Pantai Umbul Waru, Pantai Selatan Berhias Air Terjun - Manusia Lembah

Pantai Umbul Waru, Pantai Selatan Berhias Air Terjun

Pantai disertai air terjun merupakan wisata yang jarang ditemui sehingga sangat menarik untuk disinggahi. Selain Malang dan Pacitan, ada pantai di Blitar dengan air terjun yang cukup menarik untuk dikunjungi khususnya bagi para petualang.

Bernama Pantai Umbul Waru yang mungkin masih terdengar asing, ini adalah salah satu destinasi Wisata Pantai di Blitar yang wajib dikunjungi.

pemandangan pantai umbul waru blitar
Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru terletak di desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini tidak seluas Pantai Pangi maupun Tambakrejo. Namun keindahannya yang masih sangat alami, membuat pengunjung akan betah menikmati pemandangan disini.

Rute ke Pantai Umbul Waru bisa melalui monumen Trisula, ikuti arah ke wisata Air Terjun Tirto Galuh hingga melewati jembatan. Ketika sampai di pertigaan yang jika lurus ke Pantai Pasur, maka belok lah kiri dan ikuti jalan sampai ada pos kamling di kanan jalan. Pos kamling terletak tak jauh sebelum balai desa. Dari pos kamling belok kanan dan ikuti jalan utama.

Jalan menuju ke pantai Umbul Waru berupa bebatuan terjal yang akan mengantar sampai ke pantai. Setelah melewati jalan bebatuan hingga masuk ke kebun tebu, beloklah ke kiri ketika ada pertigaan utama dan ikuti jalan utama sempit yang masih berupa bebatuan dan jangan ragu untuk bertanya pada petani sekitar agar tidak tersesat karena akses yang masih cukup sulit.

Motor bisa diparkir di sebuah gubuk sebelum berjalan melewati kebun tebu. Untuk ke bagian atas air terjun, akan melewati sungai kecil. Sesampainya di atas air terjun, tampak luasnya pantai selatan dan juga garis pantai Umbul Waru dari bawah. Untuk menuju ke pantai, harus berjalan kembali kemudian ke kanan melintasi kebun tebu lagi dan tracking menuruni tebing.
Pemandangan dari Atas Tebing
Dibatasi oleh tebing karang, Pantai Umbul Waru tidak bisa dinikmati ketika laut sedang pasang karena ombak di pantai Umbul Waru benar-benar besar. Pantai ini berpasir putih kecoklatan dan sangat bersih.

Pantai yang tidak terlalu luas akan membuat puas siapapun yang datang karena indahnya pemandangan laut lepas disertai suara guyuran air terjun dari tebing di sisi kanan sangatlah memukau.

Sisi Kiri Pantai Umbul Waru
Menantang Ombak di Bawah Air Terjun
Kegiatan canyoning atau menyusuri air terjun pantai Umbul Waru bisa dilakukan bagi penggemar penantang adrenalin. Untuk Canyoning, Perlengkapan Panjat Tebing memang harus membawa sendiri.

Pantai Umbul Waru masih minim fasilitas, transportasi dan keadaan pantai masih sangat alami dan bersih, untuk itu diharuskan menjaga kebersihan di sekitar Wisata Pantai di Blitar ini.

Garis Pantai Berlatar Belakang Air Terjun

Tips Berwisata ke Pantai Umbul Waru :
  1. Akses menuju ke Pantai tidak bisa dilalui dengan mobil. Lebih baik menggunakan motor namun bukan matic karena jalur yang dilalui full bebatuan dengan tanjakan cukup tinggi.
  2. Bertanyalah pada warga atau petani sekitar agar tidak tersesat.
  3. Gunakan sandal anti selip ketika mengunjungi lokasi.
  4. Berhati-hatilah agar tidak terpeleset saat di atas air terjun yang berketinggian sekitar 30 meter karena tidak ada pengaman apapun.
  5. Jika air laut sedang pasang jangan memaksakan untuk melihat air terjun dari bawah karena ombak di pantai Umbul Waru benar-benar sangat besar.
  6. Lokasi parkir di tengah perkebunan yang masih sepi tanpa penjaga cukup rawan,lengkapi perlindungan keamanan motor atau jangan terlalu lama di area pantai.
  7. Bawalah perbekalan sendiri karena di lokasi tidak ada yang menjual makanan dan minuman.