Pantai Delegan Gresik, Surga Wisata Kota Pudak - Manusia Lembah

Pantai Delegan Gresik, Surga Wisata Kota Pudak

Pantai Delegan Gresik. Gresik tidak hanya dikenal sebagai tempat perusahaan semen terbesar di Indonesia dan kota wali saja. Di kalangan wisatawan, Gresik tersohor karena wisata yang ada di dalamnya. Wisata di Gresik cukup beragam, seperti wisata ziarah, wisata tradisi, wisata pusaka dan wisata alam bisa dinikmati kala berkunjung ke Gresik. 

Salah satu wisata alam yang sangat populer di Gresik adalah Pantai Delegan. Selain pesona alam, atraksi tahunan yang menarik juga bisa disaksikan di tempat wisata ini.

Pantai Delegan
Pantai Delegan berada di desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Penunjuk arah menuju wisata Pantai Delegan akan membantu wisatawan di sepanjang jalan menuju pantai di Gresik yang paling terkenal ini.
 
Pantai Delegan yang juga disebut Wisata Segoro Indah Delegan, merupakan wisata pantai di Gresik yang populer. Memasuki gerbang masuk pantai, pasir putih dan sebuah gapura - yang sebenarnya mirip pendopo kecil, akan menyambut. Pantai yang dibuka untuk umum sejak tahun 2003 ini dikelola dengan baik. Warung-warung yang menjual jajanan, makanan dan minuman berjajar rapi tak jauh dari pantai.

Garis Pantai Delegan
Pantai pasir putih dengan luas sekitar 2,5 Ha ini memiliki ombak yang stabil dan tidak terlalu tinggi. Pohon-pohon yang berjajar di tepiannya menambah suasana teduh kala sinar matahari menyengat di siang hari. Beralih ke sebelah kanan, Pantai Delegan ini berupa dermaga kecil, tempat parkir bagi perahu-perahu nelayan. 

Ingin lebih menikmati keindahan lautan pantai Delegan?, berjalan-jalan hingga ke ujung dermaga merupakan pilihan yang menarik. Jalan bebatuan yang menjorok ke laut dengan tiang-tiang lampu di sisinya akan mengantar hingga ke ujung untuk menikmati pemandangan lautan pantai utara, Pantai Delegan.

Dermaga Pantai Delegan
Pantai Delegan ini cocok untuk memancing dan lomba perahu. Setiap bulan Agustus, diadakan perlombaan yang terkait dengan wisata bahari. Adanya penyewaan ban, perahu, hingga wahana bebek pancal menjadikan tempat wisata pantai di Gresik ini cocok untuk liburan keluarga. 


"Cheers..."

Tips Wisata Pantai Delegan Gresik :
  1. Waktu yang tepat berkunjung adalah pagi dan sore hari.
  2. Bawalah pelindung kepala untuk menghindari cuaca terik saat siang hari.
  3. Berhati-hatilah saat ke dermaga karena bebatuan cukup terjal dan tajam, pakailah sandal anti selip.
  4. Jika sedang sepi, sebaiknya tidak menaiki kapal tanpa ada nelayan dan jangan merusak apapun di kapal yang terparkir.
  5. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.