Melihat Letupan Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng yang Menakjubkan

Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng. Bicara tentang tempat wisata Dieng memang tidak ada habisnya. Dataran Tinggi Dieng menyimpan banyak lokasi wisata yang selalu mengundang para wisatawan dari berbagai daerah. Selain Pesona sunrise Gunung Prau, keindahan Telaga Warna dan situs Percandian Arjuna, ada lagi objek wisata Dataran Tinggi Dieng yang sangat diminati yaitu Kawah Sikidang. Kawah Sikidang merupakan kawah aktif yang menyembulkan gas belerang. Lalu keunikannya? Yah, bisa dilihat secara langsung dari dekat oleh para wisatawan.
Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng
Kawah Sikidang berada di kawasan vulkanik wisata Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Dieng Kulon, Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terpaut jauh dengan Telaga Warna dan sudah ada petunjuk jelas untuk menuju ke lokasi. Di lokasi ini wisatawan bisa menyaksikan secara langsung kawah aktif yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi Dataran Tinggi Dieng.
kawah sikidang
Kawasan Masuk Kawah Sikidang
Kawah Sikidang adalah kawah yang paling populer dibandingkan kawah-kawah lain di Dieng. Ini karena lokasi Kawah Sikidang paling mudah dijangkau. Untuk menuju tempat wisata Dieng ini hanya perlu berjalan sekitar 1,5 kilometer di dataran vulkanik.

Jalan menuju Kawah Sikidang, Dieng, sudah tertata bagus meski harus merelakan diri berpanas-panasan selama beberapa menit. Salah satu hal yang menarik lagi, di sisi jalan ada sebuah kawah kecil dengan label 'Telur Rebus Kawah'. Tentunya plakat tersebut memancing siapapun untuk mencoba merebus telur di kawah unik Dataran Tinggi Dieng ini.
kawah sikidang
Area Vulkanik Kawah Sikidang
kawah sikidang
Telur Rebus Kawah
Kawah Sikidang memiliki luas sekitar 200 m persegi yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi Dataran Tinggi Dieng. Layaknya sebuah danau, kawah ini bisa dilihat secara langsung dari jarak dekat. Air kawah mendidih yang menyembulkan asap belerang pekat bisa disaksikan secara langsung, berbeda dengan kawah gunung lainnya yang seperti yang kita ketahui lokasi kawahnya tidak mudah dijangkau. Inilah salah satu keunikan objek wisata Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng.
Baca Juga :
Ada beberapa lubang kawah yang bisa ditemukan juga dan kemungkinan bisa menjadi kawah utama. Lokasi kawah Dataran Tinggi Dieng yang berpindah-pindah ini merupakan salah satu alasan kenapa kawah ini dinamakan Kawah Sikidang, yaitu karena lokasi kawah yang berpindah-pindah seperti kidang. Alasan yang lain adalah adanya cerita Legenda Pangeran Kidang Garungan.
kawah sikidang
Letupan Belerang Kawah Sikidang
Selain lokasi kawah di area dataran yang bisa membahayakan pengunjung, kepulan asap belerang juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk itulah sudah ada pagar pembatas untuk keselamatan wisatawan dan lebih baik tetap berada di batas pagar yang sudah dianjurkan. Di area parkir wisata Dieng yang luas ini sudah terdapat beberapa pedagang buah, cinderamata, makanan, minuman serta masker untuk melindungi dari asap belerang.

Tips Mengunjungi Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng :
  1. Sebaiknya berwisata sebelum siang karena saat siang cuaca sangat panas. Jangan lupa membawa pelindung kepala untuk menghidari panas terik matahari. 
  2. Bawalah masker untuk mengurangi bau belerang.
  3. Tetaplah berada di batas pagar aman ketika melihat Kawah Sikidang.
  4. Jangan mengotori area wisata Kawah Sikidang.

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Melihat Letupan Kawah Sikidang Dataran Tinggi Dieng yang Menakjubkan"

  1. Keindahan Dieng ternyata sesuai namanya, "tempat tinggi persinggahan para dewi", karena di Dieng ini banyak banget tempat wisata yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya malah keren banget seperti sikunir dan gunung prau, dr kedua tmpat ini kita bs lihat sunrise bagus banget, kl ga salah golden sunrise malahan. :)
    Saya berencana ke dieng lagi utk main ke candi arjuna, semoga terlaksana.. :)

    ReplyDelete