Berburu Ikan Laut dan Pesona Pantai Tambakrejo Blitar Selatan

Pantai Tambakrejo Blitar. Selain mengunjungi Makam Bung Karno yang menjadi icon wisata, Pantai Tambakrejo adalah pantai paling populer dari berbagai pantai yang ada di Blitar Selatan. Pantai Tambakrejo banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar kota, karena selain kondisi pantai yang nyaman, di tempat ini juga terdapat sentra perdagangan ikan laut yang sudah terkenal di kalangan wisatawan.
Pantai Tambakrejo
Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Blitar dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Rute Pantai Tambakrejo, dari Kota Blitar ikuti jalur menuju ke Kademangan. Dari Kademangan, ikuti petunjuk arah yang ada di setiap perpotongan jalan. Kondisi jalan sudah sangat baik dan beraspal sehingga nyaman untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sebelum memasuki area wisata, ada biaya restribusi yang dikenakan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menyusuri sawah-sawah di kanan-kiri jalan. Sesampainya di Pantai Tambakrejo, suasana wisata yang teratur dan bau ikan laut akan langsung menggugah selera. Area parkir sangat luas dan bisa memilih dimana lokasi yang cocok untuk bercengkerama menikmati pemandangan alam pantai.

Pantai Tambakrejo Blitar merupakan sebuah dermaga kapal nelayan yang digunakan melaut untuk mencari ikan. Pengunjung bisa berjalan-jalan di dermaga sebelah kanan atau menyusuri pantai di sebelah kiri yang terhubung dengan muara sungai. Jika menyeberangi muara sungai akan ada sebuah bukit yang bisa didaki untuk menuju ke Pantai Pasir Putih Pasetran Gondomayit. Ombak di Pantai Tambakrejo cukup besar sehingga pengunjung harus berhati-hati ketika berenang.
Pantai Tambakrejo dari Atas Bukit
Puas menikmati keindahan pantai diiringi lagu-lagu dari para pedagang, pengunjung bisa memilih ikan laut segar yang dijual di area pantai. Selain dalam bentuk mentah untuk oleh-oleh, olahan ikan laut juga dijual dengan harga yang cukup ekonomis untuk mengisi perut para pengunjung. Menu lalapan ikan laut bakar dan goreng yang disajikan sangat beragam seperti ikan tuna, salmon, kakap merah, kakap putih, mubara, kerapu, pari, tongkol, tengiri gurita, cumi-cumi, udang, kepiting, lobster, kerang sekaligus menu sup kepala ikan dan telur ikan goreng tepung serta menu-menu yang lain.  
Olahan Seafood
Setiap bulan Suro setiap tahun di Pantai Tambakrejo Blitar diadakan upacara larung sesaji. Upacara ini diawali dengan tari-tarian dan tumpeng yang akan dilarung ke laut lepas pantai Tambakrejo.
Fasilitas di Pantai Tambakrejo Blitar sudah baik. Parkiran yang luas, Gasebo yang berjajar di pinggir pantai, warung-warung makan, tim SAR, toilet umum, pasar ikan, mushola dan juga penginapan. Jadi tidak perlu kawatir untuk berada di pantai Tambakrejo sepanjang hari karena ketika hari libur, hiburan musik akan mengiringi para wisatawan yang datang. 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Berburu Ikan Laut dan Pesona Pantai Tambakrejo Blitar Selatan"

Post a Comment