Pendakian Gunung Wilis 2.565 mdpl via Mojo Kediri - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Wilis 2.565 mdpl via Mojo Kediri

Pendakian Gunung Wilis merupakan tantangan yang cukup seru untuk dicoba. Dikenal dengan keindahan lereng yang mempesona, gunung ini justru menawarkan trek pendakian yang terkenal sangat melelahkan. Meski begitu, banyak pendaki tetap datang untuk mencoba tantangan baru maupun sekedar menikmati suasana di dalam tenda.

Gunung Wilis merupakan gunung non-aktif dengan ketinggian 2.565 mdpl. Meski tidak terlalu populer di kalangan pendaki, jalur pendakian Gunung Wilis sangat menantang untuk dicoba. Keadaan hutan yang masih alami dan jarang didaki ini merupakan pesona tersendiri untuk menikmati pesona dingin lerengnya.

Pendakian Gunung Wilis
Gunung Wilis ada di perbatasan enam kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo dan Trenggalek. Gunung Wilis mempunyai banyak puncak, beberapa yang dikenal ada puncak Wilis, puncak Liman dan puncak Limas.

Ada beberapa jalur Pendakian Gunung Wilis, yaitu :
  1. Pendakian via Mojo, Kediri.
  2. Pendakian via Bajulan (Roro Kuning), Nganjuk.
  3. Pendakian via Sedudo (Desa Ngliman), Nganjuk.
  4. Pendakian via Candi Penampihan, Sendang, Tulungagung.
  5. Pendakian via Kare, Madiun

Transportasi ke Gunung Wilis via Kediri :

Untuk ke area parkir Gunung Wilis bisa melalui Kecamatan Mojo, tepatnya di daerah Besuki. Untuk ke lokasi awal pendakian, rutenya sama dengan rute ke arah Air Terjun Dolo.

Ada tiga cara ke tempat parkir pendakian Gunung Wilis, yaitu :
  1. Melalui Pasar Muning : Dari Pasar Muning lurus ke selatan hingga pertigaan Kecamatan Mojo, ikuti arah menuju Besuki dan ikuti petunjuk ke Air Terjun Dolo.
  2. Dari Terminal Taman Kota : Dari terminal lurus ke barat sampai di pertigaan Kedak. Ambil jalan ke kiri hingga menemui pertigaan lagi, kemudian ambil arah kanan.
  3. Dari Pohsarang : Keluar dari Pohsarang, tepatnya sebelum pintu masuk gereja ada pertigaan Pohsarang (pertigaan badak), belok kiri. Saat jalan naik ada pertigaan lagi, pilih arah kanan. Ikuti jalan hingga Besuki.

Info & Tips :
  • Dari luar kota bisa naik bus tujuan terminal Kediri. Bus dari Surabaya bisa langsung ke terminal Kediri. Sedangkan bus dari Solo bisa naik bus tujuan Nganjuk, kemudian oper bus kecil ke Kediri (Rosalia Indah).
  • Rute dari Pohsarang rawan kerusakan akibat longsoran batu dari tebing. Jadi wajib berhati-hati.
  • Disarankan melalui rute lewat Pasar Muning karena cukup lebar, lebih mudah dan sudah diperbaiki.
  • Jalur menuju lokasi berbelok-belok dan menanjak khas pegunungan. Pastikan kendaraan juga dalam kondisi prima.

Tidak ada basecamp disini, yang ada hanya Camp Ground Gazebo Gholo. Sehingga, kendaraan bisa diparkir di gazebo. Untuk jalur pendakiannya bisa bertanya langsung ke tukang parkir atau di warung lesehan Batu Tulis yang ada di dekat gazebo. Setelah gazebo, pada jalur turunan yang menikung, ada jalur pendakian Gunung Wilis yang berupa jalur setapak menanjak di sebelah kanan jalan.

Parkiran - Pos 1

Perjalanan dimulai dengan berjalan mengikuti jalan aspal yang menurun sejauh 20 meter. Sebelum di tikungan aspal, ada jalur naik ke arah hutan, berupa tanah padat. Itu adalah jalur pendakian ke Gunung Wilis.

Setelah melalui trek menanjak, trek kembali berupa jalan setapak kecil yang landai. Jalur pendakian ini memang jarang dilewati oleh pendaki, sehingga jalan setapak mulai tertutup semak di kanan kirinya.

Sekitar satu jam perjalanan akan sampai di pos 1, sebuah tanah lapang untuk istirahat sejenak. Waspadai pacet yang banyak di sekitar jalur pendakian. Baca : Cara Menghindari Serangan Lintah di Alam Bebas.

Pendakian Gunung Wilis via Kediri
Pos 1

Pos 1 - Pos 2

Ada jalur ke atas dan kebawah di tempat ini, pilih jalur yang ke bawah. Trek masih tetap dengan jalan setapak kecil yang sempit, dibatasi tebing di kanan dengan jurang di sebelah kiri.

Suara Air Terjun Dolo sayup-sayup terdengar. Jika cuaca cerah kadang terlihat diantara semak-semak. Banyak pohon tumbang dan tumbuhan berduri yang menggantung, jadi disarankan membawa alat penebas untuk membuka jalur rimbun di sepanjang jalur pendakian Gunung Wilis.

