Sekolah Blogger
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Pulau Sempu dan Segara Anakan yang Mempesona

Pulau Sempu MalangPulau Sempu merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang sangat terkenal, berupa pulau terpencil dengan keindahan yang memukau. Laguna Segara Anakan menjadi daya tarik pulau kecil dengan luas 877 Ha ini. Laguna dengan luas sekitar 4 Ha, merupakan tempat paling menawan  yang tersembunyi jauh di lingkar hutan tropis yang lebat. Pasir putih yang bertemu dengan birunya air dan terpisah dari lautan lepas, menjadikan Pulau Sempu sebagai tempat wisata paling populer di Malang Selatan.
segara anakan
Pulau Sempu
Wisata Pulau Sempu terletak di selatan Pantai Sendang Biru. Lokasinya berada di pantai selatan Kabupaten Malang tepatnya di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis adalah cagar alam  yang dikelola oleh Balai Konvervasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah dengan jalan yang sudah beraspal dengan papan petunjuk yang jelas. Sendang Biru sendiri merupakan dermaga untuk menuju ke Pulau Sempu.
pulau sempu
Dermaga Pantai Sendang Biru
Cara menuju ke Pulau Sempu, wisatawan diwajibkan menyewa perahu dengan tarif kurang lebih Rp.100.000-Rp.200.000. Perahu bisa menampung sekitar 10 orang. Jika belum pernah ke Segara Anakan, disediakan jasa guide dengan tarif sekitar Rp.200.000. Karena tidak jauh dari Pantai Sendang Biru, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk sampai di Pulau Sempu. 

Untuk menikmati wisata Pulau Sempu Malang, anda bisa hanya mengelilingi sekitar pulau atau berhenti di garis pantai Pulau Sempu. Jika ingin ke Segara Anakan, perahu akan menuju ke Teluk Semut (Ant Bay).
Melintasi Hutan Tropis
Hutan Tropis Pulau Sempu
Perjalanan menuju ke wisata Laguna Segara Anakan Pulau Sempu adalah sebuah petualangan yang harus dialami wisatawan karena selepas dari Teluk Semut, perjalanan dilanjutkan dengan trekking kurang lebih selama 2 jam menembus lebatnya hutan dengan jalan curam, terjal dan berlumpur. Meski jalur agak sulit dan melelahkan, semua akan terbayar ketika sampai di Laguna tersembunyi yang sangat cantik dan bisa disebut sebagai primadona Pulau Sempu.

Lokasi camp di Pulau Sempu Malang cukup menarik. Wisatawan dalam dan luar negeri tak segan menghabiskan waktu wisata di sekitar Segara Anakan selama semalam lalu akan dijemput esok harinya oleh nelayan sesuai kesepakatan.
segara anakan
Laguna Segara Anakan
Karena sebuah cagar alam, berbagai vegetasi tumbuhan tropis ada di Pulau Sempu diantaranya waru laut, pandan, mangrove, dan sebagainya. Selain itu Pulau Sempu juga menjadi rumah bagi satwa liar seperti kera abu-abu yang tak jarang ditemukan di sekitar pantai. Selain itu ada babi hutan, kijang, rusa ditambah satwa laut seperti udang, kepiting, ikan belodok dan lain sebagainya.
Jika tidak sempat menjelajah Pulau Sempu ada fasilitas penginapan di sekitar Pantai Sendang Biru. Selain itu ada mushola, warung dan juga nelayan yang menjual hasil tangkapan ikan.

Tips wisata ke Pulau Sempu :
  1. Merupakan cagar alam, untuk ke pulau sempu harus melakukan permohonan simaksi (surat ijin masuk kawasan konservasi), karena Pulau Sempu terbatas digunakan untuk penelitian dan pendidikan.
  2. Jika tidak ingin menyewa sepatu untuk trekking, gunakan santal yang anti selip karena trek yang berlumpur.
  3. Jangan lupa membuat kesepakatan dengan nelayan perahu untuk waktu penjemputan.
  4. Bawalah bekal yang cukup sepanjang perjalanan ke Laguna Segara Anakan karena cukup melelahkan.
  5. Karena merupakan cagar alam, janganlah membuang sampah sembarangan atau mengotori wilayah wisata Pulau Sempu Malang.
Baca Juga :


Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Pulau Sempu dan Segara Anakan yang Mempesona"

  1. PULAU SEMPU BUKAN TEMPAT UNTUK WISATA
    Kawasan hutan Pulau Sempu ditunjuk sebagai Cagar Alam berdasarkan Besluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie No : 69 dan No.46 tanggal 15 Maret 1928 tentang Aanwijzing van het natourmonument Poelau Sempoe dengan luas 877 ha. Sedangkan penggunaan Pulau Sempu hanya terbatas untuk kegiatan penelitian, pengembangan, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Untuk para PENGUNJUNG DIHARUSKAN PERMOHONAN SURAT IZIN MASUK KAWASAN KONSERVASI (SIMAKSI).

    ReplyDelete