14 Tempat Wisata di Jogja yang Eksotis dan Super Keren - Manusia Lembah

14 Tempat Wisata di Jogja yang Eksotis dan Super Keren

Tempat Wisata Terbaru di Jogja. Jogja, kota yang dikenal dengan kuburan para raja ini tidak saja menyajikan wisata budaya yang sudah tersohor, namun juga masih menyimpan berbagai wisata menarik yang selalu mengundang decak kagum para wisatawan. Budaya Jawa yang masih kental menjadikan Jogja sebuah tempat yang cukup fenomenal. 

Wisata budaya, edukasi, sejarah hingga wisata alam tersaji dengan apik di sekelilingnya. Mendengar banyak jenis wisata yang berada di kawasannya, siapa yang tidak tertarik berkunjung ke Kota Gudeg ini?

Jogja yang dulu dikenal dengan Pantai Parangtritis dan Marlboro'nya, lambat laun mulai berkembang. Wisata-wisata baru mulai dibangun dan didesain unik. Yah... karena menikmati Jogja, tidak hanya di kota saja. Ada berbagai tempat wisata baru di Jogja yang mulai hits karena terkenal dengan spot panorama yang luar biasa.

Berikut ada daftar tempat wisata eksotis terbaru di Jogja :

1. Desa Wisata Kalibiru

wisata kalibiru
Wisata Kalibiru
Kalibiru merupakan wisata yang paling populer di Kulon Progo. Berada di dataran tinggi, tempat wisata di Jogja ini menyajikan pesona alam dari yang luar biasa. Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan berada di Perbukitan Menoreh pada ketinggian 450 mdpl. 

Sampainya di puncak, akan tampak hamparan hijau perbukitan menorek sekaligus Waduk Sermo, hingga tarian kecil ombak pantai selatan. Menikmati keindahan panorama akan terasa sempurna saat pagi atau sore hari, ketika suasana perbukitan bercumbu dengan sang surya. So, pack your camp tools in here !.

2. Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan
Hutan Pinus Mangunan
Mendekorasi hutan pinus menjadi tempat wisata?, why not?. Justru suasana alami rimbunnya jajaran pohon pinus, menjadi buruan siapapun yang lelah dengan bisingnya perkotaan. 

Berlokasi di Desa Mangunan, Kabupaten Bantul, tempat wisata di jogja ini menjadi daya tarik wisatawan karena adanya berbagai dekorasi unik di dalamnya yang menjadi area spot photographer. 

Selain puluhan kursi kayu yang ditata menyerupai panggung, ada juga rumah pohon, gubug dan beberapa ayunan yang sengaja disediakan untuk menunjang pariwisata di Jogja ini.

3. Taman Tebing Breksi

tebing breksi
Taman Tebing Breksi
Bukit kapur tentu menyajikan pesona guratan tebing putih unik yang terkesan elegan. Taman Tebing Breksi merupakan gaya baru bekas pertambangan yang disulap menjadi tempat wisata menarik di Jogja. Berlokasi di Groyokan, Prambanan, Sleman, tempat wisata tebing breksi ini menyajikan panorama di sekitarnya. 

Dari atas tebing, bisa terlihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong dan kegagahan Gunung Merapi. But, do'nt forget to enjoy the sunset moment. Tebing yang menyimpan berbagai pahatan unik di dindingnya ini, mempunyai panorama sunset yang menggoda. Penasaran? check it out!.

4. Jurang Tembelan

jurang tembelan
Jurang Tembelan
Jangan berfikir bahwa jurang selalu terdengar menyeramkan setelah mengetahui tempat widata di Jogja ini. Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul dan sering disebut dengan wisata alam ala Titanic

Tempat wisata Jurang Tembelan memiliki gardu pandang unik berbentuk kapal yang menyuguhkan pemandangan alam khas pegunungan. 

Ketika sore, panorama pegunungan berpadu dengan kabut dan cakrawala jingga yang menjadi pembuka tenggelamnya mahari, and this is special moment here! 

5. Puncak Kosakora

puncak kosakora
Puncak Kosakora
Mendengar title 'puncak', jangan berfikir Kosakora adalah sebuah gunung yang tinggi. Puncak Kosakora atau Bukit Kosakora berada di kawasan Pantai Drini, Gunung Kidul sehingga mudah diakses, tapi dengan sedikit perjuangan. Trekking tentu tidak jadi masalah jika di akhir perjalanan tersaji keindahan Jogjakarta. 

Bukit Kosakora dengan ketinggian sekitar 50 mdpl, dan berlokasi di pinggir laut, pastinya panorama hamparan laut biru dan perbukitan sudah terbayang, apalagi jika momen sunrise dan sunset mulai menggoda. Yah... tak heran banyak wisatawan yang mencoba camp di tempat ini. 

6. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran
Tentu sangat menarik berwisata di sebuah gunung purba, karena selain melihat sisi sejarah, tempat wisata di Jogja ini terdaftar di Unesco sebagai warisan dunia. Untuk mencapai puncak gunugn berketinggian sekitar 700 mdpl, sedikit olah raga pastinya tidak terlalu menjadi beban, karena sampai diatas pemandangan alam yang eksotis akan menyambut wisatawan. 

Dari atas puncak, hamparan alam hijau terpampang jelas, dihiasi Embung Nglanggeran yang sangat mempesona. Pastinya, sunset selalu menjadi momen spesial di ketinggian. Try to camp?, why not !.

