Peralatan Panjat Tebing dan Fungsinya - Manusia Lembah

Peralatan Panjat Tebing dan Fungsinya

Panjat Tebing merupakan olahraga outdoor yang terbilang extrim yang dapat mengancam nyawa jika melakukan kesalahan yang salah satunya adalah safety procedure. Pengetahuan tentang peralatan panjat tebing serta fungsinya perlu diketahui oleh penggemar olahraga wall climbing maupun rock climbing.

Panjat tebing merupakan salah satu olahraga alam bebas yang juga bagian dari mendaki gunung. Ada kalanya mendaki gunung tidak hanya dilakukan dengan berjalan kaki, tetapi harus menggunakan peralatan dan teknik panjat tebing untuk melalui medan. Jalur pendakian seperti itu, umumnya dilakukan di daerah yang berkontur batuan tebing.

Peralatan Panjat Tebing

Perbedaan Rock Climbing dan Wall Climbing

Keduanya sama-sama olahraga ekstrem tetapi memiliki perbedaan dari sisi medan. Sesuai namanya, rock climbing adalah olahraga panjat tebing yang medannya batuan tebing. Untuk melakukannya, memang harus terjun langsung ke alam karena tidak ada yang namanya batu buatan. 

Nah tetapi harus diperhatikan guys!, rock climbing terbilang sangat berbahaya dan memang diperlukan teknik dan konsentrasi yang baik. Sedangkan medan yang dilalui juga tidak mudah, sehingga peralatan panjat tebing yang dibutuhkan harus lengkap. 

Sedangkan wall climbing adalah olahraga memanjat dinding yang bisa dilakukan dimanapun, yang penting ada objeknya. Olahraga ekstrem ini pasti sudah tidak asing karena selalu dilombakan pada kejuaraan PON, Sea Games, Asian Games dan perlombaan dunia lainnya. 

Wall Climbing bisa dilakukan indoor ataupun outdoor dengan medan dinding buatan yang dimodifikasi bagaikan tebing beserta pijakannya. Meski tampak mudah, tetap dibutuhkan konsentrasi dan teknik pemanjatan. Keuntungannya, melakukan wall climbing tidak perlu terlalu mempertimbangkan faktor alam seperti medan, jalur, cuaca dan sebagainya.

Peralatan Panjat Tebing

Peralatan yang digunakan untuk panjat tebing memang tidak sedikit, itu karena peralatan tersebut berfungsi sangat penting untuk keamanan penggunanya. Berikut berbagai macam peralatan panjat tebing dan fungsinya :

1. Kernmantle Rope (Tali Karmantel)


tali karmantel
Tali adalah peralatan panjat tebing yang wajib karena fungsinya sebagai pengaman apabila terjatuh sampai menyentuh tanah (freefall). Tali karmantel dibagi tiga yaitu statis, dinamis dan semi statis yang masing-masing mempunyai kelenturan dan fungsi yang berbeda.

  • Tali Statis mempunyai kelenturan 15-20%, standar yang digunakan 10,5 mm. Digunakan untuk rappeling atau saat turun dari ketinggian. 
  • Tali Dinamis mempunyai kelenturan 30%. Dengan daya lentur yang tinggi, tali karmantel dinamis memiliki daya kejut yang tinggi sehingga cocok untuk kegiatan climbing atau rock climbing. 
  • Tali Semi Statis mempunyai kelenturan di tengah statis dan dinamis. Tali semi statis selain cocok untuk rappeling dan climbing, biasanya digunakan untuk kegiatan rescue karena karakter tali statis dan dinamis. 

2. Hardness


hardness
Hardness merupakan alat penopang tubuh yang terikat di pinggang sebagai pengaman yang nantinya dihubungkan dengan tali. Berdasarkan bentuknya, hardness dibagi tiga yaitu seat hardness, chest hardness dan full body hardness. Full body hardness melilit di seluruh tubuh dan dilengkapi sangkutan alat di sekeliling pinggang.

Sering digunakan di medan salju. Seat Hardness lebih sering dipakai karena tidak mengganggu pergerakan pendaki. Selain itu seat hardness bisa dibuat dari webbing (belt) yang dikombinasikan dengan figure of eight sling.

