Pendakian Gunung Pundak 1.547 mdpl via Puthuk Siwur - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Pundak 1.547 mdpl via Puthuk Siwur

Gunung Pundak banyak dikenal sebagai salah satu tempat favorit untuk ngadem ringan, tak heran jika tersedia banyak area camping ground di gunung mungil ini. 

Memiliki ketinggian 1.547 mdpl dengan trek pendakian ringan, ditambah pemandangan alam yang istimewa, gunung yang disebut-sebut sebagai pundak (bahu) Gunung Welirang ini cocok menjadi obat rindu para petualang yang enggan menghabiskan tenaga ekstra untuk kegiatan mendaki gunung.

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Puncak Puthuk Siwur
Gunung Pundak berada di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur dan masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Ada dua jalur pendakian Gunung Pundak, yaitu : 
  • Jalur Pendakian via Puthuk Siwur 
  • Jalur Pendakian via Tahura 

Jalur pendakian via Puthuk Siwur ini baru eksis tahun 2017. Pendakian via Puthuk Siwur merupakan jalur pendakian resmi yang dikelola oleh perhutani. Jalur ini cenderung lebih santai daripada jalur pendakian via Tahura.

Transportasi ke Basecamp Puthuk Siwur

Ada berbagai alternatif cara ke perijinan Puthuk Siwur :
  1. Dari Jakarta : Naik kereta tujuan Mojokerto (Gaya Baru Malam, Bangukarta, Bima). Kemudian naik ojek ke Claket, Pacet untuk sampai ke perijinan Gunung Pundak. 
  2. Dari Surabaya : Dari Terminal Bungurasih naik bus jurusan Mojokerto / Kertosono / Kediri / Madiun, turun di Terminal Kertajaya. Naik bus jurusan Mojokerto - Pacet. 
  3. Dari Malang : Dari Terminal Landungsari naik angkot BJL (Batu - Junrejo - Landungsari), turun di Terminal Batu. Lanjut angkot jurusan Batu - Selecta - Sumber Brantas, turun di Sumber Brantas. Lanjut ojek ke Pacet. 

Info & Tips :
  • Dari luar kota lain bisa naik bus tujuan Terminal Kertajaya Mojokerto. Jika naik kereta dari Stasiun Mojokerto bisa naik angkot C, D atau G ke Terminal Kertajaya. Disana naik bus atau elf jurusan pacet. 
  • Untuk ke pos pendakian Puthuk Siwur, jalannya searah dengan Wisata Pemandian Air Panas. Dari Surabaya Bisa menggunakan dua opsi rute mudah yaitu lewat Jl.Trawas - Mojosari atau Jl Pacet.
  • Bila naik saat weekend via Puthuk Siwur, wajib lewat taman wisata air panah dengan tambahan biaya tiket Rp.15.000/motor.

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Area Pos Perijinan
Kawasan gunung yang ada di area Tahura Raden Soerjo ini sudah mulai menggunakan sistem booking online untuk pendakiannya. Baca : Daftar Gunung di Indonesia yang Terapkan Sistem Booking Online

Pos perijinan berada di sebelah warung yang menyediakan makanan, minuman hingga fasilitas karaoke, tempat parkir dan kamar mandi umum. So, sing before starting an adventure !

Pendakian Gunung Pundak

Pos Pendakian - Camp 1

Pendakian diawali dengan menyusuri jalan setapak di sebelah pos perijinan yang merupakan gerbang masuk wisata hutan pinus. Di tengah hutan pinus, ada area unik yang mungkin menarik, dimana bisa disiapkan atribut dan perlengkapan foto, and welcome to selfie area !. 

Area selfie merupakan salah satu spot foto di tengah hutan pinus yang pertama ditemui di jalur pendakian. Berupa batuan besar dimana saat cerah bisa terlihat pemandangan alam di sekitar. 

Mendaki sambil bergaya? why not?. Trek dilanjutkan dengan tetap menyusuri jalan setapak menembus rimbunnya hutan pinus hingga sampai di Camp 1.

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Camp 1

Camp 1 merupakan area camp di tengah hutan pinus dengan area yang tidak terlalu lebar, tapi sepertinya nyaman.

Camp 1 - Pos 2

Berlanjut ke Pos 2, ada beberapa area datar dan lapang di sepanjang hutan pinus ini yang dilengkapi dengan dudukan alami dari batang kayu. Alam memang sangat pengertian...

Setelah keluar dari hutan pinus, area mulai terbuka, berubah menjadi vegetasi ilalang tinggi dan tumbuhan perdu. Inilah gerbang awal pendakian yang sebenarnya. 

Trek mulai menanjak menaiki punggungan bukit. Di sepanjang trek ini pemandangan hijau hutan pinus dan lembah cukup menggoda untuk dinikmati sejenak. Mungkin tertarik untuk menciptakan spot selfie yang baru?

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Pos 2 - Gua Bebek

Pos 2 - Gua bebek, ada di ujung area terbuka, sebelum pintu masuk hutan. Di area ini tidak ada gua ataupun bebek, tetapi hanya area datar terbuka yang ditandai sebuah pohon sebagai peneduh, meski nyatanya masih kepanasan di siang hari.