Setelah satu jam, akan sampai di sebuah tanah lapang yang cukup untuk 4-5 tenda. Disini tampak pemandangan pegunungan Wilis dengan puncak-puncaknya yang bisa dicapai dari berbagai Kabupaten. Disini ada sumber air, tetapi harus turun ke sungai sekitar 20 menit.

jalur pendakian gunung willis
Pos 2

View Pos 2

Pos 2 - Puncak

Trek landai akan berubah setelah di pos 2. Jalur pendakian Gunung Wilis akan terus menanjak tanpa bonus hingga ke puncak, dengan jalan setapak yang rapat hingga tidak tampak. Trek akan melewati punggung-punggungan bukit dengan jalan yang sempit.

jalur pendakian gunung willis
Tenda dari bukit

Jalur Terjal

Meski melelahkan, pemandangan di punggungan bukit ini terbilang indah dengan latar belakang lembah dan lereng gunung yang menjulang gagah. Pada beberapa titik punggungan bukit ada tempat datar untuk beristirahat atau berburu spot foto. Namun karena berupa puncak sebuah bukit, tentunya istirahat lama-lama akhirnya akan panas juga.

Jalur akan terus menanjak dan miring tajam. Semakin ke atas, tumbuhan perdu dan rumput mulai mendominasi hingga sampai di puncak punggungan. Di atas sini, perjalanan belum usai karena dilanjutkan mlipir ke kanan ke arah puncak.

Puncak Bukit - Puncak 17

Dari puncak bukit, jalur dipanjutkan menysuri punggungannya. Di beberapa titik, jalur tertutup rerumputan setinggi manusia normal. Biasanya menjelang siang, kabut turun menyapu jalur pendakian Gunung Wilis ini. Membuka jalur dengan trek panjang terasa sangat melelahkan sekaligus menyita banyak waktu.

Pendakian Gunung Wilis

Pendakian Gunung Wilis via Kediri ini memang jarang dilalui pendaki karena jalur pendakian yang nyaris tertutup. Jadi, perlu menyisihkan alang-alang yang tumbuh rapat untuk jalan.

Setelah melewati alang-alang, trek pendakian sama seperti sebelumnya, mendaki bukit yang didominasi perdu-perdu liar. Butuh waktu sekitar 5 jam dari camp untuk sampai ke salah satu Puncak Gunung Wilis ini. Kadang karena terlalu lelah akibat puncak yang tak kunjung sampai, terlewatlah salah satu puncak Gunung Wilis. Saatnya putar balik!

Gunung Wilis memang mempunyai banyak puncak, salah satunya Puncak 17. Dulunya puncak ini ditandai dengan susunan batu-batu kecil yang sekarang sudah tidak ada. Hanya tinggal gundukan tanah berukuran 2 x 2 meter yang menandai salah satu puncak Gunung Wilis.

puncak gunung willis
Cheers... Puncak 17 Gunung Wills

Puncak Gunung Wilis tertinggi adalah Puncak Liman, tetapi sebagai pegunungan, Gunung Wilis memiliki banyak puncak salah satunya adalah puncak 17 atau biasa disebut puncak bayangan yang ada di jalur pendakian via Kediri. Jadi sepertinya, butuh waktu berhari-hari jika ingin mengeksplor semua puncak pegunungan ini.

Vidio Pendakian Gunung Wilis via Mojo, Kediri : KLIK DISINI

Tips Pendakian Gunung Wilis :

1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  2. Bawalah alat penebas untuk membantu perjalanan menembus hutan rapat Gunung Wilis.
  3. Pakailah sepatu yang rapat untuk melindungi dari serangan pacet di sepanjang jalur pendakian Gunung Wilis.
  4. Sumber air terakhir ada di dekat pos 2 yang merupakan tempat camp strategis.
  5. Trek yang sangat menanjak selepas Pos 2 akan cukup melelahkan dan panas, bawalah persediaan air yang cukup.
  6. Puncak berupa gundukan tanah ada di sisi kanan jalan setapak dengan kondisi terakhir tanpa tanda plakat. Waspadai agar tidak kebablasan.
  7. Berhati-hatilah ketika turun. Trek yang terjal dan miring rawan batu jatuh.
  8. Untuk pendakian yang lebih aman dan nyaman, bisa menyewa jasa guide atau ikut pendakian bersama komunitas pecinta alam.
  9. Jangan merusak dan mengotori kawasan gunung dengan membuat sampah sembarangan dan vandalisme.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Willis :

Parkiran - Pos 1 : 1 jam
Pos 1 - Pos 2 : 1 jam
Pos 2 - Puncak Bukit : 4 jam
Puncak Bukit - Puncak 17 : 1 jam

Informasi Pendakian Gunung Wilis via Kediri :

• Tinggi : 2.565 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano type B
  • Wilayah : Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek.
  • Puncak : Puncak 17
  • Letusan : Sebelum 1.600 M
  • Titik Bekas Erupsi : Ngargokalangan, Willis Tua, Willis Muda, Watu Bangil
  • Sumber Mata Air : Pos 2
  • Camp Ideal : Pos 2
  • Durasi Pendakian Normal : 2 hari.
  • View Gunung :  Pegunungan Wilis.
  • Wisata Sekitar : Air Terjun Dolo, Air Terjun Irenggolo, Taman Langit Besuki.
  • Lokasi Parkir : Jl.Slamet, Blimbing, Mojo, Kediri, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Simaksi : - (bayar parkir ±Rp 5.000)