7. Telaga Biru Semin

telaga biru samin
Telaga Biru Samin
Bukan hanya pantai dan perbukitan, Jogja menyimpan destinasi unik berupa Telaga Biru Semin. Unik?, ya... banyak yang menyebut telaga ini memiliki sensasi serupa dengan Danau Kelimutu di Flores. 

Telaga Biru berada di Karangwuni, Semin, Gunungkidul. Telaga ini merupakan cekungan bekas pertambangan kapur yang terisi air hujan. Meski disebut Telaga Biru, ada dua telaga lain yang berwarna hijau dan coklat. So, ready to find photo's spot?.

8. Bukit Pengilon

bukit pengilon
Bukit Pengilon
Merasakan suasana gunung dan pantai?, Bukit Pengilon bisa menjadi solusi terbaik. Bukit yang ditumbuhi hamparan rumput hijau di bawah Gunung Api Purba Batur dan di sisi lautan luas, tentu membawa kesan menakjubkan bagi wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Jogja ini. 

Perpaduan nuansa alam dan laut terasa mempesona bagi siapapun yang datang. Meski trekking dari Pantai Watu Lumbung yang tidak mudah, suasana alam yang akan didapat tidak akan sia-sia. Panorama indah akan membuat siapapun enggan beranjak, so, ready to camp?.

9. Pinus Pengger Dlingo

Pinus Pengger Dlingo
Pinus Pengger Dlingo
Tidak berbeda dengan tetangganya, si Pinus Mangunan, tempat wisata Hutan Pinus Pengger Dlingo juga telah menjadi tempat wisata yang hits di Jogja. Berada di Dusun Sendangsari - Kabupaten Bantul, lokasinya yang berada di ketinggian menjadikan hutan pinus ini tempat yang tepat untuk menikmati suasana alam ketika siang maupun malam hari. 

Selain berbagai spot gardu pandang dari ranting kayu yang dibangun sedemikian unik, ada pula Goa Macan, Goa Lampeng dan Watu Ngadeg. Selain menikmati udara alam sejuk hutan pinus, menikmati gemerlap perkotaan di malam hari, tentu sangat menarik and so romantic ! 

10. Kebun Buah Mangunan

kebun buah mengunan
Kebun Buah Mangunan
Kesejukan alami ditambah pemandangan yang luar biasa, adalah sekilas bonus di Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata yang berada di Mengunan, Kabupaten Bantul ini menyuguhkan pemandangan luar biasa. 

Perbukitan, lembah Sungai Oya yang berkelok dan selimut kabut yang eksotis menjadikan tempat ini disebut sebagai negeri di atas awan'nya Bantul. Merupakan agrowisata, menikmati hamparan alam eksotis dengan sajian buah, tentu cukup menggiurkan, bukan !

11. Bukit Panguk

bukit panguk
Bukit Panguk
Panorama di atas awan adalah godaan wajib ketika berada di Jogja. Bukit Panguk merupakan salah satu destinasi wisata indah yang perlu dicoba. Bukit Panguk Kediwung ini masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mengunan dengan suguhan khas alam pegunungan. 

Waktu yang tepat berkunjung ke tempat wisata di jogja ini adalah ketika pagi hari. Pemandangan alam pegunungan hijau berbalut putih akan sangat memanjakan mata. How the beautiful sea of fog

12. The Lost World Castle

The Lost World Castle
The Lost World Castle
Berada di Desa kepuharjo, Kabupaten Sleman, The Lost World Castle yang sering disebut Benteng Takhesi'nya Sleman ini mulai menjadi daya tarik para wisatawan. Bangunan unik berbentuk castil ini merupakan daerah paling parah terkena dampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010. 

Bertahun-tahun berselang, bangunan unik ini muncul, menyajikan benteng ala Tembok Besar China sampai situs ala Stonehenge Inggris. Berada di bawah kaki Gunung Merapi, pemandangan tempat wisata di Jogja ini sangat indah, tak heran tempat wisata The Lost World Castle mulai ramai wisatawan. Want to go?

13. Kedung Pedut 

Kedung Pedut
Kedung Pedut
Teletak di dasar lembah dari dua tebing tinggi di pegunungan Menoreh, itulah sekilas gambaran Kedung Pedut, sebuah air terjun terpencil nan cantik di Dusun Kembang, Kulonprogo. Selain posisinya yang strategis di tengah alam, adanya dua warna yang menghiasi air tejun ini merupakan pesona unik yang menjadikan air terjun ini begitu cantik. 

Warna putih jernih dan hijau tosca terjadi alami apa adanya, pertanda kondisi alam yang sangat baik. Tak ada salahnya mencoba kolam alami di area tempat wisata Jogja ini. Wow, lets refresh your body here !

14. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari
Green Village Gedangsari
Green Village Gedangsari bisa menjadi tempat tempat penutup dari segala kepenatan seharian. Tempat wisata ini berada di Guyangan Lor, Mertelu Gedangsari dan kini mulai banyak dikunjungi wisatawan terlebih untuk menunggu sunset sembari beristirahat. Letaknya yang berada di atas bukit, menjadikan tempat wisata di Jogja ini ccok untuk menghabiskan waktu senggang. 

Ketika siang, hamparan pemandangan hijau perbukitan siap memanjakan mata, sedangkan ketika malam, gemerlap lampu kota akan menjadi sajian wajib yang cukup elegan untuk dinikmati. Selain itu, jangan melewatkan panorama sunrise maupun sunset yang sangat mempesona. Yah... mungkin siapapun betah disini seharian penuh. Yay!

Itulah 14 tempat wisata di Jogja yang menyajikan pesona alam luar biasa yang tidak indah dari sekedar spot foto. Hm... tertarik?, come in, They're waiting.