Kemuning Madura

Pantai Siring Kemuning Madura. Banyak tempat wisata pantai yang memiliki karakteristik sama dengan Pantai Kuta Bali. Selain beberapa pantai di Lombok dan di Jawa, ada sebuah pantai di Madura yang pernah mendapat julukan Pantai Kuta'nya Madura. Meski banyak tempat wisata pantai di Madura, Pantai Siring Kemuning pernah menjadi pantai yang diminati wisatawan mancanegara karena suasana alaminya. Kini, sisa-sisa keindahan Pantai Siring Kemuning masih bisa dirasakan, meski hanya meninggalkan bekas dan cerita manis.
Pantai Siring Kemuning Madura
Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning berada di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kebupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Berada sekitar 41 km dari Bangkalan dan sekitar 65 km dari Jembatan Suramadu. Rute ke Pantai Siring Kemuning dari Jembatan Suramadu bisa melalui jalan Suramdau dan Jalan Klampis. Berikut rute ke Pantai Siring Kemuning :
  1. Jalan Klampis : Jalan Klampis - Kecamatan Tanjung Bumi - Gapura denagn petunjuk arah ke Pantai Siring Kemuning.
  2. Bangkalan : Jalan Maneron - Jalan Raya Sepuluh - Tlangoh.
Sekilas, Pantai Siring Kemuning tampak tak jauh berbeda wisata pantai di Madura yang lainnya. Pantai yang sering disebut dengan Pantai Kuta'nya Madura ini banyak dikunjungi wisatawan asing pada masanya dan kini keadaan jauh berbeda karena beberapa aktivitas dan kurangnya dukungan pemerintah dalam mempertahankan pesona Pantai Siring Kemuning.

Seluk Beluk Pantai Siring Kemuning

Sebelum tahun 1995, Pantai Siring Kemuning masih sangat alami dan memiliki bibis pantai yang luas sekitar 100 meter. Sehingga tempat ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara untuk beraktivitas seperti pacuan kuda maupun berjemur. Wisatawan asing yang kebanyakan dari Australia ini dulunya menghabisakan waktu di Pantai Siring Kemuning dengan menginap. Selain aktivitas yang menarik, daya tarik yang disuguhkan Pantai Siring Kemuning masa itu adalah suasana yang tenang dan nyaman. Untuk itulah menghabiskan waktu hingga menikmati sunset di Pantai Siring Kemuning menjadi hal wajib para wisatawan.
Pantai Siring Kemuning Madura
Pesisir Pantai Siring Kemuning
Adanya aktivitas penambangan di area Pantai Siring Kemuning membuat kondisi alami pantai mulai tergerus. Masyarakat menambang pasir dan batu karang di kawasan pantai untuk material bahan baku bangunan. Hal ini menyebabkan lebar bibir pantai berkurang sekitar 75 meter, sehingga suasana nyaman dan tenang yang menjadi favorit para wisatawan akhirnya ini menguap ditelan waktu. Akibatnya setelah tahun 1995, tidak ada wisatawan asing yang mengunjungi Pantai Siring Kemuning.

Hilangnya daya tarik ternyata juga mulai menghilangkan tradis. Tidak ada cerita mitos yang berkembang hingga ritual khusus berupa upacara adat.

Pantai Siring Kemuning Masa Kini

Pantai Siring Kemuning menyajikan pesona sunrise dan sunset yang bisa dinikmati dari tempat yang berbeda. Petunjuk arah wisata yang terpampang jelas tak jauh dari pintu masuk akan menunjukkan lokasi yang cukup diminati wisatawan yaitu lokasi sunset, sunrise, maupun kampung terasi.
Pantai Siring Kemuning Madura
Where Will You Go?
Meski sebagian besar keindahannya telah hilang, sisa-sisa pesona Pantai Siring Kemuning masih bisa dirasakan. Hamparan pasir putih, birunya laut, hempasan ombak yang tidak besar, serta batuan karang yang menghiasi pesisir Pantai Siring Kemuning, sehingga menciptakan suasana yang nyaman untuk sekedar bersantai. Dengan ombak yang cenderung tenang, menikmati pantai dengan berenang tidak ada salahnya, asalkan tidak terlalu ke tengah.

Puas berjibaku dengan karang, pasir dan laut, bersantai menikmati pesona alam dengan bercengkerama di bawah pepohonan rindang merupakan solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah. Ada beberapa warung berjajar di tepi pantai untuk melengkapi kebutuhan logistik. Tentu mengasyikkan, bersantap ria ditemani angin sepoi sambil menikmati panorama alam yang indah. Hal yang tidak berubah dari Pantai Siring Kemuning adalah pesona sunset yang sangat menawan. Yah... karena ini adalah Pantai Kuta'nya Madura yang selalu terkenal dengan momen matahari terbenam.
Pantai Siring Kemuning Madura
Keindahan Karang Pantai Siring Kemuning
Pesona wisata yang meredup di Pantai Siring Kemuning bisa terlihat dari fasilitas yang juga cukup memadai. Warung-warung kecil banyak yang tutup, loket masuk wisata kadang juga tutup dan penginapan di sekitar sepi karena minimnya wisatawan.

Tips Wisata ke Pantai Siring Kemuning :
  1. Meski bisa menyaksikan sunrise, Pantai Siring Kemuning terkenal dengan sunset yang mempesona, sehingga waktu berkunjung yang lebih cocok adalah sore hari.
  2. Cuaca di pantai sangat panas di siang hari, bawalah pelindung kepala.
  3. Selain hari libur dan akhir pekan, tempat wisata di Madura ini cenderung sepi, sehingga banyak warung yang tutup. Bawalah bekal jika berwisata di hari biasa.
  4. Pantai Siring Kemuning memiliki tipe ombak yang menyeret, jadi harus berhati-hati ketika berenang dan sebaiknya tidak terlalu ke tengah.
  5. Jangan membuang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme di area tempat wisata.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pesona Sisa Keindahan Masa Lalu Pantai Siring Kemuning Madura"

Post a Comment