3. Carabiner


carabiner
Carabiner adalah cincin kait yang menghubungkan alat satu dengan yang lain seperti antara tali dengan pemanjat, tali dengan tali dan juga pemanjat dengan anchor sebagai pengaman. 

Terbuat dari aluminium alloy yang ringan dan mempunyai kekuatan tinggi. Kekuatan carabiner terletak pada pen yang ada, jika pen sudah longgar maka sebaiknya tidak dipakai. Berdasarkan bentuknya ada dua jenis carabiner yaitu carabiner screw gate (menggunakan kunci pengaman) dan carabiner snap gate (tidak berkunci).

4. Ascender

ascender
Ascender merupakan alat untuk membantu pemanjat menaiki lintasan tali. Ascender akan semakin mengunci apabila diberi bebas dan akan melonggar bila tidak diberi beban.

Menurut pegangannya dibagi dua yaitu Heandle Ascender ( SRT, Petzl Expedition dan Ascention) dan Non heandle ascender (Petzl Basic, Croll, Gibbs Shunt). Menurut prinsip kerja gigi'nya ada dua yaitu Sprung cam (Petz Basic dan Croll) dan cam loaded (Gibbs Shunt dan Hiebler).

5. Descender


descender
Descender merupakan alat untuk membantu pemanjat menuruni tali (Abseiling, rappelling). Fungsinya adalah menahan laju alat dengan tali untuk menjaga agar pendaki tidak meluncur bebas. Berdasarkan cara kerjanya dibagi dua macam yaitu otomatis dan manual.

Jenis descender seperti : 
  • Figure of eight 
  • Autostop 
  • Grigri 
  • Shunt 

6. Webbing


webbing

Webbing merupakan alat panjat tebing berbentuk pipih seperti pita, terbuat dari nylon, tidak terlalu kaku dan lentur. Webbing memiliki panjang standar 5 meter dan memiliki beberapa fungsi yaitu bisa digunakan sebagai hardness, pengikat di tubuh maupun anchor.

7. Hammer


hammer

Hammer berfungsi untuk menanam dan melepas piton pada celah, memaku bolt. Ujungnya berfungsi mengencangkan mur saat memasang hanger.

8. Piton


piton

Piton
merupakan paku tebing. Berdasarkan jenisnya ada 2 jenis piton yaitu jenis blade dan angel dengan fungsi yang berbeda. Jenis Blade berbentuk pipih yang digunakan untuk celah sempit, sedangkan angel untuk celah yang lebih besar. Cara pemasangannya adalah menyelipkan pada celah dan dipukul dengan hammer.


9. Hanger


hanger
Hanger berfungsi sebagai anchor untuk pengaman waktu pemanjatan dan biasa digunakan untuk tebing yang sedikit memiliki natural anchor.

10. Chock and Friend


chock
Chock adalah alat yang dimasukkan ke celah batu sehingga terjepit dan bisa menahan berat badan dari arah tertentu. Chock mempunyai tiga bentuk yaitu segi enam (hexentric), simetris (stopper) dan paruh burung (trieams). Karena bentuk yang terbatas, diciptakan alat penjepit yang disebut friend yang bisa menyesuaikan bentuk dengan celah tebing.

11. Chalk Bag (kantung magnesium)

chalk bag

Berguna untuk tempat magnesium yang berguna sebagai anti keringat agar tangan pemanjat tidak basah saat proses pemanjatan.

12. Sepatu


sepatu panjat tebing

Untuk panjat tebing, ada dua jenis sepatu khusus yang digunakan yaitu sepatu yang kejur (kaku dan keras) dan sepatu yang lentur. Sepatu panjat tebing memiliki kelenturan karet yang kuat sehingga memudahkan dalam proses pemanjatan.

Beberapa peralatan panjat tebing di atas bisa dijadikan referensi juga untuk melakukan pendakian gunung yang juga memerlukan perlengkapan untuk panjat tebing seperti Gunung Raung maupun Gunung Parang. Selamat Mendaki!