Pos 2 - Puncak Puthuk Siwur

Selepas pos 2, trek kembali masuk ke dalam hutan. Dengan trek yang menanjak dan rimbun, jalur pendakian Gunung Pundak jadi terasa melelahkan. Tidak berselang lama, hutan yang rapat kembali ke jalur area terbuka memutari bukit di area hutan pinus.

Selepas jalan yang menanjak, jalur kembali landai hingga sampai di area datar dengan puncak di sebelah kanannya, Puncak Puthuk Siwur.

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Puncak Puthuk Siwur

Puncak Puthuk Siwur memiliki ketinggian 1.429 mdpl, sebuah area lapang yang cocok untuk camp. Tepat di bawah Puncak Puthuk Siwur juga ada area luas yang bisa digunakan untuk camp ataupun futsal kecil-kecilan. 

Dari area puncak Puthuk Siwur, terlihat jelas Gunung Penanggungan, kota Mojokerto dan secuil puncak Gunung Welirang di selatan di balik bukit.

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Sunrise Puncak Puthuk Siwur

Puncak Puthuk Siwur - Puncak Gunung Pundak

Dari puncak Puthuk Siwur, pendakian dilanjutkan melipir bukit di depannya. Trek berupa jalur setapak yang mulai tertutup ilalang. Setelah di ujung tanjakan, jalur pendakian akan menurun sebelum kembali menanjak terjal. 

Jalur menanjak berupa tanah berbatu padat ini melipir ke bukit hingga di area terbuka yang dipenuhi ilalang tinggi. Di sepanjang area ini masih tampak Gunung Penanggungan yang masih menjadi pemandangan wajib. 

Ikuti jalan setapak menembus ilalang di jalur yang mulai landai. Di ujung jalan setapak, area kembali terbuka, kali ini menampakkan Gunung Welirang yang tinggi menjulang. Untuk ke puncak Gunung Pundak, tetap ikuti jalan setapak. Meski bercabang, jalan setapak akan mengantar hingga ke puncak Gunung Pundak. 

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Puncak Gunung Pundak

Puncak Gunung Pundak berada di ketinggian 1.547 mdpl, berupa area lapang yang luas. Dari puncak Gunung Pundak tampak Gunung Welirang yang gagah dengan lekukan lereng hijaunya yang sangat memanjakan mata, meski Gunung Penanggungan tidak tampak lagi. 

Perbukitan dengan padang ilalang hijau kekuningan juga menambah keindahan panorama alam yang mempesona.

Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Landscape Gunung Welirang

Area terbuka yang sangat luas di puncak Gunung Pundak bisa untuk camp. Selain itu ada area datar lain di sekitar puncak. Bisa dipilih, ingin camp di area terbuka atau area teduh.

Tips Pendakian Gunung Pundak :

  1. Ke pos perijinan melewati pos registrasi wisata air panas, akan dikenakan tarif registrasi 2x, yaitu tiket masuk wisata air panas dan pendakian gunung pundak. Lebih mudah bisa lewat Jl.Pacet atau bisa akses jalur via GPS.
  2. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  3. Tidak ada sumber air di sepanjang jalur pendakian, lengkapi logistik sebelum sampai di area pos perijinan. Di pos perijinan biasanya hanya buka hari Sabtu - Minggu dan hanya menyediakan makanan ringan dan minuman.
  4. Pada musim tertentu, di sepanjang jalur pendakian selepas hutan pinus camp 1 hingga pendakian ke arah puncak Gunung Pundak banyak ditemui ulat bulu.
  5. Jika ingin mencari sunrise, sebaiknya camp di puncak Puthuk Siwur. Selain sunrise yang nampak jelas, ketika malam hari juga bisa memandang lampu-lampu kota Mojokerto.
  6. Pendakian dari puncak Puthuk Siwur hingga puncak Gunung Pundak sangat panas di siang hari, bawalah pelindung kepala dari sengatan sinar matahari.
  7. Pertimbangkan cuaca dan kondisi alam jika ingin camp di area terbuka seperti di puncak Gunung Pundak.
  8. Wajib membawa turun sampah dan jangan melakukan vandalisme.
Pendakian Gunung Pundak via Puthuk Siwur
Cheers...

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Pundak 

Pos Perijinan - Camp 1 : 35 menit
Camp 1 - Pos 2 : 45 menit
Pos 2 - Puncak Puthuk Siwur :35 menit
Puncak Puthuk Siwur - Puncak Gunung Pundak : 30 menit

Informasi Gunung Pundak via Puthuk Siwur :

  • Tinggi : 1.547 mdpl
  • Tipe : Gunung tidak aktif
  • Wilayah : Mojokerto.
  • Kawasan : Taman Hutan Raya Raden Soerjo.
  • Puncak : Puncak Puthuk Siwur, Puncak Gunung Pundak.
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Puncak Puthuk Siwur.
  • Durasi Pendakian Normal : 1 - 2 hari.
  • View Gunung : Gunung Welirang, Gunung Penanggungan (Puthuk Siwur)
  • Wisata Sekitar : Air Panas Pacet, Air Terjun Surodadu, Coban Cakung. 
  • Lokasi Basecamp Puthuk Siwur : Dusun Mligi, Claket, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Puthuk Siwur 0857-4597-8214
  • Simaksi : Rp. 10.000/orang